Zurich Berdayakan 3.700 Siswa untuk Jadi Wirausaha Muda

Program ini bertujuan untuk memberdayakan siswa melalui edukasi kewirausahaan, kesiapan kerja, dan literasi keuangan.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 30 Agu 2024, 22:15 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 22:15 WIB
Zurich Berdayakan 3.700 Siswa untuk Jadi Wirausaha Muda
Zurich Berdayakan 3.700 Siswa untuk Jadi Wirausaha Muda

Liputan6.com, Jakarta Memasuki tahun ketiganya, Zurich Entrepreneurship Program kembali hadir untuk mengedukasi lebih dari 3.700 siswa dari 50 SMA dan SMK di 14 kota dan kabupaten di Indonesia hingga Juli 2025.

Program ini merupakan hasil kolaborasi antara Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, dan Prestasi Junior Indonesia, yang bertujuan untuk memberdayakan siswa melalui edukasi kewirausahaan, kesiapan kerja, dan literasi keuangan. 

Tahun ini, program ini juga mendorong para siswa untuk menginisiasi 50 bisnis baru yang berfokus pada ekonomi sirkular, gaya hidup sehat, dan perubahan iklim.

Edhi Tjahja Negara, Country Manager Zurich Indonesia, mengatakan, "Zurich Entrepreneurship Program memfasilitasi generasi muda untuk mengaktualisasikan potensi bisnis dan semangat perubahan. Sejalan dengan tujuan kami untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah, pendekatan baru dari program tahun ini diharapkan dapat menciptakan efek domino bagi pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan pembangunan berkelanjutan di masyarakat."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Memberdayakan ribuan siswa dengan keterampilan kewirausahaan

Zurich Berdayakan 3.700 Siswa untuk Jadi Wirausaha Muda
Zurich Berdayakan 3.700 Siswa untuk Jadi Wirausaha Muda

Sejak diluncurkan pada tahun 2022, program ini telah memberdayakan lebih dari 5.500 siswa dengan keterampilan kewirausahaan. Dukungan lebih dari 370 karyawan Zurich sebagai mentor telah membantu para siswa mengembangkan 70 bisnis baru, yang berhasil menciptakan pendapatan lebih dari Rp 500 juta, memberikan kontribusi signifikan pada ekonomi lokal.

Adriana Poglia, Head of Enabling Social Equity di Z Zurich Foundation, menambahkan, "Kewirausahaan memainkan peran penting dalam mewujudkan kesetaraan sosial dengan menyediakan peluang yang setara bagi individu dari berbagai latar belakang untuk berpartisipasi dalam ekonomi. Melalui program ini, kami bertujuan mengatasi hambatan struktural dan menciptakan lingkungan yang mendukung generasi muda untuk meraih kesuksesan di masa depan."

 


Memicu keinginan berwiraswasta

Data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan tingkat pengangguran di Indonesia pada Februari 2024 masih didominasi oleh kelompok usia 15-24 tahun, yaitu sebesar 16,42%. 

Robert Gardiner, Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia, menyatakan, "Selain memberikan pengetahuan dan keterampilan bisnis, pengalaman nyata berwirausaha yang diperoleh siswa dari program ini dapat memicu aspirasi mereka untuk memilih jalur wirausaha setelah lulus. Kami percaya kemitraan kami dengan Zurich Indonesia dan Z Zurich Foundation dalam mempromosikan kewirausahaan kepada generasi muda dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia di masa depan."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya