Detik-Detik Selebrasi Prematur Aleix Espargaro Berujung Gagal Juara MotoGP Catalunya

Pembalap MotoGP Aleix Espargaró yang berusia 32 tahun berhenti setelah melewati garis pada lap terakhir dan tampak putus asa.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 06 Jun 2022, 12:07 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2022, 12:01 WIB
Foto: Blunder Konyol Aleix Espargaro, Podium Kedua di MotoGP Catalunya Sirna pada Lap Terakhir Lomba
Setelah balapan, Aleix Espargaro pun tertunduk lesu dengan ekspresi penuh penyesalan, bahkan sempat menangis. Sampai-sampai CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, datang ke garasi Aprilia untuk menghibur. (AFP/Pau Barrena)

Liputan6.com, Barcelona - Pembalap MotoGP Spanyol Aleix Espargaro gagal meraih podium di Grand Prix Catalunya setelah mengira balapan sudah selesai satu putaran sebelum berakhir.

Espargaro berada di posisi kedua di belakang pemenang Fabio Quartararo pada Minggu (5/6) ketika ia melewati garis pada putaran kedua hingga terakhir, kemudian melepaskan pedal gas dan mulai melambai kepada para penggemar di Sirkuit Barcelona-Catalunya.

Dia menyadari kesalahannya beberapa tikungan kemudian dan segera kembali ke balapan, finis di posisi kelima.

“Ini kesalahan yang tidak dapat diterima di MotoGP,” kata Espargaro, demikian dikutip dari abc.net.au, Senin (6/6/2022).

"Saya melihat tanda dan lupa bahwa di sini seharusnya tertulis L0 (untuk Lap 0) bukannya L1 (untuk Lap 1) di akhir. Itu sepenuhnya salah saya."

Aleix Espargaro yang berusia 32 tahun berhenti setelah melewati garis pada lap terakhir dan tampak putus asa.

Dia tinggal di sepedanya untuk sementara waktu, dengan kepala tertunduk dan tangannya di helmnya.

Dia langsung pergi ke belakang garasi timnya dan tampak menangis ketika anggota kru dan kerabat mencoba menghiburnya.

Jorge Martin mengambil tempat kedua dan Johann Zarco ketiga untuk menyelesaikan podium.

Espargaro berada di urutan kedua dalam klasemen kejuaraan MotoGP. Dia melihat kesenjangan dengan pemimpin Quartararo meningkat dari delapan poin menjadi 22 poin setelah kesalahannya pada hari Minggu.

“Saya tidak bisa membuat kesalahan ini jika saya ingin memenangkan kejuaraan,” kata Espargaro.

"Saya perlu meminta maaf kepada tim saya. Itu tidak dapat diterima."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fabio Quartararo Juara

Fabio Quartararo
Fabio Quartararo saat memimpin balapan MotoGP Catalunya. (LLUIS GENE / AFP)

Fabio Quartararo merebut podium juara balapan MotoGP Catalunya di Cirkuit de Barcelona-Catalunya, Minggu (5/6/2022) malam WIB. Rider Monster Yamaha itu menyentuh garis finis dengan waktu 40 menit 29.360 detik.

Posisi kedua direbut Jorge Martin. Andalan Pramac Ducati itu lebih lambat 6.473 detik di belakang Quartararo. Sementara posisi ketiga menjadi milik Johann Zarco yang menuntaskan balapan dengan catatan waktu terpaut 8.385 dari posisi pertama.

Sementara itu, Aleix Espargaro yang memulai balapan dari posisi terdepan harus puas finis di peringkat kelima. Jagoan Aprilia Racing itu menyelesaikan balapan di belakang Joan Mir yang menempati posisi keempat.

Dengan kemenangan ini, Quartararo semakin nyaman di puncak klasemen sementara MotoGP 2022. Pembalap asal Prancis itu telah mengantongi 147 poin dari sembilan seri balapan yang sudah dimainkan.

Sedangkan Aleix Espargaro masih menempati urutan kedua dengan 125 poin. Sedangkan Enea Bastianini yang tidak bisa menyelesaikan balapan MotoGP Catalunya 2022 di posisi ketiga dengan 94 poin.

Tetapi, pembalap Gresini Ducati itu sekarang hanya unggul tiga poin atas Johann Zarco yang menempati posisi keempat.


Jalannya Balapan

Foto: Blunder Konyol Aleix Espargaro, Podium Kedua di MotoGP Catalunya Sirna pada Lap Terakhir Lomba
Memulai balapan dari pole postion, Aleix (tengah) disalip oleh pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. Selain itu, ia juga mampu lolos dari kecelakaan horor yang melibatkan Takaaki Nakagami, Alex Rins, dan Francesco Bagnaia di tikungan pertama. (AP/Joan Monfort)

Balapan MotoGP Catalunya di Cirkuit de Barcelona-Catalunya, Minggu (5/6/2022) WIB, berjalan kurang mulus. Tiga pembalap mengalami crash di tikungan pertama saat balapan baru dimulai.

Insiden itu melibatkan pembalap LCR Honda Idemitsu Takaaki Nakagami, Alex Rins dari tim Suzuki Ecstar, dan jagoan Ducati Lenovo Francesco Bagnaia. Crash diakibatkan Nakagami yang kehilangan keseimbangan sehingga motornya mengenai tunggangan Rins dan Bagnaia.

Bahkan, kepala Nakagami sempat membentur sangat keras pada ban belakang Bagnaia. Tak ada tindakan lebih atas insiden yang melibatkan ketiga pembalap tersebut.

Sementara itu, Fabio Quartararo, yang start dari posisi kedua, langsung memimpin jalannya balapan. Pembalap Monster Yamaha itu melaju sendiri meninggalkan para rivalnya.

Persaingan sengit justru terjadi di kelompok kedua balapan yang melibatkan Aleix Espargaro, Jorge Martin, dan Johann Zarco. Espargaro dan Martin terlibat saling salip, sementara Zarco terus membuntuti di belakang.

Empat lap terakhir, Espargaro kembali menyalip Martin untuk merebut posisi kedua. Tetapi, pembalap Spanyol itu kemudian membuat kesalahan besar. Dia sempat memperlambat motornya lantaran mengira balapan sudah selesai.

Blunder Espargaro kemudian dimainfaatkan Martin, Zarco, dan Joan Mir untuk menyalipnya. Rider berusia 32 tahun itu lantas sadar telah membuat kesalahan dan mencoba kembali memacu motornya.

Tetapi, dia akhirnya harus puas finis di posisi kelima. Espargaro tampak terlihat sangat kecewa setelah balapan dengan menundukkan kepalanya pada tangki motor di pinggir sirkuit.


Hasil Balapan

Fabio Quartararo - MotoGP Catalunya 2022 - 5 Juni 2022
Pembalap Yamaha asa Prancis Fabio Quartararo berselebrasi setelah memenangkan MotoGP Catalunya di Circuit Barcelona de Catalunya, Minggu (5/6/2022). (LLUIS GEN / AFP)

Nomor Nama Pembalap Negara Tim Catatan Waktu

1. Fabio Quartararo Prancis Monster Yamaha 40m 29.36s

2. Jorge Martin Spanyol Pramac Ducati +6.473s

3. Johann Zarco Prancis Pramac Ducati +8.385s

4. Joan Mir Spanyol Suzuki Ecstar +11.481s

5. Aleix Espargaro Spanyol Aprilia Racing +14.395s

6. Luca Marini Italia Mooney VR46 Ducati +15.430s

7. Maverick Vinales Spanyol Aprilia Racing +15.975s

8. Brad Binder Rusia Red Bull KTM +21.436s

9. Miguel Oliveira Portugal Red Bull KTM +26.800s

10. Alex Marquez Spanyol LCR Honda +30.460s

MotoGP
Infografis Jadwal MotoGP 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya