Keponakan John F. Kennedy Ikut Ramaikan Konvensi Capres 2024 Partai Demokrat AS

Robert F. Kennedy Jr. merupakan pendiri grup anti vaksin Children's Health Defense.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 07 Apr 2023, 20:10 WIB
Diterbitkan 07 Apr 2023, 20:10 WIB
Robert F. Kennedy Jr. adalah putra dari Senator Robert F. Kennedy dan keponakan dari Presiden John F Kennedy. (Dok. AP Photo/Hans Pennink, File)
Robert F. Kennedy Jr. adalah putra dari Senator Robert F. Kennedy dan keponakan dari Presiden John F Kennedy. (Dok. AP Photo/Hans Pennink, File)

Liputan6.com, Washington - Robert F. Kennedy Jr. dilaporkan telah mengajukan dokumen untuk pencalonan dirinya sebagai presiden Amerika Serikat (AS) dalam Pilpres 2024 dari Partai Demokrat.

Pria berusia 69 tahun itu adalah putra dari Senator Robert F. Kennedy dan keponakan dari John F. Kennedy. Ayah dan pamannya sama-sama tewas ditembak.

Bendahara kampanye Kennedy, John E Sullivan, mengonfirmasi pengajuan tersebut pada Rabu (5/4/2023).

Sementara itu, Presiden Joe Biden telah mengindikasikan dia akan mencalonkan diri kembali. Namun, dia belum secara resmi menyatakan pencalonannya.

Sebelumnya, Biden diperkirakan akan meluncurkan kampanyenya pada awal April, namun stafnya mengatakan terjadi pergeseran jadwal.

CBS News melaporkan bahwa Biden diperkirakan akan mengumumkan pencalonannya secara resmi pada awal musim panas.

Bulan lalu, Demokrat lainnya, Marianne Williamson, telah menyatakan bergabung dalam perlombaan untuk mendapatkan tiket calon presiden.

Di Partai Republik, Donald Trump jadi yang pertama mengumumkan pencalonannya. Beberapa yang mengikuti jejaknya termasuk mantan duta besar AS untuk PBB Nikki Haley dan Gubernur Florida Ron DeSantis.

Pada Maret, Kennedy sebetulnya sudah mengungkapkan di Twitter bahwa dia sedang mempertimbangkan untuk mencalonkan diri sebagai presiden.

Saat itu, dia men-twit, "Jika saya mencalonkan diri, prioritas utama saya adalah mengakhiri penggabungan korup antara kekuatan negara dan korporasi yang telah menghancurkan ekonomi kita, menghancurkan kelas menengah, mencemari lanskap dan perairan kita, meracuni anak-anak kita, dan merampok nilai-nilai dan kebebasan kita."

Kennedy mengatakan kepada kerumunan New Hampshire pada Maret bahwa dia telah melewati rintangan terbesar, yaitu istrinya telah memberinya lampu hijau untuk maju. Dia menikah dengan aktris Cheryl Hines pada tahun 2014 dan tinggal di Los Angeles, California.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kontroversial karena Anti Vaksin

Ilustrasi Vaksin
Uji klinis vaksin dalam negeri, vaksin Indovac untuk anak masih menunggu persetujuan dari pemerintah. (unsplash.com/Mufid Majnun)

Sebagai salah satu pendiri firma hukum lingkungan, Kennedy mendapat pujian karena mengampanyekan isu seperti air bersih, termasuk membersihkan Sungai Hudson di New York.

Tapi pandangan anti vaksinnya yang sudah bertahun-tahun telah memicu reaksi keras, termasuk dari keluarganya sendiri. Pada tahun 2021 saudara perempuannya, Kerry Kennedy, menyebutnya sangat berbahaya dalam masalah tersebut.

Pada tahun 2019, tiga anggota keluarga lainnya menulis opini di Politico, mengecam pandangan anti vaksin Kennedy.

Kakak perempuannya Kathleen Kennedy Townsend, saudara laki-lakinya Joseph P Kennedy II, dan keponakannya Maeve Kennedy McKean mengatakan bahwa pandangannya salah secara tragis dan memiliki konsekuensi yang mematikan.

Pada tahun 2022, Facebook dan Instagram menghapus akun grup anti vaksin yang didirikan Kennedy, Children's Health Defense, karena berulang kali melanggar kebijakan perusahaan tentang kesalahan informasi medis.

Kennedy yang memiliki kelainan suara disfonia spasmodik juga pernah menerbitkan buku, "The Real Anthony Fauci", di mana dia menuduh mantan direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular itu melakukan kudeta bersejarah melawan demokrasi Barat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya