Philippine Airlines Jajaki Web3, Luncurkan Koleksi NFT Eksklusif

Koleksi NFT ini terdiri dari delapan gambar unik yang dirancang oleh seniman Trace Orozco.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 07 Agu 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2023, 10:00 WIB
NFT. Foto: Freepik
Delapan dekade sejak didirikan sebagai maskapai penerbangan pertama di Asia, Philippine Airlines membuat sejarah baru dengan koleksi Non Fungible Token (NFT). Foto: Freepik

Liputan6.com, Jakarta - Delapan dekade sejak didirikan sebagai maskapai penerbangan pertama di Asia, Philippine Airlines membuat sejarah baru dengan koleksi Non Fungible Token (NFT).

Ditawarkan dalam kemitraan dengan Philippine Blockchain Week, acara blockchain perdana di Filipina, koleksi ini memberikan penghormatan kepada sejarah PAL sambil menunjukkan dedikasi maskapai untuk menyambut masa depan.

Terdiri dari delapan gambar unik yang dirancang oleh seniman Trace Orozco, dan dicetak pada platform blockchain Ethereum, setiap koleksi PAL adalah karya seni yang sangat detail yang ditujukan untuk para kolektor cerdas. 

Selain seni, setiap barang koleksi dikodekan dengan Mabuhay Miles senilai USD 1.500 atau setara Rp 22,7 juta (asumsi kurs Rp 15.150 per dolar AS)  yang dapat ditebus sesuai keinginan pemiliknya.

“Untuk melanjutkan perjalanan digital mereka, pembeli akan menerima tiket VVIP Minggu Blockchain Filipina setiap tahun selama tiga tahun ke depan, memberi mereka akses premium ke pemimpin pemikiran global dalam teknologi yang mengubah dunia,” kata Philippine Airlines dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin (7/8/2023).

Menyatukan praktisi, peminat, dan pakar dari seluruh dunia, konferensi Pekan Blockchain 2023 akan berlangsung di Marriott Grand Ballroom dari 19 hingga 21 September dengan tema, BRKOUT. 

Acara tahun ini juga akan menampilkan sejumlah terobosan aplikasi dunia nyata untuk teknologi blockchain, termasuk Michael Cinco Metaverse Fashion Gala yang unik di mana para peserta akan diundang untuk mengambil bagian dari koleksi NFT pertama dari perancang.

Seiring Philippine Airlines terus melambung ke tingkat yang lebih tinggi dengan mengembangkan jaringan penerbangan nonstop globalnya, Philippine Blockchain Week juga bekerja untuk mengangkat masyarakat Filipina dengan memotivasi orang Filipina untuk merangkul kemungkinan tak terbatas dari Web3 dan seterusnya.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga Koleksi NFT Starbucks Stabil di Tengah Tren Penurunan Pasar

Ilustrasi Starbucks
BPOM menarik sejumlah produk minuman yang tak miliki izin edar, kopi kemasan Starbucks salah satunya. (pexels.com/Dom J)

Starbucks, jaringan kedai kopi terbesar di dunia, telah meluncurkan koleksi NFT beberapa waktu lalu dan banyak pembeli awal menyimpan koleksi mereka.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (4/8/2023), hampir 2.100 pengguna membeli 3.357 buah koleksi Starbucks Green Apron. Hanya 213 NFT yang terdaftar untuk dijual pada saat penulisan, yang menunjukkan pembeli ingin mempertahankan NFT yang telah dicetak.

 Harga dasar, atau harga terendah yang tercantum untuk token di pasar sekunder, mencapai USD 120 atau setara Rp 1,8 juta (asumsi kurs Rp 15.150 per dolar AS) naik, hampir 20 persen lebih tinggi dari harga cetak USD 100 atau setara RP 1,5 triliun. 

Koleksi yang terinspirasi dari celemek Starbucks yang dikenakan oleh barista tersebut, terjual sebanyak 5.000 buah di marketplace Nifty Gateway NFT di jaringan Polygon. Setiap NFT dilengkapi dengan 1.500 poin yang digunakan untuk meningkatkan tiket Odyssey berbasis loyalitas Starbucks.


Tren Pasar NFT yang Sedang Turun

Koleksi NFT Starbucks menunjukkan ketahanan meskipun terjadi penurunan pasar NFT. Harga dasar banyak blue-chip dan NFT populer telah jatuh tahun ini. Dalam 90 hari terakhir, proyek NFT terkenal, Border Ape Yacht Club, Mutant Ape Yacht Club, Meebits, Doodles, dan lainnya telah turun lebih dari 40 persen, menurut data dari NFT Price Floor.

Volume perdagangan NFT menyusut. Volume agregat mingguan di seluruh pasar berjumlah kurang dari USD 17 juta atau setara Rp 257,5 miliar pada 24 Juli. Ini jauh dari volume yang terlihat di awal tahun, di mana volume melebihi USD 50 juta atau setara Rp 757,5 miliar, menurut data Dune.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya