Putri Ariani Menyanyi di Istana Negara, Jokowi: Nggak Kuat Saya, Menjiwai Sekali

Menanggapi suara emas Putri yang menyanyikan lagu berjudul Permata Indah Dunia dan Loneliness, Jokowi pun terpukau. "Nggak kuat saya,"kata Jokowi.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 14 Jun 2023, 16:49 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2023, 16:30 WIB
Putri Ariani diundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/6) (Istimewa)
Putri Ariani diundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/6) (Istimewa)  

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui Putri Ariani di Istana Negara, hari ini, Rabu (14/6/2023). Selain berbincang soal kemampuan menyanyinya di ajang America's Got Talent (AGT) musim ke-18, Putri juga menyanyikan dua lagu ciptaannya di depan Presiden Jokowi.

Menanggapi suara emas Putri Ariani yang menyanyikan lagu berjudul Permata Indah Dunia dan Loneliness, Jokowi pun terpukau. "Nggak kuat saya,"kata Jokowi.

Jokowi pun menjawab perasaannya saat menonton penampilan Putri yang mendapatkan golden buzzer dari salah satu juri AGT, Simon Cowell.

"Waktu Putri nyanyi Loneliness, nggak kuat saya. Sangat menjiwai sekali. Beda kalau (Putri) menyanyikan (lagu) punya orang lain," kata Jokowi.

Rencananya Putri akan melanjutkan perjuangannya di AGT pada Agustus mendatang. Ia meminta dukungan masyarakat Indonesia untuk voting.

"Support Putri ya agar bisa mengharumkan Indonesia di kancah dunia. Dan teman lain semoga bisa mengikuti jejak putri," ucapnya.

Putri Ariani Inspirasi Generasi Muda

Jokowi berpesan, bahwa Putri merupakan salah satu anak muda Indonesia yang menjadi inspirasi. "Nggak penghalang kalau mau memiliki kemauan yang keras, mau bekerja keras. contoh (Putri) generasi muda indonesia ini," ujarnya.

Putri juga memberi pesan bagi anak muda lain untuk tidak memberi batasan akan kemampuan yang dimiliki.

"Ngga ada lagi batasan, kita jangan nunggu kesempatan, ciptakan kesempatan kita sendiri. Ubah insecure jadi bersyukur, kurangi overthinking jadi positif thinking," ujarnya.

 

Sebelumnya, pemilik nama asli Ariani Nisma Putri menjadi trending topic setelah mendapatkan golden buzzer dari juri America's Got Talent Simon Cowell. Ia membuat takjub para juri setelah menyanyikan lagu "Loneliness" ciptaannya sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Momen AGT yang Penuh Haru

Putri Ariani
Putri Ariani bernyanyi di acara pameran UMKM Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023, di RITA Mall Purwokerto, Jawa Tengah, 11 Juni 2023. (dok. Biro Komunikasi Kemenparekraf)

Momen haru itu terjadi usai Putri menyanyikan dua lagu sambil memainkan grand piano di atas panggung audisi AGT 2023.

Awalnya, Putri menyanyikan Loneliness, lagu ciptaannya sendiri. Di penghujung lagu, Simon Cowell naik ke panggung dan memintanya menyanyikan satu lagu lagi.

Setelah itu, ia pun menyanyikan Sorry Seems to Be the Harderst Word yang dipopulerkan Elton John. Kedua lagu tersebut sukses membuat penonton memberikan standing ovation bahkan menitikkan air mata.

Selepas mendapatkan standing ovation dan komentar positif dari para juri, Simon Cowell tanpa ragu memberinya jatah satu golden buzzer-nya kepada Putri.

"Saya tahu kita semua merasakan hal yang sama. Dia berusia 17 tahun, menulis lagunya sendiri. Dia juga memiliki suara yang sangat khas, dan sangat-sangat bagus," kata Simon disambut riuh tepuk tangan penonton.

"Saya tidak tahu ini akan mengubah impianmu atau tidak. Tapi, ambillah ini," ujar Simon sembari berdiri meraih tombol golden buzzer. Putri pun melompat girang sekaligus menangis haru atas pencapaiannya itu.

Salah satu juri AGT, Heidi Klum juga mengomentari atas pencapaian Putri setelah cuplikan audisi tersebut tayang melalui Twitter. Model asal Jerman itu meyakini jika Putri akan memperoleh Grammy di masa mendatang.

"Sungguh sebuah cerita yang sangat menginspirasi. Sungguh suara yang sangat luar biasa. Saya dapat melihat Grammy di masa depan seorang Putri," tulis Heidi Klum dilengkapi emotikon hati, Rabu (7/6).


Putri Ingin Dipandang dari Prestasinya

Dalam sebuah acara Konekin, Putri mengungkapkan pendapatnya soal media yang kerap memandang disabilitas sebagai kekurangan dan mengambil sisi sedih serta iba. Padahal menurut Putri, ada pula penyandang disabilitas yang memiliki kemampuan dan prestasi.

“Kebanyakan yang diangkat dari disabilitas itu bukan kemampuannya, bukan bagaimana kerennya dia berkarya tapi dari sisi-sisi sedih dan kasihannya,” ujar putri.

Hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan Putri untuk tidak mengunggah kesedihannya tentang disabilitas yang dimiliki di media sosial. Ia lebih suka mengunggah karya-karya sesuai keahliannya.

“Karena Putri ingin dilihat bukan dari rasa kasihan masyarakat, tapi Putri ingin dilihat dan dihargai karena karya-karyanya Putri.”

Lebih jauh lagi, penyanyi lagu tema Asian Para Games 2018 ini tidak ingin membicarakan terkait pengalaman yang tidak mengenakan terkait disabilitasnya. Ia hanya ingin fokus berkarya dan tidak ingin terlalu memikirkan komentar orang lain yang buruk ketika karya tersebut sudah dipublikasikan.

“Prinsip Putri, kalau ingin berkarya ya berkarya saja. Tidak perlu memikirkan nanti kita akan dihargai atau tidak yang penting nothing to lose," pungkasnya.

Infografis Macam-Macam Alat Musik Tradisional
Infografis Macam-Macam Alat Musik Tradisional. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya