Brasil Tuding China Tak Transparan Soal Penggunaan Vaksin COVID-19 Secara Darurat

Brasil menyatakan bahwa China tidak transparan mengenai penggunaan vaksin COVID-19 secara darurat.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 15 Des 2020, 14:33 WIB
Diterbitkan 15 Des 2020, 14:33 WIB
ilustrasi vaksin
ilustrasi vaksin. Photo by Daniel Schludi on Unsplash

Liputan6.com, Sao Paulo - Regulator kesehatan Brasil Anvisa mengatakan pada Senin (14/12/2020) bahwa otoritas kesehatan China tidak transparan terkait izin penggunaan darurat vaksin COVID-19. Hal ini kemudian menjadi sebuah pernyataan yang selanjutnya dapat mengobarkan ketegangan politik di negara Amerika Selatan tersebut.

Mengutip Channel News Asia, Selasa (15/12/2020), Presiden Brasil Jair Bolsonaro, seorang kritikus yang konsisten terhadap China, telah berulang kali meragukan vaksin CoronaVac yang dikembangkan oleh China Sinovac, dengan mengatakan "asal muasal" membuatnya tidak dapat dipercaya.

Di Sao Paulo, negara bagian terpadat di Brasil, pihak berwenang telah mempertaruhkan vaksin itu, dengan Gubernur Joao Doria yang selama ini menjadi musuh Bolsonaro, mengatakan negara bagian itu diperkirakan akan mulai memvaksinasi penduduknya pada Januari mendatang. 

Sao Paulo tidak akan dapat mulai menggunakan vaksin Sinovac sampai disetujui oleh Anvisa. Sementara regulator kesehatan telah lama bersikap apolitis, Bolsonaro telah menunjuk sekutu untuk itu dalam beberapa bulan terakhir, memicu kekhawatiran di kalangan profesional kesehatan bahwa keputusannya mungkin dipengaruhi oleh pertimbangan politik.

"Brasil adalah pemimpin internasional dalam proses evaluasi CoronaVac," kata Anvisa dalam pernyataan di situsnya.

"Vaksin tersebut telah memiliki otorisasi penggunaan darurat di China sejak Juni tahun ini. Kriteria China untuk pemberian otorisasi penggunaan darurat tidak transparan, dan tidak ada informasi yang tersedia tentang kriteria yang saat ini digunakan oleh otoritas China untuk membuat keputusan ini."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Penggunaan Vaksin Sinovac

Sampel vaksin COVID-19 nonaktif di Sinovac Biotech Ltd. Beijing, China. (Xinhua/Zhang Yuwei)
Sampel vaksin COVID-19 nonaktif di Sinovac Biotech Ltd. Beijing, China. (Xinhua/Zhang Yuwei)

Setidaknya puluhan ribu orang telah menggunakan vaksin Sinovac dalam program penggunaan darurat China, yang secara resmi diluncurkan pada Juli dan menargetkan kelompok terbatas orang-orang berisiko tinggi. Dua kandidat yang dikembangkan oleh unit Sinopharm yang didukung negara termasuk dalam program ini.

China sejauh ini belum membuat perincian publik tentang bagaimana menentukan apakah vaksin Virus Corona baru memenuhi syarat untuk penggunaan darurat. Komisi Kesehatan Nasionalnya tidak menanggapi permintaan komentar.

Seorang perwakilan Sinovac telah menolak untuk berkomentar tetapi merujuk pada konferensi pers pada Oktober lalu, di mana seorang pejabat kesehatan mengatakan inokulasi darurat diluncurkan setelah tinjauan yang ketat dan sesuai dengan hukum China dan aturan Organisasi Kesehatan Dunia.

Vaksin ini menunjukkan "pembacaan keamanan dan imunogenisitas yang sangat baik dalam uji klinis Fase 1 dan Fase 2", kata pejabat itu.

Saat ini, CoronaVac sedang menjalani pengujian Tahap 3 di Sao Paulo.

Doria mengatakan sebelumnya pada hari Senin bahwa data kemanjuran akan dirilis pada 23 Desember, delapan hari lebih lambat dari yang direncanakan, untuk memungkinkan ukuran sampel yang lebih besar dan analisis yang lebih lengkap.


Infogravis Vaksin COVID-19:

Infografis Negara Pertama Suntik Vaksin Covid-19, Inggris atau China? (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Negara Pertama Suntik Vaksin Covid-19, Inggris atau China? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya