Perkenalkan Shyja, Wanita Berkumis Asal India yang Kebal Diejek

Seorang wanita India yang berkumis telah menerima apresiasi dan ejekan dari netizen. Tapi dia bilang dirinya tidak terpengaruh oleh semua komentar perihal rambut di sekitar wajahnya.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 10 Agu 2022, 18:36 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2022, 21:00 WIB
Shyja, wanita berkumis dari Kerala, India. (Shyja/Whatsapp/BBC)
Shyja, wanita berkumis dari Kerala, India. (Shyja/Whatsapp/BBC)

Liputan6.com, Kerala - Seorang wanita India yang berkumis telah menerima apresiasi dan ejekan dari netizen. Tapi dia bilang dirinya tidak terpengaruh oleh semua komentar perihal rambut di sekitar wajahnya.

"Saya suka kumis saya," kata Shyja yang berusia 35 tahun di bagian status WhatsApp-nya, di bawah foto dirinya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (23/5/2022).

Wanita asal India ini sering ditanya - oleh orang-orang yang melihat fotonya di Facebook atau bertemu langsung dengannya - mengapa dia berkumis.

"Yang bisa saya katakan adalah saya menyukainya. Sangat," katanya.

Shyja, yang hanya menggunakan satu nama, tinggal di Distrik Kannur di negara bagian selatan Kerala. Seperti banyak wanita, dia memiliki gumpalan rambut wajah termasuk bibirnya selama bertahun-tahun. Namun dalam jumlah berbeda dari pada umumnya.

Meskipun dia secara teratur akan membuat alisnya rapih, Shyja mengatakan dia tidak pernah merasa perlu untuk menghilangkan rambut di atas bibir atasnya.

Sekitar lima tahun yang lalu, rambut di atas bibir itu mulai menebal menjadi kumis yang terlihat dan Shyja yang senang memutuskan untuk memeliharanya.

"Saya tidak bisa membayangkan hidup tanpanya sekarang. Ketika pandemi COVID-19 dimulai, saya tidak suka memakai masker sepanjang waktu karena menutupi wajah saya," katanya.

Banyak orang yang melihatnya mendesaknya untuk menyingkirkan kumisnya tetapi Shyja menolak.

"Saya tidak pernah merasa bahwa saya tidak cantik karena saya memiliki ini atau itu sesuatu yang tidak seharusnya saya miliki."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kumis Shyja Adalah Bagian dari Dirinya

Ilustrasi Wanita
Ilustrasi Wanita (pixabay.com)

Para wanita sering memberitahu bahwa rambut wajah tidak diinginkan dan mereka harus membayar untuk menghilangkannya - atau mengubah bentuknya - secara teratur. Produk hair removal adalah industri multi-miliar dolar dengan krim, strip lilin, pisau cukur, dan epilator yang ditujukan untuk wanita yang mampu membayarnya.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, banyak wanita memilih untuk melawan norma dengan menerima dan bahkan bangga dengan rambut wajah mereka.

Pada 2016, juru kampanye kepositifan tubuh Harnaam Kaur menjadi wanita termuda di dunia yang memiliki janggut penuh, menurut Guinness World Records. Dalam wawancara, dia sering berbicara tentang bagaimana menerima rambut wajahnya telah menjadi bagian penting dari belajar mencintai dirinya sendiri dalam menghadapi intimidasi.

Bagi Shyja, berkumis bukan tentang membuat pernyataan, itu hanya bagian dari siapa dia.

"Saya hanya melakukan apa yang saya suka. Jika saya memiliki dua kehidupan, mungkin saya akan hidup satu untuk orang lain," katanya.

Beberapa dari sikap ini berasal dari berjuang melawan masalah kesehatan selama bertahun-tahun. Shyja telah menjalani enam operasi selama satu dekade - satu untuk menghilangkan benjolan di payudaranya, yang lain untuk menghilangkan kista di ovariumnya. Operasi terakhirnya adalah histerektomi lima tahun lalu.

"Setiap kali saya keluar dari operasi, saya berharap bahwa saya tidak perlu kembali ke ruang operasi lagi," katanya.

Mengatasi berbagai krisis kesehatan hanya memperkuat keyakinan Shyja bahwa dia harus menjalani hidupnya dengan cara yang membuatnya bahagia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 


Shyja Berkumis Kini Didukung

zodiak baik
Ilustrasi perempuan cantik dan baik/copyright unsplash.com/Clarisse Meyer

Shyja mengatakan dia adalah anak yang pemalu saat tumbuh dewasa. Wanita di desanya hampir tidak terlihat di luar rumah setelah jam 6 sore.

Meskipun Kerala adalah salah satu negara bagian paling progresif di India, dengan indikator pembangunan yang tinggi, sikap patriarki tetap ada di sebagian besar wilayah, dan wanita sering kali tidak disarankan untuk bepergian atau tinggal sendiri.

Ketika dia menikah dan pindah ke negara bagian tetangga Tamil Nadu, Shyja mengatakan dia senang menemukan kebebasan baru.

“Suami saya akan pergi bekerja dan pulang larut malam. Jadi saya akan duduk di luar rumah pada malam hari, kadang-kadang saya berjalan ke toko sendirian di malam hari jika saya membutuhkan sesuatu. Tidak ada yang peduli. Ketika saya belajar melakukan banyak hal sendiri, itu membangun kepercayaan diri," katanya, seraya menambahkan bahwa dia mencoba untuk menularkan sikap ini kepada putrinya yang masih remaja.

Keluarga dan teman-teman Shyja kini telah mendukung kumisnya. Putrinya sering mengatakan kepadanya bahwa itu terlihat bagus untuknya.

Tapi Shyja mengatakan dia mendengar segala macam komentar dari orang-orang yang melihatnya di jalanan.

"Orang-orang mengolok-olok saya dengan mengatakan, 'Pria yang memiliki kumis, mengapa seorang wanita memilikinya?'" katanya.

 


Diberitakan Banyak Media

Ilustrasi viral di media sosial.
Ilustrasi viral di media sosial. (iStockphoto)

Selama bertahun-tahun, dia telah ditampilkan dalam laporan media lokal beberapa kali.

Baru-baru ini, katanya, dia melihat beberapa komentar mengejek pada artikel tentang dirinya yang dibagikan oleh outlet berita lokal di Facebook.

Satu orang bertanya mengapa dia tidak bisa merapihkan kumisnya ketika jelas bahwa alisnya dirapihkan.

"Tapi bukankah itu tentang apa yang saya suka - apa yang harus disimpan dan apa yang tidak?" dia bertanya.

Teman-teman Shyja sering dengan marah membalas komentar-komentar ini di Facebook, tapi dia bilang itu tidak mengganggunya sama sekali.

"Bahkan, terkadang saya melihat mereka untuk menertawakan mereka."

Harnaam Kaur, wanita muda berjenggot yang pecahkan rekor dunia. (Paul Michael Hughes)

Wanita dengan rambut wajah tak biasa lainnya adalah Harnaam Kaur.

Model wanita ini dinobatkan menjadi pemilik jenggot termuda di dunia. Rambut wajah sepanjang enam inci atau sekitar 16 cm itu sudah dikonfirmasi pecahkan rekor dunia versi Guinness World Records.

"Itu sebuah kehormatan," kata Harnaam Kaur dari Slough, Berkshire, Inggris seperti dikutip dari BBC, Jumat (9/9/2016). 

Perempuan itu menggambarkan jenggot yang dimilikinya sebagai bagian dari pencarian jati diri mengatasi bullying atas penampilannya yang tak biasa.

Rambut berlebih Kaur terjadi akibat ia mengidap sindrom ovarium polikistik, kondisi hormonal yang dapat mengakibatkan pertumbuhan rambut wajah berlebihan.

Pada Maret 2016, ia bahkan menjadi wanita berjenggot pertama yang 'menghiasi' London Fashion Week.

Infografis Wanti-Wanti Euforia Boleh Lepas Masker
Infografis Wanti-Wanti Euforia Boleh Lepas Masker (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya