Celsius Network Ajukan Permohonan untuk Jual Kepemilikan Stablecoin

Celsius mengajukan kebangkrutan pada Juli, dan saat ini di hadapan Pengadilan Kepailitan AS.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 19 Sep 2022, 11:20 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2022, 11:20 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan pemberi pinjaman kripto, Celsius Network, yang saat ini dalam proses kebangkrutan Bab 11, telah meminta pengadilan untuk menjual kepemilikan stablecoin. Hal ini dilakukan Celsius sebagai cara untuk menghasilkan likuiditas demi membantu mendanai operasinya, menurut pengajuan pengadilan baru.

Celsius mengajukan kebangkrutan pada Juli, dan saat ini di hadapan Pengadilan Kepailitan AS. untuk Distrik Selatan New York, yang juga menangani kasus kebangkrutan perusahaan kripto lainnya, Three Arrows Capital.

Jika mosi ini disetujui oleh Hakim Ketua Martin Glenn, ketua hakim kebangkrutan AS., proses penjualan akan digunakan terutama untuk membayar operasi Celsius Network.

Sementara hasil yang dihasilkan dari penjualan stablecoin merupakan properti dari harta debitur, membayarnya kembali adalah bagian dari proses yang terpisah dan berkelanjutan.

"Debitur, bagaimanapun, terus memiliki stablecoin yang harus dimonetisasi untuk mendanai operasi mereka dalam kasus Bab 11 ini mengingat stabilitas pasar mereka dibandingkan dengan jenis cryptocurrency lainnya," tulis pengajuan tersebut, dikutip dari CoinDesk, Senin (19/9/2022).

Komite resmi kreditur tanpa jaminan Celsius membuat kesepakatan dengan kantor Wali Amanat AS pada awal September untuk menunjuk pemeriksa independen, asalkan mereka mengambil langkah-langkah tertentu untuk membatasi jumlah waktu dan dana yang akan diambil pemeriksa.

Celsius setuju untuk bergabung dengan penguji, dan hakim menandatangani kesepakatan pada Rabu pekan lalu. Sedangkan untuk sidang pengajuan penjualan Stablecoin ini direncanakan pada 6 Oktober 2022 mendatang.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perusahaan Kripto Celsius Bakal Kembalikan Dana Nasabah Rp 715,3 Miliar

Aset Kripto
Perkembangan pasar aset kripto di Indonesia. foto: istimewa

Sebelumnya, platform kripto yang bangkrut, Celsius Network mengatakan dalam dokumen pengadilan yang diajukan Rabu, 31 Agustus 2022 dan selama sidang Kamis, perusahaan akan mengembalikan sebagian kecil dana yang disetorkan pelanggannya ke akun "penahanan" yang disimpan di platformnya.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (2/9/2022), kepemilikan dalam akun ini bernilai sekitar USD 48 juta atau sekitar Rp 715,3 miliar berdasarkan nilai pasar terbaru mereka.

Meskipun nilai pasti berfluktuasi dengan pasar kripto yang lebih luas, jumlah itu kira-kira 5 persen dari total USD 4,3 miliar aset yang dimiliki Celsius kepada pelanggan, dan kurang dari 20 persen dari kesenjangan USD 1,2 miliar antara aset dan kewajiban yang dilaporkan Celsius di neraca pada saat itu dari pengajuan Bab 11-nya.

Sejak Celsius mengajukan kebangkrutan pada 13 Juli, total kapitalisasi pasar aset kripto telah meningkat lebih dari 6 persen menjadi USD 962 miliar dari USD 902 miliar pada Kamis, menurut data Coinmarketcap. 

Di sisi lain, sebuah dokumen pengadilan pertengahan Agustus mengungkapkan Celsius memperkirakan akan kehabisan dana pada Oktober. Salah satu tindakan yang mungkin diambil perusahaan adalah menjual asetnya melalui proses penawaran. 

Proses penawaran dipimpin oleh Centerview dan batas waktu untuk penawaran akan berakhir pada 21 September, lelang penawaran jika perlu akan dilakukan pada 23 September, dan sidang penjualan akhir pada 6 Oktober.

Sementara perincian tentang penawar tetap dirahasiakan oleh Celsius, perusahaan kreditur tanpa jaminan Alameda Research menerbitkan tawaran awal yang ditolak perusahaan bangkrut, dan Ripple Labs telah menyatakan minatnya pada beberapa aset perusahaan debitur.


CEO Celsius Network Cairkan Kepemilikan Token CEL Rp 419,6 Juta

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Sebelumnya, saat ini beberapa kelompok trader sedang sibuk memompa token kripto asli milik Celsius Network agar harganya bisa kembali pulih. Namun, di sisi lain pendiri dan CEO Celsius Network, Alex Mashinsky justru mencairkan beberapa kepemilikan token CEL-nya, yang telah berlipat ganda nilainya bahkan ketika perusahaannya berjuang dari kebangkrutan. 

Dilansir dari CoinDesk, Kamis (25/8/2922), data Blockchain menunjukkan alamat kripto yang diidentifikasi oleh perusahaan intelijen kripto Nansen dan Arkham Intelligence saat Mashinky melakukan transaksi pertamanya sejak akhir Mei.

Dompet tersebut menjual token CEL dalam beberapa transaksi pada Sabtu, 6 Agustus 2022 dan Selasa, 9 Agustus 2022. Dompet itu menukar 17.475 CEL dengan Ethereum (ETH) senilai USD 28.242 atau sekitar Rp 419,6 juta di bursa terdesentralisasi UniSwap, menurut pelacak data blockchain Etherscan.

Sedangkan menurut pelacak portofolio Nansen, dompet khusus yang menyelesaikan transaksi itu menyimpan sekitar USD 1,1 juta dalam token CEL serta beberapa ETH dan USDC.

Transfer tersebut pertama kali terlihat oleh pengguna Twitter yang menggunakan nama Alto. Pemindahan Mashinky terjadi saat dia dan perusahaannya yang terkepung bersiap untuk sidang kedua di pengadilan kebangkrutan federal di New York minggu depan. 

Pada saat yang sama, Komite Kreditor Tanpa Jaminan (UCC) yang dibentuk untuk melindungi kepentingan mereka yang menyimpan uang di platform Celsius, sedang bersiap untuk menyelidiki Mashinsky dan orang dalam lainnya.


Celsius Hadapi Kesulitan Keuangan

Crypto Bitcoin
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Celsius menghadapi kesulitan keuangan dan membekukan penarikan pada Juni lalu, kemudian mengajukan perlindungan kebangkrutan pada 13 Juli. Koin CEL yang dikeluarkan oleh platform pinjaman kripto sebagai token utilitas juga menghadapi pengawasan peraturan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) karena tidak terdaftar sebagai sekuritas.

Mashinsky dilaporkan merupakan salah satu pemegang CEL Coin individu terbesar setelah perbendaharaan Celsius. Jauh sebelum kesengsaraan keuangannya, Celsius secara publik mendaftarkan pemilik CEL terbesar di halaman webnya. 

Mashinsky ditemukan memiliki lebih banyak token daripada gabungan empat pemegang berikutnya, CEL telah bersatu dalam upaya pemerasan singkat berbasis komunitas. Token baru-baru ini berpindah tangan sekitar USD 2, yang menandai kenaikan harga tiga belas kali lipat sejak mencapai 15 sen pada hari ketika Celsius mengumumkan penangguhan penarikan pelanggan.

 

 

 

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya