Polisi Jepang Akui Pengamanan Kurang sehingga Eks PM Shinzo Abe Tertembak

Polisi Jepang mengakui sistem pengamanan masih kurang sehingga terjadi insiden penembakan terhadap eks PM Shinzo Abe.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 10 Jul 2022, 10:30 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2022, 10:30 WIB
Sebuah mobil jenazah yang diyakini membawa jasad mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meninggalkan rumah sakit di Kashihara, Prefektur Nara, Jepang barat Sabtu, 9 Juli 2022. (Kyodo News melalui AP)
Sebuah mobil jenazah yang diyakini membawa jasad mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meninggalkan rumah sakit di Kashihara, Prefektur Nara, Jepang barat Sabtu, 9 Juli 2022. (Kyodo News melalui AP)

Liputan6.com, Tokyo - Polisi Jepang telah mengakui ada kekurangan dalam keamanan untuk mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yang ditembak mati di kota selatan Nara pada hari Jumat.

"Tidak dapat disangkal bahwa ada masalah dalam keamanan," kata kepala polisi Nara Tomoaki Onizuka.

Seorang pria bersenjata menembaki Abe di acara kampanye politik - aksi kriminal yang sangat mengejutkan Jepang.

Pemilihan hari Minggu untuk majelis tinggi berjalan sesuai rencana.

Pemungutan suara dimulai pukul 07:00 waktu setempat (22:00GMT), hanya dua hari setelah pembunuhan Abe.

Analis menyebutkan bahwa pembunuhannya dapat meningkatkan dukungan untuk Partai Demokrat Liberal (LDP) yang memerintah, di mana Abe adalah tokoh terkemuka dan sangat berpengaruh. 

Pemilihan untuk majelis tinggi parlemen Jepang yang kurang kuat biasanya dilihat sebagai referendum pada pemerintahan saat ini.

Kampanye berlanjut pada hari Sabtu dengan pengamanan yang lebih ketat dari biasanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pelaku Penembakan

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak
Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (tengah) jatuh ke tanah di Nara, Jepang barat, Jumat (8/7/2022). Abe pingsan setelah ditembak di Nara. Beberapa media melaporkan bahwa Shinzo Abe ditembak dari belakang, kemungkinan dengan senapan. (Kyodo News via AP)

Polisi mengatakan tersangka bernama Tetsuya Yamagami (41) menyimpan dendam terhadap "organisasi tertentu".

Media Jepang mengutip sumber yang dekat dengan penyelidikan, yang mengatakan Yamagami percaya Abe terkait dengan kelompok agama yang, menurut dugaan Yamagami, telah menghancurkan ibunya secara finansial.Tersangka telah mengakui menembak Abe dengan senjata rakitan, menurut polisi.

"Hal yang mendesak bagi kami untuk melakukan penyelidikan menyeluruh untuk mengklarifikasi apa yang terjadi," kata kepala polisi Onizuka, tanpa merinci di mana dia melihat kegagalan. 

Dia hampir menangis ketika berbicara kepada wartawan. 

Yamagami mengatakan kepada polisi bahwa dia telah bertugas di angkatan laut Jepang, Pasukan Bela Diri Maritim, selama tiga tahun. Sementara baru-baru ini, dia bekerja di sebuah pabrik di Jepang barat.


Jabatan Abe

PM Jepang Shinzo Abe saat konferensi pers bersama Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih (7/6) (AFP PHOTO)
PM Jepang Shinzo Abe saat konferensi pers bersama Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih (7/6) (AFP PHOTO)

Abe adalah perdana menteri terlama di Jepang dan meninggal dalam usia 67 tahun. Dia berkampanye untuk LDP menjelang pemilihan parlemen majelis tinggi pada hari Minggu.

Perdana Menteri saat ini Fumio Kishida, juga anggota LDP, mengatakan dia "tidak bisa berkata-kata", bersumpah bahwa demokrasi Jepang "tidak akan pernah menyerah pada kekerasan".

Dia mengatakan kampanye pemilihan akan berlanjut pada hari Sabtu dengan keamanan yang diperketat, dengan pemilihan hari Minggu masih akan dilanjutkan.

Kekerasan senjata sangat jarang terjadi di Jepang, di mana senjata api dilarang dan insiden kekerasan politik hampir tidak pernah terdengar.

Polisi sedang menyelidiki mengapa Abe menjadi sasaran dan apakah pembunuhnya bertindak sendiri. 

Abe sedang memberikan pidato atas nama seorang kandidat politik di persimpangan jalan ketika dia ditembak dari belakang. 

Foto menunjukkan tersangka berdiri dekat dengan Abe beberapa saat sebelumnya.

Saksi mata menggambarkan melihat seorang pria membawa senjata besar bergerak dalam jarak beberapa meter dari Abe dan menembak dua kali. 

Mantan perdana menteri itu jatuh ke tanah ketika para saksi mata berteriak kaget dan tidak percaya.


Senjata Api

Pelaku Penembakan Shinzo Abe
Dalam gambar dari sebuah video, Tetsuya Yamagami ditahan di dekat lokasi penembakan di Nara, Jepang barat Jumat, 8 Juli 2022. Shinzo Abe, mantan Perdana Menteri Jepang telah mengalami insiden penembakan di kota barat Nara oleh seorang pria berusia 40-an yang diidentifikasi sebagai Tetsuya Yamagami. (Kyodo News via AP)

Petugas keamanan menukik ke arah pria bersenjata itu, yang tidak berusaha lari.

Senjata rakitan yang membunuh Abe dibuat dengan kasar dari logam dan kayu, dibungkus dengan selotip hitam tebal.

Beberapa senjata buatan tangan dan bahan peledak kemudian ditemukan di rumah tersangka.

Abe terluka di leher dan mengalami pendarahan hebat saat dia diterbangkan ke rumah sakit.

Dia dikatakan sadar dan responsif dalam beberapa menit setelah serangan, tetapi dokter mengatakan tidak ada tanda-tanda vital yang terdeteksi pada saat dia dipindahkan untuk perawatan.

Petugas medis bekerja berjam-jam untuk menyelamatkannya sebelum dia dinyatakan meninggal pada pukul 17:03 waktu setempat (08:03 GMT) pada hari Jumat.


Duka Warga Jepang

Shinzo Abe, Mantan PM Jepang yang Meninggal Usai Ditembak Saat Pidato Kampanye
Dalam file foto pada 24 Agustus 2020, Shinzo Abe yang masih menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang berbicara kepada media setibanya di kantor perdana menteri. Shinzo Abe yang sebelumnya dalam kondisi kritis di rumah sakit usai penembakan saat acara kampanye dilaporkan meninggal dunia, pada Jumat, 8 Juli 2022. (Kazuhiro NOGI / AFP)

Di media sosial Jepang, tagar "Kami menginginkan demokrasi, bukan kekerasan" menjadi trending sepanjang hari Jumat, dengan banyak pengguna mengungkapkan kengerian dan rasa jijik mereka atas insiden tersebut.

Pada tahun 2014, hanya ada enam insiden kematian senjata di Jepang, dibandingkan dengan 33.599 di AS. 

Orang harus menjalani ujian ketat dan tes kesehatan mental untuk membeli senjata. Meski begitu, hanya senapan dan senapan angin yang diperbolehkan.

Abe pertama kali menjabat selama satu tahun pada 2006 dan kemudian lagi dari 2012 hingga 2020 sebelum mengundurkan diri, dengan alasan kesehatan.

Saat menjabat, dia mendorong kebijakan yang lebih tegas tentang pertahanan dan kebijakan luar negeri dan telah lama berusaha untuk mengubah konstitusi pasifis Jepang pascaperang.

Dia juga mendorong kebijakan ekonomi yang kemudian dikenal sebagai "Abenomics" , dibangun di atas pelonggaran moneter, stimulus fiskal dan reformasi struktural. 

Infografis Karier Politik dan Riwayat Kesehatan Shinzo Abe hingga Meninggal Dunia Usai Ditembak. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Karier Politik dan Riwayat Kesehatan Shinzo Abe hingga Meninggal Dunia Usai Ditembak. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya