7 Obat Ini Tidak Boleh Dikonsumsi dengan Alkohol

Berikut ini daftar obat yang tidak boleh dikonsumsi dengan alkohol

oleh Sulung Lahitani diperbarui 28 Agu 2024, 14:05 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 14:05 WIB
tanda - Vania
Ilustrasi Obat/https://www.freepik.com/prostooleh 

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda suka minum segelas anggur atau koktail sesekali tetapi juga mengonsumsi obat-obatan tertentu, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda tidak boleh mencampurnya.

Terkait minum alkohol, ada banyak peringatan yang menyertainya dan panduan tentang cara melakukannya secara bertanggung jawab. Salah satu peringatan paling umum yang sering kita lihat adalah untuk tidak mencampur alkohol dengan obat-obatan.

Namun, apa sebenarnya artinya ini? Apakah ini berarti Anda tidak boleh minum pil dan menyesap minuman beralkohol secara bersamaan? Apakah ini berarti Anda tidak boleh minum alkohol jika Anda rutin minum obat? Dan obat-obatan apa yang sebenarnya dapat terpengaruh secara negatif?

Ada banyak pertanyaan seputar peringatan khusus ini, berikut ini pendapat ahli kesehatan tentang bagaimana alkohol dapat memengaruhi pengobatan Anda.

“Alkohol dan obat-obatan dapat berinteraksi dengan cara yang berbeda, tergantung pada jenis obat dan fisiologi masing-masing individu,” kata Thomas Pontinen, M.D., salah satu pendiri MAPS, sebuah klinik intervensi manajemen nyeri yang berpusat di Chicago.

“Banyak obat-obatan yang dapat menjadi kurang efektif jika dikonsumsi bersama alkohol, yang dapat menjadi masalah bagi individu yang membutuhkan obat-obatan untuk tetap sehat. Hal ini karena alkohol dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap obat.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 


Bagaimana Alkohol Dapat Berinteraksi dengan Obat-obatan

Ilustrasi alkohol
Ilustrasi alkohol. Sumber foto: unsplash.com/Giovanna Gomes.

“Alkohol harus dihindari saat mengonsumsi obat karena, secara umum, alkohol dapat memperburuk efek samping, mengurangi manfaat yang diharapkan dari obat-obatan, dan mengancam kesehatan dan kesejahteraan individu yang mengonsumsinya,” jelas Pontinen.

“Penting juga untuk disebutkan bahwa alkohol dan banyak obat-obatan dimetabolisme oleh hati, jadi menggabungkannya dapat memberi banyak tekanan pada organ penting tersebut dan memperburuk kondisi lain seperti penyakit hati.”

“Ada berbagai efek samping dan gejala yang mungkin terjadi, termasuk perubahan tekanan darah, pingsan, perubahan perilaku, bahkan mungkin mual dan muntah atau pusing dan sakit kepala,” kata Laura Purdy, M.D., dokter keluarga bersertifikat dan direktur medis di Swell Medical.

“Jika menyangkut pengoperasian mesin berat dan mengemudikan mobil, ada kekhawatiran tambahan karena kurangnya koordinasi, perubahan suasana hati, emosi, dan perilaku juga bisa menjadi masalah. Efeknya mungkin lebih kuat dari yang biasa Anda alami, dan Anda mungkin merasa lebih terganggu setelah minum satu gelas daripada yang biasanya Anda rencanakan. Intinya, tubuh Anda dapat merespons dengan sangat berbeda, ketika keduanya dikonsumsi dibandingkan ketika hanya minum obat.”

Dihimpun dari Eatingwell, berikut ini daftar obat-obatan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan alkohol:

 


1. Pereda Nyeri

Alkohol dan Obat Penenang
Ilustrasi Alkohol dan Obat Penenang Credit: pexels.com/Karolina

"Jika alkohol dicampur dengan obat-obatan seperti asetaminofen (Tylenol) dan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin atau ibuprofen, kerusakan hati dan pendarahan gastrointestinal dapat terjadi," kata Katy Dubinsky, Pharm.D., seorang apoteker dan pendiri sekaligus CEO Vitalize.

2. Antidepresan

Menurut Purdy, antidepresan tidak akan seefektif jika dicampur dengan alkohol, dan dalam beberapa kasus, bahkan dapat memperburuk gejala. Ini termasuk selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) dan serotonin and norepinephrine reuptake inhibitor (SNRI). Dubinsky menjelaskan bahwa mencampur keduanya juga dapat membuat Anda merasa lebih mengantuk dan kurang terkoordinasi. 


3. Antibiotik

Ilustrasi Obat-Obatan
Ilustrasi Obat-Obatan (freepik/aleksandarlittlewolf

"Mengonsumsi antibiotik tertentu dengan alkohol dapat menimbulkan efek samping yang serius, seperti sakit kepala, muka memerah, dan mual," kata Dubinsky. "Contohnya termasuk metronidazol dan tinidazol."

Secara khusus, alkohol menyebabkan dehidrasi dalam tubuh dengan menghambat pelepasan vasopresin. Karena mendapatkan cukup cairan sangat penting untuk melawan infeksi, minum alkohol tidak disarankan karena dapat memperburuk gejala—dan memperpanjang pemulihan.

4. Antipsikotik

"Alkohol dapat meningkatkan efek sedatif obat antipsikotik, yang menyebabkan gangguan pada kemampuan mental dan fisik," jelas Dubinsky.

Beberapa gejala yang lebih umum dari pencampuran keduanya termasuk kesulitan bernapas, tekanan darah rendah, pingsan dan, dalam kasus yang parah, kejang atau koma.

 


5. Obat Kecemasan dan Obat Penenang

Cara Pengobatan Tipes
Ilustrasi Tahap Pengobatan Penyakit Tipes Credit: pexels.com/Polina

Alkohol yang dipadukan dengan obat-obatan seperti benzodiazepin (Xanax dan Valium) dan obat tidur (Ambien) dapat menyebabkan kantuk ekstrem, kesulitan bernapas, dan sedasi yang berpotensi mengancam jiwa, menurut Dubinsky.

"Obat kecemasan dan konsumsi alkohol dapat menyebabkan perilaku abnormal, kehilangan memori dan kontrol fungsi motorik dan, seperti halnya obat tidur, kesulitan bernapas secara normal," kata Purdy.

6. Pengencer Darah

Pengencer darah, juga dikenal sebagai antikoagulan atau obat antiplatelet, membantu mencegah darah menggumpal. Orang dengan kondisi jantung tertentu atau cacat jantung bawaan atau mereka yang sedang mempersiapkan diri untuk operasi mengonsumsi obat-obatan ini.

"Minum alkohol dapat mengganggu cara kerja warfarin dan pengencer darah lainnya, meningkatkan risiko penggumpalan atau pendarahan," kata Dubinsky.

 


7. Obat Diabetes

Ilustrasi minum obat (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)
Ilustrasi minum obat (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Intervensi alkohol terhadap obat-obatan tertentu dapat membuat seseorang dengan diabetes berisiko mengalami kadar gula darah rendah atau tinggi, tergantung pada jenis minuman yang dikonsumsi dan jenis obatnya.

Selain itu, minuman beralkohol tertentu seperti bir dan minuman campuran manis mengandung karbohidrat tinggi, yang dapat berdampak negatif pada kadar gula darah seseorang.

Gejala gula darah rendah meliputi penglihatan ganda atau kabur, berkeringat, kesemutan dan mati rasa, kelelahan atau sulit tidur, detak jantung cepat atau berdebar, gemetar, pikiran tidak jernih, dan banyak lagi.

Gejala gula darah tinggi yang perlu diwaspadai adalah merasa haus, lelah atau lemah, sakit kepala, sering buang air kecil, dan penglihatan kabur. Dubinsky mengatakan hal ini dapat terjadi karena obat diabetes seperti insulin atau sulfonilurea.

 

Infografis Gagal Ginjal Akut Misterius Renggut Jiwa Anak Indonesia
Infografis Gagal Ginjal Akut Misterius Renggut Jiwa Anak Indonesia (Liputan6/com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya