Inggris Ikut Serta di Indo Defence Expo 2022

Inggris ingin menampilkan kapasitas militernya.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 02 Nov 2022, 09:03 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2022, 09:03 WIB
Raja Charles III Resmi Jadi Penguasa Britania Raya
Raja Charles III (kanan) dan Permaisuri Camilla saat upacara proklamasi bersama Dewan Aksesi di Istana St. James, London, Inggris, Sabtu (10/9/2022). Pada acara itu, Raja Charles III menyampaikan pidato di hadapan sejumlah pejabat, termasuk mantan perdana menteri. (Victoria Jones/Pool Photo via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Inggris akan ikut serta dalam Indo Defence Expo 2022 yang berlangsung pada 2-5 November 2022 di Jakarta. Mereka mau ikut menampilkan kapabilitas di bidang militer agar bisa menjalin kerja sama yang lebih kuat dengan Indonesia. 

Berdasarkan pernyataan resmi Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Selasa (1/11/2022), Industri Inggris tengah memperluas peluang untuk mengintegrasikan para pemasok alat-alat pertahanan Indonesia ke dalam rantai persediaan global mereka, di sektor pembuatan alutsista, tidak hanya untuk Indonesia tapi juga untuk dunia.

Kolaborasi di bidang pertahanan dan keamanan adalah salah satu elemen utama dalam Peta Jalan (roadmap) Inggris-Indonesia yang ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri Inggris dan Indonesia pada April 2022 lalu.

“Indonesia adalah sebuah kekuatan yang positif di kawasan ini dan wilayah lainnya. Indonesia yang lebih aman dan berdaya berarti dunia yang lebih aman. Hubungan pertahanan Inggris-Indonesia adalah elemen yang sangat penting dalam Roadmap Inggris-Indonesia sebagai pendorong bagi kedua negara dalam bekerjasama menciptakan wilayah Indo-Pasifik yang lebih aman, bebas dan makmur," ujar Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins.

Dubes Jenkins menyorot bahwa bulan lalu Indonesia-Inggris telah menyambut kapal angkatan laut terbaru Inggris dan yang paling ramah lingkungan, HMS Spey di Bali, untuk menunjukkan komitmen bekerjasama dengan Indonesia dalam menghadapi tantangan-tantangan keamanan dan mendukung usaha-usaha melawan perubahan iklim.

Kini, Indo Defence dinilai menjadi kesempatan yang sangat baik bagi pemerintah, militer dan industri Inggris dan Indonesia untuk terus memperkuat kolaborasi dalam menghadapi tantangan bersama di bidang pertahanan dan keamanan.

"Saya menantikan bagaimana pengalaman Inggris dalam transfer teknologi antar bidang dapat mendukung terciptanya industri pertahanan Indonesia yang lebih kuat dan independen.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Industri Pertahanan yang Berdikari

PKB Road To Election 2024
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan sambutan saat menghadiri acara PKB Road To Election 2024 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (30/10/2022). Acara itu dihadiri oleh para kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari seluruh wilayah di Indonesia. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Delegasi pemerintah Inggris akan dipimpin oleh Mark Goldsack, Direktur Ekspor Pertahanan dan Keamanan dari Departemen Perdagangan Internasional Inggris.

Goldsack akan didampingi oleh Marsekal Udara Sir Gerry Mayhew dari Kementerian Pertahanan Inggris.

Kedubes Inggris berkata negaranya punya pengalaman keterlibatan pada proyek Hawk Trainer Aircraft, ForceSHIELD dan STARStreak Air Defence Systems, Aero Engines dan Keamanan Siber, perusahaan-perusahaan Inggris besar seperti BAE Systems, Thales dan Rolls Royce.

“Sebagai mitra strategis, Inggris mendukung visi Indonesia menciptakan industri pertahanan yang berdikari guna memenuhi kebutuhan angkatan bersenjata. Kunci dari kerjasama ini adalah terhubungnya industri antar negara lewat dialog-dialog menarik, termasuk melalui transfer teknologi, keahlian dan pengalaman, dan bersama-sama mencari peluang yang menguntungkan kedua belah pihak," ucap Goldsack.

Ia pun yakin bahwa kedua negara akan meraup untung dari potensi kolaborasi yang terjadi. 

"Baik Inggris maupun Indonesia akan mendapatkan keuntungan jangka panjang yang besar, dan saya sangat menantikan pertemuan dengan industri dan pemerintah Indonesia dalam kunjungan ke Indo Defence," jelas Goldsack.

Paviliun Inggris pada Indo Defence Expo berlokasi di hall A Stand 060, JI Expo Kemayoran


Prabowo Diperintah Jokowi Terbang ke AS hingga China

PKB Road To Election 2024
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan sambutan saat menghadiri acara PKB Road To Election 2024 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (30/10/2022). Acara itu dihadiri oleh para kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari seluruh wilayah di Indonesia. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengapresiasi keberanian Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi mediator atau juru damai perang Rusia dan Ukraina. Namun, kata dia, tak mudah menjadi jembatan untuk meleraikan pertempuran yang terjadi.

"Kita berjuang kita berusaha untuk menjadi jembatan untuk meleraikan pertempuran, untuk mensejukkan semua pihak. Tidak gampang, tidak gampang. Presiden sudah coba, saya juga sudah coba," kata Prabowo di Masjid Istiqlal Jakarta, Sabtu (29/10). 

Dia mengaku telah memanggil Duta Besar (Dubes) Rusia dan Ukraina terkait konflik yang terjadi antar-dua negara tersebut. Prabowo menyampaikan bahwa Indonesia berada di jalur tengah yang tidak memihak kepada satu negara.

"Itulah peran Indonesia karena Indonesia secara tradisi dari sejak lahirnya bangsa Indonesia, Indonesia selalu memilih tidak terikat blok-blok," ujarnya.

"Kita adalah selalu nonblok, kita adalah selalu berada di tengah, kita selalu mencari jalan tengah, kita menghormati semua negara, dan semua bangsa, semua ras, semua agama, semua suku. Itulah jiwa tradisi bangsa Indonesia," sambung Prabowo.

Lebih lanjut, Prabowo mengaku mendapat perintah dari Presiden Jokowi untuk berbicara dengan jenderal-jenderal Amerika Serikat (AS) dan Rusia untuk menjadi mediasi. Prabowo sendiri akan berangkat ke Amerika.

Setelah itu, dia diperintahkan Jokowi untuk terbang ke China pada November 2022. Prabowo tak menutup kemungkinan setelah dari China, dirinya mendapat perintah untuk berangkat ke Moskow, Rusia.

"Saya berangkat ke Amerika, kemudian minggu depan November saya akan berangkat sudah diperintah oleh Beliau, saya berangkat ke Tiongkok atas undangan dan mungkin sesudah itu beliau akan perintahkan saya juga mungkin berangkat ke Moskow," ungkap Prabowo.

Di sisi lain, dia menyampaikan bahwa dunia saat ini menghadapi dampak perang Rusia dan Ukraina. Bahkan, kata Prabowo, tokoh-tokoh dunia sudah mewanti-wanti munculnya perang dunia ketiga.

"Perang dunia ketiga yang mati itu puluhan juta orang. Kalau sekarang terjadi perang dunia ketiga, kita berdoa tidak akan terjadi dan tidak boleh terjadi, dan kita minta kepada Yang Maha Kuasa untuk hindari umat manusia dari bencana yang begini besar," tutur Prabowo.


Capres 2024

Prabowo dan Cak Imin Kompak Daftar Pemilu 2024 ke KPU
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersalaman dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (KPB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin saat konferensi pers bersama serta mendaftarkan partai politiknya sebagai calon peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Senin (8/8/2022). Pada hari kedelapan ini, Partai Gerindra dan PKB kompak bersama mendaftarkan sebagai calon peserta Pemilu 2024. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Prabowo juga sedang sibuk dengan pilprs 2024. 

Nama Menteri Pariwisata dan Ekomoni Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi 2 dari sejumlah nama-nama tokoh yang populer sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 versi Wanita Persatuan Pembangunan (WPP) PPP.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum PPP, Asrul Sani, usai menjadi narasumber di acara Seminar Nasional dan Temu Tokoh Perempuan WPP di Kantor DPP PPP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 31 Oktober 2022.

"Kami memang mengundang tokoh yang kalau di kalangan perempuan di PPP itu paling populer, Pak Sandi dan Pak Erick. Makanya dua-duanya kami undang supaya adil, ya," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Sandiaga Uno yang ditanya wartawan usai menghadiri prosesi upacara wisuda Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan di Regale International Convention Centre, Kota Medan, Selasa (1/11), mengatakan, bersiap menjumpai dan berdialog dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, soal adanya wacana PPP mencalonkan dirinya sebagai Capres 2024.

"Itu (usulan Capres) masih wacana. Saya sangat mengapresiasi dukungan masyarakat, khususnya PPP. Terkait itu, saya akan berbicara dengan Pak Prabowo," kata Sandiaga.

Infografis Pasien Covid-19 Omicron XBB Pertama di Indonesia
Infografis Pasien Covid-19 Omicron XBB Pertama di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya