Apa Itu Negging? Ketika Anda Mendapatkan Komentar Negatif yang Sangat Halus

Cara mewaspadai bentuk manipulasi emosi ini, menurut para ahli.

oleh Bella Zoditama diperbarui 21 Sep 2024, 17:12 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2024, 17:12 WIB
Apa Itu Negging? Ketika Anda Mendapatkan Komentar Negatif yang Sangat Halus
Apa Itu Negging? Ketika Anda Mendapatkan Komentar Negatif yang Sangat Halus (Image by freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu pasti pernah mengalami pasang surut dalam sebuah hubungan. Semua itu tidak hanya hal yang membuat bahagia.

Namun juga menciptakan trauma tersendiri seperti misalnya saat mengalami manipulasi dalam hubungan yang pernah dijalani. Hal ini merupakan salah satu manipulasi emosional yang cukup menakutkan dan sayangnya sering terjadi tanpa kita sadari sebelumnya. 

Ada beberapa bentuk manipulasi dalam hubungan yang mungkin pernah Anda dengar. Akan tetapi, bisa dikatakan negging menjadi bentuk manipulasi emosional yang sangat spesifik.

Mungkin Anda sendiri akan bertanya-tanya, apa itu negging? Sebab, istilah ini memang tidak umum dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun Anda mungkin tidak mengenalnya, kemungkinan besar Anda pernah melihat negging atau menjadi korbannya sendiri.

Seperti dirangkum dari Prevention, Kamis (19/9/2024), berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang negging, termasuk apa yang harus dilakukan jika hal itu terjadi pada Anda. Apalagi jika dibiarkan, tentunya hal ini juga akan berpengaruh pada kesehatan mental Anda.

Apa Itu Negging?

Negging adalah praktik membuat komentar negatif yang seringkali tidak langsung, jadi komentar tersebut sedikit lebih halus daripada mengkritik seseorang secara langsung, jelas Hillary Ammon, seorang psikolog klinis di Center for Anxiety & Women’s Emotional Wellness.

Negging biasanya melibatkan komentar negatif tentang penampilan, perilaku, pilihan, pencapaian, atau keadaan seseorang. Awalnya, Anda mungkin tidak menyadarinya sebagai hal yang berbahaya atau menyakitkan, karena bersifat tidak langsung,” katanya.

Sekali lagi, negging bersifat halus. Psikolog klinis Ramani Durvasula, penulis Don’t You Know Who I Am? mengatakan ini bisa menjadi contoh:

“Kamu sangat berani keluar seperti itu tanpa makeup. Aku tidak bisa melakukan itu. Aku terlalu peduli dengan penampilanku.”

"Bagi seseorang yang tidak kuliah di perguruan tinggi yang bagus, Anda sebenarnya bisa menulis dengan sangat baik."

Negging biasanya disorot dalam hubungan romantis tetapi "penting untuk menyadari bahwa negging dapat terjadi dalam semua hubungan—romantis, persahabatan, keluarga, dan profesional," kata Ammon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengapa Negging Berbahaya?

Ilustrasi Pasangan Toxic Relationship (sumber: unsplash)
Ilustrasi Pasangan Toxic Relationship (sumber: unsplash)

Negging berbahaya karena banyak alasan.

"Penjelasan paling sederhana mengapa negging berbahaya adalah, pada intinya, negging merupakan bentuk pelecehan emosional dan verbal," kata psikolog klinis Juanita P. Guerra.

Negging juga membingungkan bagi korban dan dapat membuat seseorang merasa dilecehkan.

"Anda mendengar apa yang Anda pikir sebagai pujian, tetapi itu juga terasa seperti sindiran, seperti ejekan," kata Guerra. "Anda tidak begitu yakin yang mana itu, sehingga Anda merasa bingung; bertanya pada diri sendiri beberapa versi, sampai bingung apa yang baru saja terjadi?"

"Siapa yang menjadi sumber negging itu penting," kata Durvasula.

"Jika itu adalah saudara kandung yang terus-menerus insecure atau 'teman' yang picik, Anda mungkin dapat memasukkannya ke dalam kategori 'mereka agak insecure dan sedih', dan itu mungkin tidak terlalu kuat," ucapnya. Jadi, biasanya omongan mereka tidak akan Anda masukkan ke dalam hati.

"Tetapi ketika itu datang dari orang-orang yang suaranya penting bagi Anda—pasangan, orang tua, bos—itu dapat mengakibatkan kecemasan, kesedihan, kemarahan. Emosi-emosi negatif tersebut dapat terakumulasi seiring berjalannya waktu, terutama ketika Anda merasa tidak berdaya untuk mengubahnya.”


Bagaimana Negging Memengaruhi Seseorang?

[Bintang] Si Dia Hobi Banget Marah? 3 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mendinginkannya
Berantem itu adalah sebuah persoalan yang biasa dihadapi setiap pasangan. Saat si dia marah, kamu bisa membuatnya tak marah lagi kok. (Ilustrasi: VideoBlocks)

"Terus-menerus menjadi korban negging dapat membuat seseorang merasa cemas, tertekan, dan bahkan tidak berharga," ucap Ammon.

"Jika seseorang terus-menerus dikritik tentang berat badannya, mereka mungkin mulai merasa tidak puas dengan berat badannya dan berjuang dengan masalah citra tubuh," katanya. "Itu dapat menyebabkan kecemasan terkait makanan, olahraga, dan memilih pakaian."

Menjadi penerima negging "melelahkan secara emosional dan psikologis," kata Guerra.

"Negging seperti perang psikologis," lanjutnya. "Itu membuat Anda merasa insecure, jadi Anda menjadi waspada, defensif, dan mudah-mudahan melindungi diri sendiri. Ini menghabiskan banyak energi Anda dan dapat membuat Anda merasa lelah secara mental dan fisik."

"Seiring waktu, jika Anda tidak menyadari negging yang terjadi, Anda dapat mengembangkan rasa harga diri yang lebih rendah dan bahkan "ketidakberdayaan yang dipelajari," yaitu ketika Anda mulai merasa tidak berdaya seiring waktu setelah terus-menerus menghadapi situasi yang membuat Anda merasa tidak berdaya," kata Guerra.


Hal yang Harus Dilakukan Jika Anda Korban Negging

Ilustrasi sahabat, kecewa, bertengkar
Ilustrasi sahabat, kecewa, bertengkar. (Photo by Liza Summer from Pexels)

Anda dapat mencoba menegur orang tersebut.

"Langkah pertama adalah membahas pernyataan yang Anda anggap sebagai negging. Tetaplah pada fakta," kata Ammon, seraya mencatat bahwa akan sangat membantu untuk mendokumentasikan apa yang mereka katakan dan kapan mereka mengatakannya.

Kemudian, bicarakan tentang bagaimana komentar tersebut membuat Anda merasa. Cobalah untuk menggunakan pernyataan "saya" seperti, "Saya merasa sakit hati dengan komentar Anda tentang berat badan saya."

"Orang cenderung bersikap defensif saat feedback dimulai dengan 'Anda'," kata Ammon.

Anda kemudian dapat mengatakan apa yang Anda inginkan atau butuhkan dari mereka, dan menetapkan batasan, seperti "Saya tidak akan terlibat dalam percakapan dengan Anda jika Anda negging saya."

"Setelah Anda menegaskan diri dan menetapkan batasan, Anda dapat mulai memengaruhi tindakan mereka," kata Ammon. "Misalnya, pujilah mereka saat mereka memberikan pujian yang sebenarnya dan bagikan bagaimana komentar tersebut membuat Anda merasa senang."

Sayangnya, menghadapi seseorang yang melakukan negging kepada Anda kemungkinan besar tidak akan membawa Anda terlalu jauh.

“Saya pikir banyak orang yang suka menyangkal secara kronis mungkin berada di suatu tempat dalam spektrum narsisme atau antagonisme, dan agresi pasif merupakan bagian besar dari spektrum tersebut,” kata Durvasula.

“Mereka adalah orang-orang yang memiliki tingkat empati yang rendah, sangat insecure, dan menggunakan agresi interpersonal sebagai cara untuk mempertahankan kekuasaan, dominasi, dan kendali.” Akibatnya, katanya, “mereka akan selalu berperan sebagai korban ketika mereka ditegur.”

Jika Anda merasa tidak mendapatkan hasil apa pun, Durvasula menyarankan agar Anda “melepaskan diri” dari orang yang mencela Anda.

“Orang yang mencela akan mencela—dan karena itu kemungkinan merupakan permainan interpersonal yang belum diproses dengan baik untuk mendapatkan kembali kekuasaan karena rasa malu atau rasa tidak aman mereka sendiri, mereka tidak berhubungan dengan diri mereka sendiri untuk berhenti,” katanya.

Ia menyarankan agar Anda “menghabiskan lebih sedikit waktu dengan mereka, mencari dukungan lain untuk menjadi penyeimbang, dan secara radikal menerima bahwa ketika Anda bersama mereka, beginilah jadinya.”

Dan, jika penolakan itu terus mengganggu Anda, Guerra mengatakan Anda mungkin perlu memutuskan hubungan dengan mereka sama sekali. "Sering kali perlu untuk menyingkirkan orang-orang beracun ini dari kehidupan seseorang," katanya.

Infografis 4 Anomali Cuaca Pemicu Potensi Cuaca Ekstrem di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 4 Anomali Cuaca Pemicu Potensi Cuaca Ekstrem di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya