MicroStrategy Kembali Borong Bitcoin Rp 2,3 Triliun

MicroStrategy sekarang memiliki sekitar 158.245 BTC, yang diperoleh dengan harga pembelian agregat sekitar USD 4,68 miliar atau setara Rp 72,1 triliun

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 27 Sep 2023, 11:29 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2023, 11:29 WIB
Harga Bitcoin (Foto: Freepik)
Harga Bitcoin (Foto: Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan pengembang perangkat lunak MicroStrategy (MSTR) membeli bitcoin (BTC) senilai hampir USD 150 juta atau setara Rp 2,3 triliun (asumsi kurs Rp 15.412 per dolar AS) antara 1 Agustus dan 24 September.

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (26/9/2023), MicroStrategy, bersama dengan anak perusahaannya, mengakuisisi sekitar 5,445 bitcoin dengan harga rata-rata sekitar USD 27.053 atau setara Rp 416,9 juta per bitcoin, termasuk biaya dan pengeluaran.

MicroStrategy sekarang memiliki sekitar 158.245 BTC, yang diperoleh dengan harga pembelian agregat sekitar USD 4,68 miliar atau setara Rp 72,1 triliun dengan harga pembelian rata-rata sekitar USD 29.582 atau setara Rp 455,9 juta per bitcoin.

Perusahan juga menyatakan telah menerbitkan dan menjual total 403.362 saham MSTR untuk mendanai pembelian tersebut. Pada Agustus, MicroStrategy mengatakan dapat mengumpulkan hingga USD 750 juta atau setara Rp 11,5 triliun dengan menjual lebih banyak saham, dan berencana menggunakan sebagian dari hasilnya untuk membeli lebih banyak bitcoin.

Sebelumnya MicroStrategy melakukan pembelian Bitcoin antara April hingga Juni 2023. Menurut pengajuan dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menunjukkan perusahaan membeli 12.333 bitcoin dengan harga sekitar USD 347 juta atau setara Rp 5,3 triliun antara 29 April dan 27 Juni. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Saham Microstrategy Melonjak 206% Sejak Adopsi Bitcoin

llustrasi Kripto atau Crypto. Foto: Freepik
llustrasi Kripto atau Crypto. Foto: Freepik

Saham perusahaan intelijen bisnis Microstrategy (Nasdaq: MSTR) telah meningkat 206 persen sejak perusahaan mengadopsi strategi bitcoinnya, kata Ketua Eksekutif Michael Saylor di Twitter.

Tiga tahun lalu hari ini Microstrategy telah mengadopsi bitcoin sebagai Aset Cadangan Treasury Utamanya, membeli 21.454 BTC seharga USD 250 juta atau setara Rp 3,8 triliun (asumsi kurs Rp 15.323 per dolar AS).

Microstrategy mengadopsi strategi bitcoinnya pada 10 Agustus 2020. Sebagai perbandingan, selama periode waktu yang sama, bitcoin telah mengalami peningkatan 145 persen, sedangkan S&P 500 telah meningkat 33 persen dan Nasdaq 25 persen. Sementara itu, emas mengalami penurunan sebesar 5 persen, dan perak mengalami penurunan sebesar 19 persen.

Awal bulan ini, Microstrategy mengungkapkan bahwa mereka sekarang memiliki 152.800 bitcoin, diperoleh dengan total biaya USD 4,53 miliar atau setara Rp 69,4 triliun. Perusahaan juga berencana untuk membeli lebih banyak BTC dengan penjualan saham hingga UDS 750 juta atau setara Rp 11,4 triliun.

Saylor menjelaskan pada Agustus 2020 strategi bitcoin perusahaannya berusaha memaksimalkan nilai jangka panjang bagi pemegang saham.

“Sejak didirikan lebih dari satu dekade yang lalu, bitcoin telah muncul sebagai tambahan yang signifikan pada sistem keuangan global, dengan karakteristik yang berguna baik bagi individu maupun institusi,” kata Saylor, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (15/8/2023).

Dia juga menggambarkan kripto terbesar di dunia sebagai penyimpan nilai yang dapat diandalkan dan aset investasi yang menarik dengan potensi apresiasi jangka panjang daripada memegang uang tunai.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Bitcoin Capai Level Tertinggi Sepekan Usai MicroStrategy Umumkan Bakal Koleksi Lebih Banyak BTC

Kripto atau Crypto. Foto: Unsplash/Traxer
Kripto atau Crypto. Foto: Unsplash/Traxer

Sebelumnya, Bitcoin (BTC) mencapai level tertinggi satu minggu di level USD 29.700 pada hari Selasa, setelah perusahaan perangkat lunak (software) AS MicroStrategy mengisyaratkan niat untuk menambah kepemilikan BTC secara signifikan.

MicroStrategy mengumumkan melalui pengajuan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (Securities and Exchange Commission/SEC) bahwa mereka berencana untuk menjual saham senilai USD 750 juta, beberapa dari hasilnya akan digunakan untuk membeli lebih banyak bitcoin.

Pada 27 Juni lalu, MicroStrategy memiliki 152.333 BTC atau sekitar 0,0078 persen dari keseluruhan pasokan cryptocurrency saat ini yang tercatat sekitar 19,44 juta token.

MicroStrategy pertama kali mengoleksi bitcoin pada Agustus 2020 dan telah menambah kepemilikannya secara berkala sejak saat itu, dengan mantan CEO dan ketua eksekutif saat ini Michael Saylor salah satu pendukung cryptocurrency terbesar dan paling vokal.

Melansir Crypto News, Rabu (2/8/2023), perusahaan perangkat lunak bermaksud untuk menggunakan hasil bersih dari penawaran saham ini untuk tujuan umum perusahaan, termasuk akuisisi bitcoin dan modal kerja.

Jika MicroStrategy memilih untuk mengumpulkan USD 750 juta dan kemudian memilih untuk memasukkan semua ini ke dalam bitcoin, itu akan dapat mengamankan sekitar 25.000 token pada harga pasar saat ini.

Tentu saja, ketika pembeli sebesar ini memasuki pasar, dan dengan sengaja membuat rencana mereka diketahui, mereka cenderung membayar harga yang jauh lebih tinggi. Dan reaksi bitcoin terhadap pengumuman pada hari Selasa menunjukkan bahwa itulah yang akan terjadi.

Pada level saat ini di USD 29.700-an, BTC telah naik lebih dari 4 persen atau USD 1.200 dari posisi terendah Selasa di USD 28.500-an. Secara teknikal menunjukkan lebih banyak keuntungan jangka pendek kemungkinan akan datang.

 


MicroStrategy Untung Tapi Lapor Nilai Kepemilikan Bitcoin Turun USD 24 Juta

Koin Kripto atau Crypto. Disimak harga kripto hari ini.
Koin Kripto atau Crypto. Disimak harga kripto hari ini.

Sebelumnya, Perusahaan intelijen bisnis MicroStrategy, salah satu pemegang institusional Bitcoin terbesar di AS, melaporkan biaya penurunan nilai sebesar USD 24,1 juta pada kepemilikan crypto. Meski masih pada jalur meraih profitabilitas.

MicroStrategy mengatakan dalam laporan pendapatan kuartal kedua 2023 bahwa mereka membeli lebih banyak Bitcoin di bulan Juli.

Perusahaan terbesar yang diperdagangkan secara publik dengan Bitcoin di neraca sekarang mengatakan memiliki 152.800 koin bernilai sekitar USD 4,4 miliar.

Melansir yahoo finance, Rabu (2/8/2023), biaya penurunan nilai mengacu pada hilangnya nilai aset dalam hal ini, aset digital yang dipegang oleh perusahaan. Harga Bitcoin saat ini turun dibandingkan dengan harga rata-rata yang awalnya dibayarkan perusahaan perangkat lunak per koin, yang mengakibatkan kerugian.

Namun, perusahaan berhasil meraih laba bersih USD 22,2 juta di kuartal kedua tahun ini, dibandingkan dengan kerugian hampir USD 1,1 miliar selama periode yang sama pada 2022.

Pada kuartal yang sama tahun lalu, MicroStrategy telah membukukan biaya penurunan nilai pada kepemilikan Bitcoin hampir USD 1 miliar.

Dalam laporan pendapatan terbaru perusahaan, Chief Financial Officer MicroStrategy Andrew Kang mengatakan perusahaan terus membeli aset "dengan latar belakang yang menjanjikan dari meningkatnya minat institusional, kemajuan transparansi akuntansi, dan kejelasan peraturan yang sedang berlangsung untuk Bitcoin."

Pendiri dan ketuanya Michael Saylor mulai membeli cryptocurrency pada Agustus 2020. Dia mengklaim bahwa aset tersebut merupakan lindung nilai yang baik terhadap inflasi dan akan mendapatkan pengembalian terbaik bagi pemegang saham.

Sejauh ini, ]saham MicroStrategy—MSTR di Nasdaq—naik 197% sejak pembelian Bitcoin pertama. Harga cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar juga telah meningkat 156% sejak saat itu, dari USD 11.398 per koin menjadi USD 29.238 hari ini.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya