Raksasa Investasi BlackRock Tegaskan Pentingnya Halving Bitcoin

Blackrock, raksasa investasi menyatakan, jumlah bitcoin akan berkurang usai halving bitcoin.

oleh Tira Santia diperbarui 21 Apr 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 21 Apr 2024, 08:30 WIB
Raksasa Investasi BlackRock Tegaskan Pentingnya Halving Bitcoin(Foto: Unsplash/Aleksi Raisa)
Blackrock, raksasa investasi yang mengelola dana sebesar USD 10,5 triliun, telah merilis video dan postingan blog yang menjelaskan pentingnya halving Bitcoin. (Foto: Unsplash/Aleksi Raisa)

Liputan6.com, Jakarta - Blackrock, raksasa investasi yang mengelola dana sebesar USD 10,5 triliun, telah merilis video dan postingan blog yang menjelaskan pentingnya halving Bitcoin.

Blackrock meluncurkan dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin spot (ETF), Ishares Bitcoin Trust (IBIT), pada awal Januari setelah Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menyetujui 11 ETF bitcoin spot.

Dalam postingan blog berjudul “Bitcoin Halving: Apa Itu? Dan mengapa hal itu penting?,” yang diterbitkan pada Selasa, Jay Jacobs, Kepala ETF Tematik dan Aktif Blackrock AS, menjelaskan Halving bitcoin berikutnya diperkirakan terjadi sekitar 20 April 2024.

Dikutip dari Bitcoin.com, Minggu (21/4/2024), setelah ini, jumlah bitcoin yang dibuat dengan setiap blok baru akan turun menjadi 3.125 dari 6.25, dan penerbitan harian akan turun menjadi sekitar 450 bitcoin dari sekitar 900. Proses ini dijadwalkan akan berlanjut hingga bitcoin terakhir ditambang sekitar tahun 2140.

"Salah satu alasan beberapa orang menganggap bitcoin berharga adalah kelangkaannya. Berbeda dengan mata uang fiat yang dapat dicetak sesuai kebijaksanaan pemerintah atau bank sentral, bitcoin tidak dapat dibuat tanpa henti. Faktanya, bitcoin memiliki persediaan terbatas sebesar 21 juta koin," kata Jacobs.

 

Selain mencatat pengurangan separuh Bitcoin, Jacobs menekankan halving ini menggarisbawahi sifat terdesentralisasi dan terprogram Bitcoin, serta ketahanannya terhadap tekanan inflasi yang sering dihadapi mata uang tradisional. Di sisi lain, banyak prediksi telah dibuat mengenai potensi dampak pengurangan separuh Bitcoin terhadap harga BTC.

 


Harga Bitcoin Berpotensi Turun

Ilustrasi bitcoin (Foto: Unsplash/Thought Catalog)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Unsplash/Thought Catalog)

Mantan CEO Bitmex Arthur Hayes, telah memperingatkan, harga mata uang kripto mungkin akan turun setelah halving. Sebaliknya, bursa kripto Bitfinex memperkirakan halving ini akan meningkatkan harga bitcoin menjadi antara USD 150.000 dan USD 169.000.

Sementara itu, analis di bank investasi global JPMorgan menyatakan bahwa dampak dari halving sudah diperhitungkan dan memperingatkan akan adanya risiko penurunan di pasar kripto. Sementara, pendiri Skybridge Capital, Anthony Scaramucci, berpendapat bahwa pasar belum memperhitungkan halving tersebut, dan menyatakan bahwa bitcoin masih memiliki “lebih banyak” keuntungan. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Halving Bitcoin Diprediksi 20 April 2024, Ini Komentar JPMorgan dan Deutsche Bank

Ilustrasi bitcoin (Foto: Visual Stories/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Visual Stories/Unsplash)

Sebelumnya, Bitcoin Halving diperkirakan terjadi sekitar 1 hari lagi atau pada 20 April 2024. Menjelang momen Halving ini, dua perusahaan perbankan global JPMorgan dan Deutsche Bank memberikan pendapat.

Analis JPMorgan dalam sebuah catatan pada Kamis mengatakan daripada pada harga token, dampak utama Halving adalah pada penambangan Bitcoin. 

Analis tersebut menjelaskan, ketika para penambang yang tidak menghasilkan keuntungan keluar dari jaringan Bitcoin, mereka memperkirakan sektor ini akan berkonsolidasi, dan perusahaan-perusahaan publik berada pada posisi terbaik untuk mendapatkan pangsa pasar.

“Penambang Bitcoin yang terdaftar secara publik memiliki posisi yang baik untuk memanfaatkan lingkungan baru, terutama karena akses yang lebih besar terhadap pendanaan dan khususnya pembiayaan ekuitas,” tulis analis JPMorgan, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (19/4/2024).

Demikian pula, analis Deutsche Bank tidak memperkirakan harga Bitcoin akan meningkat secara signifikan setelah halving. Karena algoritma Bitcoin telah mengantisipasi halving, kejadian ini sudah diperhitungkan di pasar.

Peristiwa tersebut mengurangi apa yang disebut imbalan penambangan, yaitu jumlah tetap Bitcoin yang dilepaskan dari jaringan untuk memberi kompensasi kepada penambang karena memvalidasi transaksinya, hingga setengahnya setiap empat tahun. 

Analis Deutsche Bank menjelaskan, di masa lalu, setelah Bitcoin Halving, hashrate ukuran total kapasitas penambangan dalam industri umumnya turun karena beberapa penambang diberi harga keluar dari pasar.

“Berpartisipasi dalam proses menebak hash dan menambahkan blok ke blockchain menjadi kurang menguntungkan karena imbalan penambangan menurun," ujar dia.

Meskipun tidak memperkirakan fluktuasi harga yang drastis, Deutsche Bank masih memperkirakan harga Bitcoin akan tetap tinggi di tengah ekspektasi persetujuan spot Ethereum ETF, penurunan suku bunga bank sentral, dan perubahan peraturan.

 

 


Daftar Negara Pemegang Kripto Terbanyak, Siapa Saja?

Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Sebelumnya, data terbaru dari Arkham Intelligence mengungkapkan beberapa pemerintah negara yang memegang kripto terbanyak di dunia. Data terbaru ini dibagikan Arkham melalui media sosial X.

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (18/4/2024), Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman termasuk di antara negara-negara teratas yang memegang mata uang kripto di tingkat pemerintah. 

Data perusahaan analitik menunjukkan pemerintah AS sebagai pemegang kripto teratas, memiliki simpanan melebihi 212.847 Bitcoin di samping beberapa mata uang kripto lainnya, termasuk ether (ETH). 

Di belakangnya adalah pemerintah Inggris dengan 61.245 BTC dan pemerintah Jerman dengan 49.859 BTC. Sementara itu, data Arkham menunjukkan 5.719 BTC untuk El Salvador.

Meskipun aktivitas kripto pemerintah AS baru-baru ini terjadi awal bulan ini, BTC pemerintah AS belum bergerak sejak Juli 2021 dan transaksi terakhir di Jerman terjadi pada Januari tahun ini, menurut data Arkham. 

l Salvador menonjol dengan strategi pembelian berkelanjutan, menambahkan satu BTC ke kas negara setiap hari. Presiden Salvador Nayib Bukele mengkonfirmasi pada bulan Maret negaranya akan terus membeli satu bitcoin setiap hari sampai BTC “menjadi tidak terjangkau” dengan mata uang fiat.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya