Hadapi Inflasi, Venezuela Usul Pembentukan Cadangan Bitcoin Negara

Pemimpin Oposisi Venezuela, Maria Corina Machado melihat bitcoin sebagai bagian dari cadangan nasional.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 09 Sep 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2024, 12:00 WIB
Hadapi Inflasi, Venezuela Usul Pembentukan Cadangan Bitcoin Negara
Pemimpin Oposisi Venezuela, Maria Corina Machado usulkan rencana pembentukan cadangan bitcoin untuk negara tersebut. (Foto: Jievani Weerasinghe/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin Oposisi Venezuela, Maria Corina Machado usulkan rencana pembentukan cadangan bitcoin untuk negara tersebut. 

Dalam wawancara baru-baru ini Machado menyoroti proses degeneratif yang dialami ekonomi Venezuela, menghadapi hiperinflasi dan devaluasi mata uang yang telah menyebabkan mata uang fiat nasional kehilangan 14 angka nol dari keuntungannya.

Dalam konteks ini, Machado menghargai peluang yang dibawa bitcoin bagi warga Venezuela, dengan menyatakan karena sifatnya yang istimewa, bitcoin berfungsi sebagai penyelamat bagi sebagian orang, berguna untuk melindungi kekayaan mereka dan membiayai keberangkatan mereka dari negara tersebut.

"Kami membayangkan bitcoin sebagai bagian dari cadangan nasional kami yang membantu membangun kembali apa yang dicuri oleh kediktatoran,” kata Machado, dilansir dari Bitcoin.com, Senin (9/9/2024). 

Machado, yang menekankan organisasi mereka tidak dapat dibankkan, memulai kampanye untuk Yayasan Hak Asasi Manusia yang akan menerima sumbangan untuk mendukung upaya damai mereka di lapangan guna memperoleh pengakuan atas kemenangan mereka. 

Kampanye tersebut, yang ditayangkan langsung di portal web Yayasan Hak Asasi Manusia, menyatakan 100 persen dari semua dana akan langsung diberikan kepada para pekerja di lapangan di Venezuela dengan cara yang tidak dapat dihentikan oleh kediktatoran.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga Bitcoin Berpotensi Anjlok 20% Jika The Fed Pangkas Suku Bunga

Ilustrasi bitcoin (Foto: Unsplash/Aleksi Raisa)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Unsplash/Aleksi Raisa)

Sebelumnya, analis bitcoin di Bitfinex mengungkapkan jika The Fed memangkas suku bunga untuk pertama kalinya dalam empat tahun akhir bulan ini, harga Bitcoin berpotensi turun hingga 20 persen.

"Hal ini karena korelasi positif dengan kelas aset tradisional, seperti ekuitas AS, menunjukkan bahwa kondisi ekonomi global akan terus memengaruhi harga bitcoin untuk saat ini," kata analis Bitfinex, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (4/9/2024). 

Analis tersebut menjelaskan ada berbagai faktor yang menyebabkan perubahan harga bitcoin, mulai dari tanda-tanda inflasi yang mereda, sinyal pasar kerja yang melemah, dan pernyataan bulan lalu dari ketua Federal Reserve Jerome Powell tentang pemangkasan yang akan datang. 

Meskipun bitcoin biasanya berkinerja buruk pada September, analis Bitfinex menggarisbawahi hasil negatif tidak dijamin dan momentum harga positif masih mungkin terjadi.

“September secara tradisional merupakan bulan yang bergejolak bagi bitcoin, dengan pengembalian rata-rata 4,78 persen dan penurunan puncak-ke-palung yang khas sebesar 24,6 persen,” jelas analis Bitfinex.

Analis tersebut menambahkan, volatilitas ini sering dikaitkan dengan kelesuan perdagangan akhir musim panas, karena manajer dana kembali dari liburan dan aktivitas perdagangan yang digerakkan manusia meningkat. 

Pemangkasan suku bunga yang diantisipasi pada September menambah lapisan kompleksitas lain, yang berpotensi memperburuk volatilitas pasar.

“Tindakan harga historis untuk bulan September ini juga sejalan dengan pandangan kami tentang proyeksi penurunan harga bitcoin sebesar 20 persen setelah pemangkasan suku bunga,” pungkasnya.

Namun, perlu dicatat tren historis juga menunjukkan ketika Agustus berakhir di zona merah, September terkadang menentang ekspektasi dan memberikan pengembalian positif.

 

 


Bitcoin Catat Tren yang Lesu di Google, Ada Apa?

Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

Sebelumnya, ketika harga Bitcoin (BTC) merosot di bawah USD 60.000 pada awal September 2024, perhatian terhadap bitcoin tampaknya ikut meredup, sebagaimana tercermin dari data Google Trends.

Mengutip News.bitcoin.com, Selasa (3/9/2024) pada 1 Januari 2024, pencarian Bitcoin berjalan lancar dengan skor 57 dari 100. Tetapi sekarang, skornya turun menjadi 32. Meskipun Bitcoin mungkin masih mengikuti siklus pasar bullish, antusiasme ritel tampaknya mulai menurun.

Melihat statistik tahun berjalan (Year to Date/YTD) di seluruh dunia, pencarian Bitcoin di Google pekan ini mendapat skor 32 dari 100. Angka itu menandai penurunan 43,85% dari posisinya pada minggu pertama 2024.

Selama periode 3-9 Maret 2024, ketika harga BTC mencapai titik tertinggi sepanjang masa di atas USD 73.000, pencarian Bitcoin mencapai skor sempurna 100.

Menurut data YTD di Google Trends (GT), El Salvador menjadi negara dengan minat pencarian tertinggi untuk Bitcoin, dengan Nigeria, Swiss, Austria, dan Belanda mengikuti setelahnya.

Meskipun metrik YTD agak positif, pandangan lima tahun yang lebih luas di seluruh dunia, menurut metrik Google Trends, jauh kurang mengesankan.

Misalnya, selama lima tahun terakhir, terakhir kali minat mencapai angka sempurna 100 adalah selama minggu pada periode 16-22 Mei 2021.

Penurunan minat pencarian, meskipun pasar Bitcoin dianggap terus menguat, menunjukkan adanya pergeseran persepsi publik. Sementara negara-negara tertentu mempertahankan rasa ingin tahu yang kuat, minat yang lebih luas dan memudar dapat mengindikasikan pasar yang semakin matang atau perlunya katalis baru untuk menyalakan kembali antusiasme yang meluas.

Kelesuan perhatian ini dapat menjadi pertanda keterlibatan yang lebih terkendali dari para pelaku pasar yang bergerak maju.


Pendapatan Penambang Bitcoin Cetak Rekor Terendah, Sudah Tak Laku?

Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

Sebelumnya, penambang Bitcoin (BTC) baru saja mencatat bulan dengan pendapatan terendah sejak September 2023, karena jumlah koin yang ditambang turun pada Agustus 2024.

Mengutip Coindesk, Selasa (3/9/2024) data Bitbo menunjukkan bahwa pendapatan penambang mencapai USD 827,56 juta (Rp.12,8 triliun) pada Agustus 2024, turun lebih dari 10,5% dari USD 927,35 juta (Rp 14,4 triliun) pada bulan Juli, tetapi naik 5% dari Agustus 2023.

Angka pendapatan penambang di bulan Agustus juga menandai penurunan 57% dari puncaknya pada Maret 2024 yang hanya di bawah USD 1,93 miliar, bulan yang sama ketika Bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa lebih dari USD 73.500 pada tanggal 13 Maret.

Ini adalah bulan pendapatan terburuk bagi penambang Bitcoin sejak September 2023, ketika mereka memperoleh USD 727,79 juta (Rp 11,3 triliun). Bitcoin bertahan di sekitar USD 25.000 sepanjang bulan.

Namun, harganya telah lebih dari dua kali lipat sejak saat itu hingga diperdagangkan pada USD 57.315 (Rp.892,4 juta) pada saat penulisan.

Sementara itu, jumlah Bitcoin yang ditambang juga sedikit menurun dari sekitar 14.725 BTC yang ditambang pada bulan Juli menjadi 13.843 BTC pada Agustus 2024.

 


Penyebab Penurunan

Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

Penurunan pendapatan terjadi karena para penambang tertekan oleh turunnya volume transaksi dan peningkatan kesulitan menambang Bitcoin, yang meningkat setelah pengurangan pada bulan April memangkas hadiah blok sebesar 50% menjadi 3,125 BTC.

Biaya rata-rata yang membentuk persentase hadiah blok adalah 2% selama bulan Agustus, dan rata-rata transaksi harian yang dikonfirmasi selama 30 hari mencapai puncak tahun ini pada 31 Juli 2024 sebesar hampir 631.648 sebelum kembali ke 594.871 pada 31 Agustus 2024, menurut data Bitbo dan Blockchain.com.

Tingkat kesulitan penambangan juga terus meningkat, mencapai puncak sepanjang masa sebesar 89,47 triliun pada bulan Agustus, naik dari 86,87 triliun pada bulan Juli 2024.

Meningkatnya kesulitan dan berkurangnya keuntungan dalam penambangan Bitcoin telah menyebabkan beberapa penambang beralih memberikan daya komputasi kepada Kecerdasan Buatan, dengan beberapa transaksi menghasilkan keuntungan miliaran dolar bagi penambang.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya