Andrew Self, Remaja Down Syndrome yang Pandai Menari

Andrew Self berhasil memukau penonton dalam acara The Greatest Dancer.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 21 Des 2019, 09:00 WIB
Diterbitkan 21 Des 2019, 09:00 WIB
Andrew Self
foto: Instagram andrewdancer97

Liputan6.com, Jakarta Down syndrome bukan halangan bagi Andrew Self untuk mengikuti kompetisi menari "The Greatest Dancer". Remaja berusia 21 tahun ini mengikuti Kompetisi yang tayang di BBC dan diprosuksi oleh Simon Cowell.

Andrew menampilkan tarian original lagu "Sunshine in My Pocket" dari Justin Timberlake dalam sebuah klip pendek untuk BBC. Andrew mengaku belajar menari sendiri dan lebih menyukai tari kontemporer, balet, dan dansa.

"Memiliki down syndrome tidak menghentikanku untuk berbuat apa pun," kata Andrew seperti dikutip dari The Mighty.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Senang Menari Sejak Usia 11

Menurut ibunya, Andrew memiliki hobi menari sejak berusia 11 tahun. Sejak saat itu, menari memberikan rasa percaya diri pada Andrew. Penampilan Andrew dilengkapi dengan split dan berhasil menarik perhatian para penonton dan mendorong Andrew masuk ke babak “call back”.

Di babak itu, Andrew harus dipilih oleh salah satu dari tiga kapten yaitu Otlile Mabuse, Matthew Morrison, dan Cheryl agar dapat masuk ke babak “live performance”. Sedang, setiap kapten hanya bisa memilih tiga penari terbaik.


Panutan bagi Bocah Down Syndrome Lain

Andrew berhasil memukau penonton dengan penampilannya. Jordan Banjo, pembawa acara dalam kompetisi tersebut menulis pujian untuk Andrew di twitternya.

"Andrew, kamu adalah legenda, terima kasih untuk audisi yang indah itu! Itu lah yang disebut dengan menari," tulis Jordan.

Seorang ibu yang juga memiliki anak dengan down syndrome, Bex Fyans, menyebut Andrew adalah role model bagi anaknya Shabby.

"Shabby yang berumur 5 tahun juga memiliki down syndrome. Suka menonton dan ikut menari bersama Andrew yang begitu berbakat, ia tak henti-henti menonton sepanjang pagi, role model di sana!" tulis Bex.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya