Simak Tips Investasi Kripto Aman ala Tokocrypto

Tokocrypto menilai penting bagi investor pemula untuk mengetahui konsep dasar kripto. Berikut beberapa tips untuk berinvestasi kripto dengan aman.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 29 Jul 2023, 18:06 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2023, 18:06 WIB
Simak Tips Investasi Kripto Aman ala Tokocrypto
Industri kripto mencatat pertumbuhan pesat dengan meningkatnya minat masyarakat untuk berinvestasi dalam aset digital.

Liputan6.com, Jakarta - Industri kripto terus mengalami pertumbuhan pesat dengan meningkatnya minat masyarakat untuk berinvestasi dalam aset digital. Menurut data Bappebti, tercatat penambahan pelanggan aset kripto sebanyak 141,8 ribu pelanggan pada Juni 2023 dengan total terdaftar sebanyak 17,54 juta pelanggan. 

Sementara itu, nilai transaksi perdagangan fisik aset kripto selama Juni 2023 tercatat sebesar Rp 8,97 triliun atau naik 9,3 persen bila dibandingkan bulan sebelumnya. Banyak investor yang tertarik untuk memanfaatkan potensi pertumbuhan yang tinggi dari pasar kripto. 

Namun, bagi para pemula, investasi dalam aset kripto dapat menjadi tantangan yang menakutkan. Perbedaan harga yang tajam, volatilitas yang tinggi, dan kompleksitas teknologi blockchain dapat membuat mereka merasa cemas dan ragu-ragu. 

VP Corporate Communications Tokocrypto, Rieka Handayani mengatakan penting bagi para investor pemula untuk memahami konsep dasar kripto dengan pendekatan yang hati-hati dan pengetahuan yang cukup, dapat mengatasi ketakutan mereka dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh pasar kripto.

Rieka membagikan lima tips investasi aset kripto yang aman dan potensi menguntungkan, berikut tipsnya:

Pahami Seluk Beluk Kripto 

Pelajari dengan detail tentang kripto sebelum investasi. Ketahui apa itu blockchain, bagaimana aset kripto bekerja, dan kenali risikonya. 

"Investasi kripto bukan tentang cepat kaya, tapi memahami teknologi dan ekosistemnya. Itulah yang menjadi kunci kesuksesan investasi di bidang ini," kata Rieka dalam siaran pers, dikutip Sabtu (29/7/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mulai Tips Investasi Kecil

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

 Mulai dengan Investasi Kecil dan Diversifikasi

Rieka menjelaskan untuk investor pemula, disarankan untuk memulai dengan jumlah kecil. Jangan menginvestasikan uang yang tidak bisa ditanggung kerugiannya. Dia juga mengingatkan agar investor jangan menaruh semua investasi pada satu jenis kripto. Diversifikasi portofolio investor dengan berbagai jenis kripto.

Rutin Memantau Pasar

Tidak ada formula pasti dalam berinvestasi kripto, namun pemantauan rutin akan membantu mendapatkan insight dan melakukan penyesuaian strategi. Memahami berbagai sentimen di pasar kripto juga bisa menjadi cara untuk memantau pasar. 

Gunakan Platform yang Aman 

Gunakanlah platform perdagangan aset kripto yang aman dan telah teregulasi di Indonesia. Rieka menuturkan, dengan menggunakan platform yang aman, investor dapat menjaga keamanan dan kepercayaan dalam bertransaksi aset kripto. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Hai Investor Crypto, Perhatikan 3 Hal Ini pada Paruh Kedua 2023

Kripto atau Crypto. Foto: Unsplash/Raphael Wild
Kripto atau Crypto. Foto: Unsplash/Raphael Wild

Sebelumnya, setelah mengalami roller coaster harga sepanjang paruh pertama 2023, Bitcoin dan pasar kripto sempat berada di titik puncak sepanjang 2023. Bitcoin mencapai harga tertinggi sejak tahun lalu yang didorong sentimen perusahaan keuangan konvensional menjajaki kripto. 

Dilansir dari Investopedia, Sabtu (22/7/2023), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan investor kripto sepanjang paruh kedua 2023 di industri kripto. 

Perusahaan Keuangan Tradisional Dapat Meningkatkan Harga Bitcoin

Serangkaian kebangkrutan terkait kripto yang dimulai pertengahan tahun lalu dan memuncak dengan runtuhnya FTX pada November, membuat banyak investor kehilangan kepercayaan pada pasar kripto. 

Namun, harga bitcoin baru-baru ini mendapat angin kedua karena sejumlah perusahaan, termasuk Blackrock (BLK), Fidelity Investments, Invesco (IVZ) dan Wisdomtree (WT) menggandakan aplikasi mereka untuk spot bitcoin exchange traded funds (ETF).

Penurunan Bitcoin Kemungkinan Berakhir

Adamant Research menunjukkan fase akumulasi untuk bitcoin akan berlanjut di kisaran USD 22.000 hingga USD 42.000 sebelum aset kripto akhirnya mencapai tertinggi baru sepanjang masa di utara USD 120.000 sebagai hasil dari bull run multi-tahun.

Adamant Research adalah salah satu perusahaan pertama yang mengeluarkan laporan tentang bitcoin lebih dari 10 tahun yang lalu pada November 2012. 

Setiap laporan berikutnya yang dirilis oleh perusahaan pada 2012, 2015, dan 2019 datang pada saat bitcoin dan pasar kripto yang lebih besar sedang berkembang. Pada tingkat yang secara historis diremehkan, dan mereka merilis laporan terbaru mereka pada April 2023.

 


Waspadai Perkembangan Regulasi

Ilustrasi Kripto. Foto: Freepik/Rawf8.com
Ilustrasi Kripto. Foto: Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kripto, mulai dari membelinya hingga menambang. Tapi ada cara lain yaitu melalui Faucet Kripto.Freepik/Rawf8.com

Selama beberapa bulan terakhir, Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) telah menindak sejumlah perusahaan cryptocurrency seperti Binance, Coinbase (COIN) dan Kraken. 

Salah satu pertentangan utama regulator adalah menganggap aset kripto non-bitcoin sebagai sekuritas dan telah mengambil tindakan terhadap platform kripto untuk penjualan sekuritas yang tidak terdaftar.

Setiap perkembangan dalam pertarungan hukum seperti kasus Ripple Labs untuk menentukan apakah token XRP adalah sekuritas. Kemudian kasus SEC dengan Coinbase tentang apakah mempertaruhkan sebagai layanan ditafsirkan sebagai penjualan sekuritas yang tidak terdaftar dapat memiliki implikasi yang lebih luas untuk pasar kripto.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya