Pakar: Rusia Butuh 400 Ribu Pasukan untuk Serang Ukraina

Butuh 400 ribu pasukan Rusia di perbatasan untuk menggempur Ukraina.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 15 Feb 2022, 15:58 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2022, 15:30 WIB
FOTO: Rusia - Belarusia Gelar Latihan Militer Bersama
Helikopter militer menembakkan senjata saat terbang di atas tempat pelatihan Gozhsky dalam latihan militer Union Courage-2022 Rusia-Belarusia di Belarusia. Rusia dengan tegas menyangkal bahwa mereka bermaksud untuk melancarkan serangan terhadap Ukraina. (Vadzim Yakubionak, BelTA via AP)

Liputan6.com, Kyiv - Mantan menteri pertahanan Ukraina,  Andriy Zagorodnyuk, menyatakan bahwa Rusia membutuhkan 400 ribu pasukan di perbatasan negara jika ingin melancarkan invasi ke Ukraina.

Pada akhir 2021, Rusia sempat mengirim 100 ribu pasukan dengan alasan latihan, namun ditarik mundur. Akan tetapi, belakangan ini Presiden Rusia Vladimir Putin kembali mengirim pasukan. 

Zagorondyuk berkata Ukraina sudah memiliki kesiapan ketimbang 2014 ketika Rusia mencaplok Semenanjung Krimea dari negaranya. 

"Setiap batalion memiliki pengalaman bertarung," ujar Zagorodnyuk seperti dikutip euronews, Selasa (15/2/2022).

"Secara psikologis, angkatan bersenjata telah lebih kuat karena mereka telah hidup dengan pemahaman bahwa mereka telah berperang selama delapan tahun," lanjut Zagorodnyuk yang kini menjabat sebagai ketua Centre for Defence Strategies di Ukraina.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tantangan Bagi Rusia

FOTO: Aksi Lansia Ukraina Latihan Menggunakan Senjata
Seorang anak muda mengacungkan senjata selama latihan dasar perang untuk warga sipil, oleh Unit Pasukan Khusus Azov, dari Garda Nasional Ukraina, di Mariupol, wilayah Donetsk, Minggu (13/2/2022). Mereka disiapkan untuk bisa bertahan di tengah kekhawatiran akan invasi Rusia (AP Photo/Vadim Ghirda)

Lebih lanjut, mantan menhan Ukraina tersebut menyatakan Rusia akan kesulitan mempertahankan Ukraina bila lanjut menyerang.

Rusia bisa saja menerobos masuk, tetapi mempertahankan wilayah merupakan kondisi yang berbeda.

"Masalah bagi Rusia bukanlah tentang maju ke dalam wilayah (Ukraina)," kata Zagorodnyuk.

"Melangkah maju adalah satu hal, tetapi terus mempertahankan wilayah adalah hal yang sangat berbeda, dan untuk benar-benar memilikinya, itu tidak mungkin," pungkasnya.

Profesor sejarah Rusia dan Eropa Timur, David Marples, dari Universitas Alberta juga meragukan bahwa Vladimir Putin akan melaksanakan invasi, kecuali bila "sudah benar-benar gila."

"Itu tidak akan membawa keuntungan apapun, melainkan hanya kerugian besar di kedua pihak. Itu (penyerangan) pada akhirnya bisa berhasil, tetapi harganya akan terlalu tinggi," ucap Marples.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya