Arti Kalimat Brazikowasz Sinyom Elikepadidie Ura di Pidato Vladimir Putin

Vladimir Putin mengucapkan ura (Ура). Apa arti kalimat Rusia itu?

oleh Tommy K. Rony diperbarui 07 Mar 2022, 17:17 WIB
Diterbitkan 07 Mar 2022, 17:00 WIB
Vladimir Putin
Vladimir Putin mengendarai kuda di dalam fasilitas pelatihan di Moskow, Rusia, dengan diapit oleh para polisi wanita dari Resimen Polisi Operasional Pertama (1st Operational Police Regiment) pada hari Kamis, 7 Maret 2019. (Mikhail Metzel/TASS)

Liputan6.com, Moskow - Ucapan Presiden Rusia Vladimir Putin sedang viral di kalangan netizen Indonesia. Para netizen terutama kerap mengutip kata "ura" ketika mendukung penjajahan Rusia ke Ukraina di media sosial. 

Kalimat lengkapnya yang viral adalah "Brazikowasz Sinyom Elikepadidie Ura".

Pada tulisan Rusia, yaitu: "С праздником вас,С днем великой победы, Ура."

Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, Senin (7/3/2022), ucapan itu pernah digaungkan Presiden Putin dalam pidatonya di Parade Hari Kemenangan yang digelar di Moskow pada 9 Mei 2021. Hari itu adalah peringatan ketika Rusia mengalahkan Nazi.

Arti kalimat itu: "Selamat hari libur. Selamat Hari Kemenangan. Hore!" 

Ura (Ура) memang berarti hore. Usai Presiden Vladimir Putin mengucapkan hal tersebut, para prajurit turut mengucapkan "ura".

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

Rusia Dilaporkan Rekrut Prajurit Suriah demi Serang Ukraina

Bangunan Pemukiman Warga Kota Kiev Hancur Dihantam Invasi Rusia
Seorang wanita berjalan di depan bangunan yang rusak setelah peluru militer Rusia menghantam di Koshytsa Street, Kiev, Ukraina (25/2/2022). Ledakan di Kiev memicu kekerasan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin menentang peringatan Barat untuk melancarkan invasi darat skala penuh. (AFP/Daniel Leal)

Pejabat-pejabat pemerintah Rusia dilaporkan ingin merekrut prajurit-prajurit Suriah untuk menyerang Ukraina. Suriah dipilih karena prajuritnya punya pengalaman di perang di ranah perkotaan.

Kabar itu diungkap oleh empat pejabat Amerika Serikat (AS) kepada The Wall Street Journal. Sasarannya adalah ibu kota Kiev.

Dilaporkan The Hill, Senin (7/3/2022), para prajurit yang loyal pada Presiden Bashar Al-Assad itu telah bertempur hampir selama satu dekade. Pengalaman mereka dapat berguna bagi pihak Rusia.

Belum diketahui ada berapa prajurit Ukraina yang akan direkrut, akan tetapi beberapa sudah masuk Rusia dan bersiap untuk masuk ke dalam konflik dengan Ukraina.

Rusia juga membela rezim Al-Assad di konflik Suriah.

Pada voting Resolusi PBB terkait invasi terhadap Ukraina, Suriah juga salah satu dari sedikit negara yang menolak mengecam Rusia.


Infografis Invasi Rusia:

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya