Miss Grand Indonesia 2024 Bawa Kostum Nasional Bertema Masakan Padang, Disponsori Arief Muhammad

Desainer kostum nasional Miss Grand Indonesia 2024 menyebut butuh tiga minggu untuk menyelesaikan rancangan kostum bertema masakan Padang itu.

oleh Dinny MutiahMaheza Nurmiagita diperbarui 30 Sep 2024, 14:30 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2024, 14:30 WIB
Miss Grand Indonesia 2024 Bawa Kostum Nasional Bertema Masakan Padang, Disponsori Arief Muhammad
Nova Liliana, Miss Grand Indonesia 2024, mengenakan kostum nasional bertema masakan Padang. (dok. Instagram @yayasanduniamegabintang/https://www.instagram.com/p/DAfw1jkvMl3/?img_index=1/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta - Miss Grand Indonesia 2024 Nova Liana akan segera berkompetisi di ajang Miss Grand International 2024 yang berlangsung di Kamboja dan Thailand pada 3--25 Oktober 2024. Sejumlah persiapan sudah dilakukan, termasuk menyiapkan kostum nasional yang akan dipakai di sela kompetisi.

Mengutip Fimela.com, Senin (30/9/2024), pendiri Yayasan Dunia Mega Bintang Ivan Gunawan menjelaskan kostum nasional itu terinspirasi dari masakan Padang yang mendunia. Untuk itu, ia menghubungi Arief Muhammad sebagai pemilik Restoran Payakumbuh untuk berkolaborasi dan disambut baik pria yang juga berprofesi sebagai konten kreator itu.

"Makanan padang itu grand banget dan sangat Indonesia. Maka, saya berharap dari National Costume yang unik dan fresh ini, Nova bisa cerita ke temen-temennya bahwa ini adalah masakan khas Indonesia, masakan Padang. Jadi, bisa sekaligus promosi wisata Indonesia," ujar Ivan dalam jumpa pers pelepasan Miss Grand Indonesia 2024 menuju Miss Grand International 2024 di W Superclub Gatot Subroto, Jakarta, Minggu, 29 September 2024.

Ivan tak merancang desain kostum nasional itu, tetapi menyerahkannya kepada Annisa Banyuwangi. Sang desainer mengaku memerlukan waktu tiga minggu untuk menyelesaikan rancangan yang dinilainya menantang.

"Kesulitanya ada pada faktor buka tutupnya yang agak susah, karena di dalamnya terdapat banyak piring dengan aneka lauk khas masakan Padang. Pembuatan kostum dua minggu dan satu minggu untuk trial and error buka tutup. Jadi, total proses pembuatan tiga minggu," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kostum Nasional Unik Para Miss Grand Indonesia

Miss Grand Indonesia 2024 Bawa Kostum Nasional Bertema Masakan Padang, Disponsori Arief Muhammad
Nova Liliana, Miss Grand Indonesia 2024, mengenakan kostum nasional bertema masakan Padang. (dok. Instagram @yayasanduniamegabintang/https://www.instagram.com/p/DAfw1jkvMl3/?img_index=1/Dinny Mutiah)

Pada kostum nasional itu, Nova terlihat menunjukkan sejumlah makanan khas Padang. Terlihat sepiring nasi Padang paket lengkap dengan rendang, nasi putih yang dicetak, rendang, telur barendo, dan daun singkong kukus yang jadi pelengkapnya. Di sayapnya terpasang sejumlah piring berisi beragam lauk yang biasa disajikan di rumah makan Padang.

Mengutip laman Instagram Yayasan Dunia Mega Bintang, kostum nasional itu bernama resmi The Royal Flavours of Payakumbuh. Dinyatakan bahwa karya seni itu dibuat sebagai penghormatan atas warisan kuliner dan kekayaan budaya dari Payakumbuh. Piring-piring lauk disusun bertumpuk seperti bisa dihadirkan di restoran Padang.  

"Pertama kali mencoba, bentuknya tinggi dan berat banget. Sampai akhirnya direvisi oleh Mbak Annisa dalam waktu singkat, hanya beberapa hari. Bagian atasnya sendiri dibuat dalam waktu dua hari, dan setelah revisi, saya bisa tampil dengan luar biasa mewahnya. Karena menunya nasi Padang, yang juga salah satu favorit saya, saya jadi sedikit lapar melihatnya," celoteh Nova.

Bukan sekali ini Miss Grand Indonesia mengusung tema makanan sebagai desain kostum nasional. Pada kontes Miss Grand International 2020 yang dihelat di Bangkok, Thailand, Aurra Kharisma membawakan kostum bertema satai madura.

"Saya ingin menunjukkan cita rasa khas Indonesia di setiap pergelaran dunia... Saya ingin National Costume yang akan dipakai Nova bertema cita rasa masakan Nusantara karena saat ini, kuliner Sumatera Barat sudah mendunia, bahkan rendangnya aja sudah jadi salah makanan terenak di dunia," kata Ivan.


Miss Grand Indonesia 2024 Jalani Operasi Plastik

Miss Grand Indonesia 2024 Bawa Kostum Nasional Bertema Masakan Padang, Disponsori Arief Muhammad
Nova Liliana, Miss Grand Indonesia 2024. (dok. Instagram @yayasanduniamegabintang/https://www.instagram.com/p/DAhe4mSyN8L/?img_index=1/Dinny Mutiah)

Selain National Costume yang akan dipakai Nova, Ivan juga mengungkapkan bahwa persiapan Nova untuk mengikuti ajang Miss Grand International 2024 sudah dilakukan sejak malam final Miss Mega Bintang Indonesia 2024 berakhir.

"Setelah selesai Miss Mega Bintang 2024, Nova kita kirim ke Bangkok untuk melakukan aesthetic surgery di Masterpiece Hospital. Kemudian dia ikut pelatihan public speaking oleh Manohara Beauty Camp dan Caldare Champ, kemudian catwalk training lalu makeup dan hairdo training," sambungnya.

Ivan juga mengatakan bahwa Yayasan Dunia Mega Bintang telah membekali Nova dengan ilmu dan pengetahuan yang cukup. "Kita kasih Nova semua ilmu pengetahuan seputar Beauty Pageant, supaya saat bertanding dia sudah memiliki bekal untuk lebih percaya diri di kompetisi internasional," papar Ivan.

Nova akan berangkat pada 3 Oktober 2024. Selama di Kamboja dan Thailand, ia akan ditemani Dardo Siregar selaku Head of Creative Yayasan Dunia Mega Bintang.

"Selama di sana kegiatan yang diikuti Nova banyak sekali, tetapi untuk acara utamanya adalah swimsuit competition di tanggal 9 Oktober 2024 di Phnom Penh, Kamboja. Kemudian National Costume Competition tanggal 20 Oktober, preliminary di tanggal 22 Oktober dan malam grand final pada tanggal 25 Oktober 2024 yang berlangsung di Bangkok, Thailand," ujar Dardo.


Peluang Kemenangan Nova Liliana

Miss Grand Indonesia 2024 Bawa Kostum Nasional Bertema Masakan Padang, Disponsori Arief Muhammad
Nova Liliana, Miss Grand Indonesia 2024. (dok. Instagram @yayasanduniamegabintang/https://www.instagram.com/p/DAhe4mSyN8L/?img_index=1/Dinny Mutiah)

Sementara itu, Nova yang merupakan perwakilan dari Sumatera Selatan itu mengaku sangat bersyukur dan bersemangat telah diberikan kepercayaan dan kesempatan untuk mewakili Indonesia di kancah internasional. Ia berharap bisa memberikan hasil terbaik bagi Indonesia dan berjanji berjuang semaksimal mungkin.

"Harapannya semoga saya bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia dan tentunya Yayasan Dunia Mega Bintang yang telah memberikan fasilitas dan layaknya rumah kedua buat saya dan tentu harapan terbesar dalam berkompetisi adalah membawa mahkota utama kembali ke Indonesia," paparnya.

Ivan menilai peluang Nova cukup besar di ajang Miss Grand International 2024 karena ia difavoritkan tidak hanya oleh pendukung dari Indonesia, tetapi juga dari Asia dan Amerika Latin. Meski begitu, ia menegaskan hal itu tidak bisa dijadikan sebagai acuan.

"Apapun hasilnya, Nova dan tim sudah berusaha maksimal sekuat tenaga untuk bisa membanggakan nama Indonesia di panggung Miss Grand International 2024," ucap Ivan.

Infografis perawatan kecantikan
Infografis Macam-Macam Perawatan Kecantikan Terkini. (Dok: Liputan6.com/abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya