Studi Ungkap Infeksi COVID-19 Ringan Picu Gangguan Pendengaran Mendadak

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa orang yang menderita infeksi COVID-19 ringan bisa berisiko kehilangan pendengaran mendadak atau mengalami gangguan pendengaran.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 19 Apr 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 19 Apr 2023, 18:00 WIB
Petugas Medis Tangani Pasien Virus Corona di Ruang ICU RS Wuhan
Liu Huan (kanan), petugas medis dari Provinsi Jiangsu, memasuki sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Tenaga medis dari seluruh China mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit itu. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa orang yang menderita infeksi COVID-19 ringan bisa berisiko kehilangan pendengaran mendadak atau mengalami gangguan pendengaran.

Dilansir dari Timesonnews, gangguan pendengaran sensorineural mendadak (SSNHL) - juga dikenal sebagai mendadak Tuli - adalah efek samping COVID-19 yang sedikit diketahui dan kurang dipahami yang bahkan tidak terdaftar sebagai gejala umum oleh dokter, kata Kim Gibson, dosen keperawatan di University of South Australia.

Gibson, seorang perawat terdaftar dengan latar belakang klinis dalam perawatan intensif neonatal, mengalami gangguan pendengaran akut di satu telinga, bersamaan dengan vertigo dan tinitus lima minggu setelah mengalami infeksi ringan Covid pada tahun 2022.

Pengalamannya tersebut dipublikasikan dalam British Medical Journal Case Reports.

"Pengalaman saya menunjukkan bahwa bahkan orang yang memiliki infeksi ringan Covid-19 dapat berisiko mengalami efek jangka panjang yang berpotensi permanen dan melemahkan. Perawatan berkualitas tinggi yang berpusat pada orang sangat penting."

Studi sebelumnya telah mengaitkan SSNHL dengan COVID-19, serta potensi efek samping vaksinasi Covid, tetapi buktinya masih terbatas, kata Gibson.

Gibson mengatakan meski bekerja di bidang kesehatan, ia tidak mengetahui COVID-19 menyebabkan gangguan pendengaran.

"Ini adalah pengalaman yang mengejutkan bagi saya yang berdampak signifikan pada kualitas hidup saya selama beberapa bulan karena saya tidak pernah memiliki masalah pendengaran sebelumnya; bahkan infeksi telinga.

“Saya tidak dapat mengendarai mobil saat mengalami vertigo parah. Saya perlu mengurangi beban kerja saya, menegosiasikan jam kerja yang fleksibel dengan majikan saya dan mengambil cuti dari studi. Ini semua karena infeksi COVID-19 ringan.

"Saya khawatir kehilangan pendengaran akan permanen dan saya membutuhkan alat bantu dengar. Sekarang saya merasa sangat gugup tentang infeksi COVID-19 kedua. Bagaimana jika saya mengalami ini lagi, atau bahkan lebih buruk?"

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gangguan Pendengaran di Satu Telinga

Menurut Royal Australian College of General Practitioners, SSNHL terjadi saat Anda kehilangan pendengaran dengan sangat cepat, biasanya hanya di satu telinga.

Itu bisa terjadi secara instan atau dalam rentang beberapa hari. Orang dapat mengalami gangguan pendengaran ringan atau kehilangan pendengaran total dan dapat bersifat sementara atau permanen.

Setelah mengalami gangguan pendengaran mendadak, Gibson dirujuk ke ahli otolaringologi (dokter telinga, hidung, dan tenggorokan, atau THT) yang mengonfirmasi SSNHL.

 


Obat yang Diresepkan

Sepaket prednisolon oral dan betahistine diresepkan, dan pendengaran Gibson perlahan membaik selama beberapa bulan berikutnya, meskipun ia terus mengalami tinitus intermiten.

"Bukti seputar dampak jangka pendek dan panjang COVID-19 dan vaksin masih muncul dan tujuan makalah ini adalah untuk menyoroti efek samping virus yang kurang diketahui," kata Gibson.

"Kami percaya bahwa dokter harus memasukkan gangguan pendengaran mendadak sebagai efek samping potensial dari Covid-19 saat berbicara dengan pasien. Kortikosteroid dosis tinggi adalah pengobatan lini pertama yang direkomendasikan untuk SSNHL dan penting bagi dokter umum untuk segera merujuk pasien ke spesialis sebagai gejala berkembang.

"Gangguan pendengaran dan gejala terkait dapat berdampak signifikan pada kualitas hidup seseorang seperti saya, dan terkait erat dengan kecemasan dan depresi," catatnya.

Sebuah studi tentang gangguan pendengaran selama pandemi menunjukkan bahwa sekitar sepertiga pasien SSNHL positif Covid-19 ketika dirujuk ke audiolog. Studi lain melaporkan peningkatan SSNHL pada tahun 2020 dan 2021, termasuk di antara orang tanpa gejala.

Infografis 3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan Rentan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan Rentan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya