5 Filosofi Batik Tarakan yang Tampil di Festival6

Tarakan menghadirkan batik dengan motif khas yang terinspirasi dari kekayaan alam kotanya.

oleh stella maris pada 10 Jul 2023, 18:17 WIB
Diperbarui 10 Jul 2023, 19:15 WIB
Batik Tarakan
5 Filosofi Batik Tarakan yang Tampil di Festival6/Bambang E. Ros.

Liputan6.com, Jakarta Batik merupakan salah satu karya asli Indonesia yang merupakan lukisan di atas kain. Batik banyak dipakai di banyak daerah di Nusantara, salah satunya batik dari Kota Tarakan. 

Ya, Tarakan menghadirkan batik dengan motif khas yang terinspirasi dari kekayaan alam kotanya. Kali ini, Tarakan menghadirkan lima koleksi batiknya dalam Fashion Show Kota Tarakan di acara Festival6 yang digelar di Senayan Park, Jakarta, Minggu (9/7). 

Dalam fashion show tersebut, Pemerintah Kota Tarakan berkolaborasi dengan desainer kenamaan Tanah Air, Wignyo Rahadi. Adapun lima koleksi batik Tarakan beserta maknanya tersebut adalah: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Batik Coklat

Batik Tarakan
Batik coklat Tarakan motif Piyai Milenial/Bambang E. Ros

Ini adalah batik Tarakan dengan motif Piyai Milenial yang terinspirasi dari tanaman pakis yang tumbuh subur di hutan Tarakan, Kalimantan Utara. Motif batik ini memiliki filosofi yaitu keselarasan dan keharmonisan dalam hidup yang tetap tumbuh subur dalam masyarakat Kalimantan Utara. 


2. Batik Ungu

Batik Tarakan
Batik ungu Tarakan motif Benuanta/Bambang E. Ros.

Motif batik Benuanta ini merupakan penggabungan dari tiga suku yang ada di Kalimantan Utara. Pertama adalah ornamen Dayak Taghol, motif yang biasa dijumpai pada ornamen rumah panjang yang merupakan warisan budaya. Kedua adalah motif bunga raye yang merupakan bunga kebanggaan warga Tidung. Ketiga adalah kombinasi ornamen ukiran pada rumah kesultanan bulungan. 

Dari tiga unsur budaya tersebut terlihat kekayaan yang ada di Kalimantan Utara ini menunjukkan sebuah kebersamaan dan kebersatuan dari seluruh etnik budaya dan suku yang ada di Kalimantan Utara. 


3. Batik Hitam Oranye

Batik Tarakan
Batik hitam oranye Tarakan motif Kekanus/Bambang E. Ros.

Motif Kekanus (gurita)yang menggambarkan Kota Tarakan sebagai daerah pesisir yang kaya dengan hasil laut dan menjadi produk andalan daerah. Filosofi gurita berarti banyak kehidupan yang dirangkul menjadi satu kesatuan yang utuh. 


4. Batik Hitam

Batik Tarakan
Batik hitam motif Utok Gayang/Bambang E. Ros

Jika dilihat dari historisnya, para petani suku Tidung mengukir kepala parang sebagai simbol kesiapan bertani. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kecintaan terhadap budaya nenek moyang mereka. Motif Utok Gayang ini sekaligus menyimbolkan kekuatan kebersamaan, dan keluhuran dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari. 


5. Batik Hitam Abu-abu

Batik Tarakan
Batik hitam abu-abu motif Nawok Siam/Bambang E. Ros.

Motif Nawok Siam menandakan nenek moyang Suku Tidung yang menjadi pelaut andal, dalam menghadapi kehidupan di laut. Nawok Siam menyimbolkan bahwa kehidupan itu pasang surut dalam hal mencari rezeki. 

Dalam parade batik Tarakan ini, selain lima model tersebut, Wali Kota Tarakan Khairul dan Ketua Dekranasda Kota Tarakan Siti Rujiah Khairul juga menggunakan kain batik lukis menggunakan canting tulis.

Batik Tarakan
Wali Kota Tarakan Khairul dan Ketua Dekranasda Kota Tarakan Siti Rujiah Khairul juga menggunakan kain batik lukis menggunakan canting tulis/Bambang E. Ros

Batik dengan tema gelombang budaya Paguntaka yang menggambarkan kehidupan sosial budaya yang ada di bumi Paguntaka yaitu di Tarakan. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Tarakan harus menghadapi banyak tantangan, mulai dari sosial, ekonomi, dan budaya yang menjadikan warga Tarakan semakin mandiri. 

Wignyo Rahadi
Wignyo Rahadi, desainer kenamaan Tanah Air yang berkolaborasi dengan Pemkot Tarakan/Bambang E. Ros.

Di kesempatan terpisah, Wignyo mengatakan adanya kolaborasi dengan Tarakan adalah salah satu hal yang baik untuk dilakukan. Menurutnya, kolaborasi tersebut baik dijalin secara rutin dan berkelanjutan. 

"Meski tujuannya branding yaitu memperkenalkan produk dan program daerah, namun tanpa disadari juga akan banyak orang yang penasaran dengan Tarakan," kata Wignyo. 

Untuk informasi, koleksi batik Tarakan yang berkolaborasi dengan Wignyo di panggung Festival6, tersedia dalam bentuk pakaian jadi alias ready to wear di Tenun Gaya by Wignyo, di Jalan Cipete Raya. Untuk kain Tarakan, bisa didapatkan langsung dari Kota Tarakan. 

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya