Miss Universe El Salvador Pamer Kostum Bertema Bitcoin

Penggunaan Kostum bertema Bitcoin ini menggambarkan sejarah mata uang El Salvador.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 15 Jan 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 15 Jan 2023, 06:00 WIB
Gaya Miss El Salvador Pakai Kostum Bertema Bitcoin di Miss Universe 2022
@missuniverseelsalvadorofficial.

Liputan6.com, Jakarta - Alejandra Guajardo, perwakilan El Salvador di Miss Universe 71, mengenakan pakaian bertema Bitcoin selama Pameran Kostum Nasional kontes pada Rabu, 11 Januari 2023.

Hiasan berbentuk Bitcoin ini dirancang oleh seniman plastik Francisco Guerrero. Ini memberikan penekanan khusus seperti menggambarkan raja aset digital yang berkuasa. Guajardo memegang sebuah tongkat dengan logo Bitcoin yang ditampilkan di ujung tongkat.

"Penampilan ini mewakili sejarah mata uang El Salvador. Untuk waktu yang lama, kakao digunakan, lalu titik dua, hingga digantikan oleh dolar AS. Kemudian, tentu saja, datanglah Bitcoin,” ujar penyiar acara, dikutip dari Decrypt, Sabtu, 14 Januari 2023.

El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang membuat Bitcoin alat pembayaran sah negara pada 2021. Langkah tersebut sebagian besar ditanggapi dengan skeptisisme dan kekhawatiran dari komunitas global, termasuk Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia. 

Legislator AS juga memperingatkan agenda Bitcoin El Salvador dapat menyebabkan ketidakstabilan keuangan di negara tersebut dan melemahkan kebijakan sanksi AS. 

Meskipun harga Bitcoin telah turun lebih dari 50 persen sejak undang-undang tersebut berlaku, Presiden El Salvador Nayib Bukele tetap menjadi pembawa bendera yang teguh untuk mata uang digital. 

Dia telah terlibat dalam mempromosikan berbagai inisiatif adopsi BTC meskipun tidak jelas apakah dia memiliki peran langsung dalam pilihan Guajardo dalam lemari pakaian untuk kontes tersebut.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Presiden El Salvador Nayib Bukele Digugat Terkait Bitcoin, Ada Apa?

Bitcoin - Image by Benjamin Nelan from Pixabay
Bitcoin - Image by Benjamin Nelan from Pixabay

Sebelumnya, sebuah organisasi nirlaba hak asasi manusia, Cristosal mengumumkan telah mengajukan tiga tuntutan hukum yang berbeda pada 17 November 2022 terhadap Presiden El Salvador Nayib Bukele. Organisasi tersebut berusaha mengklarifikasi asal dan informasi transaksi dari dana yang digunakan untuk membeli bitcoin di El Salvador. 

Juru bicara anti korupsi kelompok tersebut, Ruth Lopez menyatakan, salah satu tuntutan hukum berkaitan dengan ilegalitas reformasi yang telah dibuat Bukele terhadap undang-undang terkait pengeluaran ini.

Lopez menuturkan, USD 750 juta (Rp 11,8 triliun) dikelola oleh Bukele sebagai bagian dari kepercayaan bitcoin yang didirikan oleh bank sentral negara dengan cara yang tidak konstitusional. Lopez menyatakan undang-undang yang memungkinkan presiden untuk mengelola dana tersebut tidak berlaku.

Dengan cara yang sama, gugatan kedua berkaitan dengan kurangnya investigasi yang dilakukan oleh Pengadilan Akun Republik, organisasi kontrol, atas biaya yang berasal dari penerapan Undang-Undang Bitcoin, termasuk pembangunan, akuisisi ATM, pemasangan platform, dan aplikasi untuk konversi dan pengelolaan bitcoin.

“Tidak ada kontrol pada platform atas identitas yang membeli dan menjual Bitcoin. Hingga saat ini, semua orang Salvador memiliki praduga tentang cara kerjanya dan berapa banyak yang telah dihabiskan,” ujar Lopez dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (30/11/2022).

Tuntutan ketiga akan diajukan ke Pengadilan Hak Asasi Manusia Inter-Amerika dan terkait dengan pencurian identitas yang dihadapi lebih dari 200 warga Salvador saat mengirimkan data mereka ke sistem Dompet kripto negara, Chivo.

 

 


Skeptimisme Bitcoin

Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Sementara Presiden Nayib Bukele baru-baru ini mengumumkan negara tersebut akan membeli bitcoin setiap hari, menandakan keyakinannya pada mata uang kripto, Lopez yakin penduduk masih skeptis tentang bitcoin. Baginya, pengeluaran tersebut berlebihan dan tidak menjawab kebutuhan mendesak masyarakat.

“Penduduk Salvador tidak merasa teridentifikasi dengan bitcoin, tetapi juga tidak berguna bagi mereka, karena bukan penduduk yang berinvestasi, karena hampir tidak cukup bagi mereka untuk makan,” jelas Lopez.

Beberapa survei menunjukkan Presiden Bukele sangat populer di negara ini, bitcoin adalah isu yang berbeda. Sebuah survei yang dilakukan oleh Universitas Amerika Tengah Jose Simeon Canas pada Juni mengungkapkan lebih dari 70 persen orang Salvador menganggap bitcoin tidak membawa manfaat bagi mereka.


Presiden El Salvador Nayib Bukele Sebut Bakal Beli 1 Bitcoin Setiap Hari

Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Sebelumnya, Presiden El Salvador, Nayib Bukele, mengumumkan di Twitter pada Kamis, 17 November 2022 negaranya akan membeli satu bitcoin setiap hari. Sejak mengadopsi cryptocurrency sebagai alat pembayaran yang sah, El Salvador telah membeli sekitar 2.381 bitcoin untuk perbendaharaannya.

Bukele tidak terhalang oleh gejolak baru-baru ini seputar bursa kripto FTX yang bangkrut. Pada Minggu, 13 November 2022, Presiden Salvador menjelaskan dalam sebuah cuitan di Twitter yang menyebut FTX adalah kebalikan dari Bitcoin.

“Protokol Bitcoin dibuat dengan tepat untuk mencegah skema Ponzi, bank runs, Enron's, Worldcom's, Bernie Madoff's, Sam Bankman-Fried, dan penugasan kembali kekayaan. Ada yang paham, ada yang belum. Kami masih awal,” tulis Bukele, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (18/11/2022). 

El Salvador mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah bersama dolar AS pada September tahun lalu. Sejak itu negara tersebut telah membeli sekitar 2.381 bitcoin untuk perbendaharaannya. 

Presiden Bukele adalah pendukung kuat cryptocurrency. Dia baru-baru ini mengaitkan pemulihan sektor pariwisata di El Salvador dengan Bitcoin. 

Namun, jajak pendapat yang dilakukan pada Oktober menunjukkan hampir dua pertiga populasi El Salvador memiliki kesan negatif terhadap bitcoin, dengan hanya seperempat orang Salvador yang menggunakan cryptocurrency.

Dana Moneter Internasional (IMF) juga telah memperingatkan El Salvador tentang membuat tender legal bitcoin, mengklaim biaya menjadikan BTC sebagai mata uang nasional melebihi potensi manfaatnya. Namun, pemerintah El Salvador menolak peringatan IMF dan terus merangkul bitcoin.

Mengikuti pengumuman Bukele soal membeli Bitcoin setiap hari, pendiri Tron Justin Sun mengatakan dia akan melakukan hal yang sama.

“Kami menggemakan inisiatif @nayibbukele dalam membeli bitcoin setiap hari. Kami juga akan membeli satu bitcoin setiap hari mulai besok,” tulis cuitan Sun. 

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya