Cara Ketahui Seberapa Parah Kerusakan Rambut

Apakah rambut Anda cukup sehat untuk menerima zat kimia dari pewarna rambut?

oleh Annastasia Errine Bunandar diperbarui 06 Nov 2015, 06:15 WIB
Diterbitkan 06 Nov 2015, 06:15 WIB
Playing with Your Hair - Errine
Playing with Your Hair

Liputan6.com, Jakarta Wanita gemar mengubah tampilan gaya rambut, satu yang paling sering adalah mengubah warnanya. Tidak sedikit wanita yang mengganti warna rambutnya tanpa memikirkan dampak yang bisa terjadi pada kesehatan dan kekuatan rambut. Memang tidak ada salahnya jika rambut Anda sesekali terkena zat kimia. Namun paling tidak Anda perlu mengetahui terlebih dahulu kondisi kesehatan rambut sebelum membiarkannya dilapisi dengan zat kimia. Apakah kondisi rambut Anda cukup sehat dan kuat untuk menerima zat kimia tersebut?

Dilansir dari Instyle, Kamis (5/11/2015), berikut cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan rambut.

Langkah 1
Belah sedikit rambut Anda. Belahan ini dibuat mulai dari kulit kepala dan Anda tidak perlu memikirkan rapi tidaknya belahan tersebut, karena test ini akan dilakukan pada batang rambut Anda.

Langkah 2
Pisahkan rambut yang sudah Anda belah sebelumnya. Tarik perlahan batang rambut dari belahan yang Anda buat dan sisir hingga tak ada lagi kusut pada bagian rambut tersebut.

Langkah 3
Ketika sudah terlihat padat, rapi dan halus, teteskan setetes air diatas permukaan bagian rambut tersebut.

Langkah 4
Mulailah berhitung! Jika air yang Anda teteskan diserap oleh rambut dalam waktu kurang dari 10 detik, berarti lapisan terluar batang rambut Anda tidak dalam kondisi yang baik, jadi secara keseluruhan rambut Anda termasuk rambut yang memiliki kerusakan parah.

Jika dari hasil percobaan ini rambut Anda menyerap air kurang dari 10 detik, lebih baik Anda urungkan niat untuk melakukan perubahan gayarambut menggunakan zat kimia. Rawatlah terlebih dahulu rambut Anda agar dapat lebih sehat dan siap untuk diubah penampilannya. (Ern/Ibo)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya