Riset: Pasien COVID-19 yang Minim Olahraga Punya Risiko Kematian Tinggi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Kaiser Permanente Medical Center di California, AS telah menemukan bahwa pasien COVID-19 yang menjalani gaya hidup minim aktifitas fisik memiliki risiko mortalitas tinggi.

oleh Hariz Barak diperbarui 18 Apr 2021, 08:02 WIB
Diterbitkan 18 Apr 2021, 08:02 WIB
Ilustrasi Stop Covid-19 (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)
Ilustrasi Stop Covid-19 (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Kaiser Permanente Medical Center di California, AS telah menemukan bahwa pasien COVID-19 yang menjalani gaya hidup minim aktifitas fisik memiliki risiko mortalitas tinggi.

Studi ini - yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine - menyatakan bahwa di antara pasien COVID-19, ada hubungan antara kurangnya olahraga dan gejala yang lebih parah, yang juga diterjemahkan ke risiko kematian yang lebih tinggi.

Untuk penelitian ini, para peneliti secara ekstensif memeriksa lebih dari 48.000 individu yang telah terinfeksi virus antara Januari dan Oktober 2020, dan memisahkan mereka ke dalam kategori yang berbeda.

Usia rata-rata di antara peserta adalah 47, dengan sekitar 60 persen dari mereka adalah perempuan. Indeks massa tubuh rata-rata (IMT) peserta tercatat 31, hanya sedikit di atas penanda untuk obesitas.

Sekitar setengah dari subjek tidak memiliki kondisi yang mendasari seperti diabetes, kanker, penyakit jantung atau penyakit paru-paru kronis, 20 persen melaporkan setidaknya satu kondisi, dan sekitar 30 persen mengklaim memiliki dua atau lebih kondisi.

Tim peneliti juga memastikan bahwa semua peserta telah melaporkan tingkat aktivitas fisik mereka setidaknya tiga kali antara Maret 2018 dan Maret 2020 di klinik rawat jalan, dan kemudian melanjutkan untuk melabeli mereka berdasarkan tingkat yang dilaporkan.

Tim mendefinisikan individu yang "secara konsisten tidak aktif" (15 persen) melakukan di bawah 10 menit latihan per minggu.

Individu yang dicap memiliki "beberapa aktivitas" (hampir 80 persen) didefinisikan sebagai melakukan antara 11 hingga 149 menit latihan per minggu, dan mereka yang diberi label "pedoman rapat secara konsisten" (tujuh persen) mendapat setidaknya 150 menit latihan setiap tujuh hari.

Simak video pilihan berikut:


Risiko yang Jauh Lebih Tinggi

Kasus Positif Covid-19 di Batam Naik Lagi, Bagaimana Rencana Pembukaan TCA dengan Singapura?
Ilustrasi Batam. (dok. Biro Humas dan Komunikasi Publik Kemenparekraf)

Selama penelitian, tim menemukan bahwa dibandingkan dengan mereka yang dilabeli sebagai "konsisten aktif", mereka yang telah diberi label "secara konsisten tidak aktif" selama setidaknya dua tahun sebelum dimulainya pandemi dua kali lebih mungkin dirawat di rumah sakit, memiliki peluang 73 persen lebih tinggi untuk membutuhkan perawatan intensif, dan sekitar 2,5 kali lebih mungkin meninggal karena infeksi.

Selain itu, ditemukan bahwa kebiasaan minim aktifitas pada pasien usia tua dan riwayat transplantasi organ sebagai faktor risiko tertinggi untuk mengembangkan gejala COVID-19 yang parah.

Menariknya, ketika kontras dengan faktor risiko lain yang dapat dimodifikasi seperti merokok, obesitas, atau tekanan darah tinggi, penulis masih menyimpulkan bahwa "ketidakaktifan fisik adalah faktor risiko terkuat di semua hasil".

Meskipun tidak ada hubungan konkret yang mengatakan kebiasaan minim aktifitas fisik adalah penyebab langsung untuk risiko fatalitas yang lebih tinggi pada pasien COVID-19, ada kasus yang kuat yang harus dibuat untuk aktivitas fisik sebagai dasar untuk respons kekebalan yang lebih kuat dan berkurangnya tingkat peradangan dalam tubuh - katalis utama untuk infeksi COVID-19.

Tim memang mencatat bahwa bahkan dalam keadaan reguler, non-COVID-19, aktivitas fisik secara teratur telah menunjukkan hubungan yang kuat dengan pengurangan infeksi pernapasan virus, dan lebih sedikit gejala jika infeksi masih terjadi.

Ini semua hanya berarti bahwa itu akan melayani hampir semua orang untuk mempraktikkan gaya hidup yang lebih banyak aktivitas fisik, bahkan jika penambahan seperti itu bertahap.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya