Imbas Demo Tolak Israel di Piala Dunia U-20, TransJakarta Rekayasa 9 Rute Perjalanan

Imbas aksi demonstrasi yang dilakukan kelompok PA 212 yang menolak keikutsertaan Israel dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia menghambat aktivitas lalu lintas di ibukota.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 20 Mar 2023, 14:03 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2023, 14:03 WIB
Ilustrasi TransJakarta (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Ilustrasi TransJakarta (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Imbas aksi demonstrasi yang dilakukan kelompok PA 212 yang menolak keikutsertaan Israel dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia menghambat aktivitas lalu lintas di ibukota.

Pihak PT Transportasi Jakarta atau TransJakarta kemudian mengubah atau merekayasa arus lalu lintas di sekitar lokasi aksi.

Berikut rute yang kemudian dialihkan titik perjalannnya lantaran ada demi Piala Dunia U-20 dikutip dari unggahan Twitter @PT_Transjakarta.

  • Koridor 1 : Blok M - Kota mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya Penutupan Jalan di kawasan Patung Kuda. Sementara tidak melayani Halte Bank Indonesia arah Kota dan Monumen Nasional untuk kedua arah.
  • Koridor 2: Pulo Gadung - Monas mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya penutupan jalur di kawasan Patung Kuda. Sementara arah Pulo Gadung tidak melayani Halte Monas s/d Gambir 2
  • Rute 2A: Pulo Gadung - Rawa Buaya mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya penutupan jalur di kawasan Patung Kuda. Sementara arah Rawa Buaya tidak melayani Halte Kwitang s/d Monas dan arah Pulo Gadung tidak melayani Halte Monas s/d Gambir 2
  • Rute 2ST Juanda - Bundaran H.I mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya penutupan jalur di kawasan Patung Kuda. Sementara arah Juanda tidak melayani Halte Bank Indonesia arah Utara dan Monas
  • Rute 6B: Ragunan - M.H Thamrin via Semanggi dan Rute 6A : Ragunan - M.H Thamrin via Kuningan mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan - Tosari terkait adanya penutupan jalan di kawasan Patung Kuda.
  • Koridor 3: Kalideres - Bundaran HI mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya penutupan jalur di kawasan Patung Kuda. Sementara tidak melayani Halte Petojo
  • Rute 1P : Blok M - Senen mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di Patung Kuda. Sementara arah Senen tidak melewati pemberhentian Kementrian Pariwisata s/d Monas 3.
  • Rute 1A: Pantai Maju - Balai Kota mengalami pengalihan rute menjadi Pantai Maju - Juanda terkait adanya penutupan jalan di kawasan Patung Kuda. Sementara tidak melayani Halte Monas dan Balai Kota.
  • Rute 5C: PGC1 - Juanda mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya penutupan jalur di kawasan Patung Kuda. Sementara tidak melayani Halte Balai Kota dan Monas

Kontroversi Partisipasi Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023, Palestina: Terserah Indonesia

Duta Besar Palestina Zuhair Al-Shun dalam press briefing pada Rabu (15/3/2023). (Dok: Liputan6.com/ Benedikta Miranti)
Duta Besar Palestina Zuhair Al-Shun dalam press briefing pada Rabu (15/3/2023). (Dok: Liputan6.com/ Benedikta Miranti)

Kontroversi soal kedatangan timnas sepakbola U-20 Israel ke Indonesia membuat Palestina buka suara.

"Kewenangan tersebut berada di tangan Indonesia. Kami tidak bisa menerima atau pun menolak karena itu terserah Indonesia," ujar Duta Besar Palestina Zuhair Al-Shun pada Rabu (15/3/2023). 

Al-Shun menegaskan, Palestina menghargai posisi Indonesia sebagai tuan rumah acara Piala Dunia U-20 2023. 

"Kita tahu bahwa masing-masing federasi olahraga ini memiliki aturan sendiri, termasuk FIFA. Dalam kaitan ini Indonesia telah berhasil memenangkan bidding sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20," katanya. 

Dia meminta publik agar dapat memisahkan isu politik dan ajang olahraga. 

"Dan tentu saja partisipasi masing-masing negara yang ikut dalam event ini, tidak ada kaitannya dengan suka atau tidak suka dengan negara peserta tersebut," ungkap Dubes Palestina Al-Shun.

Piala Dunia U-20 2023 dijadwalkan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 223. Terdapat enam kota yang akan menjadi venue perhelatan, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Palembang, Surakarta, dan Gianyar.


Kemlu: Posisi Indonesia Soal Palestina Tak Goyah

Pertemuan Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad Al-Maliki dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marzuki.
Pertemuan Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad Al-Maliki dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marzuki. (Sumber: Twitter/@Menlu_RI)

Sebelumnya, pihak Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menegaskan bahwa posisi Indonesia terkait Palestina konsisten dan tidak goyah. 

"Indonesia termasuk salah satu dari sedikit negara yang konsisten mendukung Palestina. Posisi Indonesia terkait isu Palestina tidak pernah berubah dan konsisten," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Teuku Faizasyah pada Jumat (10/3). 

Faizasyah memastikan bahwa Indonesia terus menyuarakan isu Palestina di berbagai forum internasional. 

"Dalam pertemuan PBB baru-baru ini, Menlu (Retno) tetap mengangkat isu Palestina walaupun negara yang mau membahas sedikit," lanjutnya. "Menlu juga membahas Palestina dalam pertemuan G20 kemarin."

Mengingat bahwa Indonesia dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik resmi, Faizasyah menjelaskan bahwa masalah teknis bagi kedatangan tim sepakbola U-20 Israel, termasuk soal pemberian visa, akan diatur oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam).

Infografis Rentetan Konflik Terbaru Israel - Palestina. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rentetan Konflik Terbaru Israel - Palestina. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya