Tiongkok dan Filipina Kembali Terlibat Konfrontasi di Laut China Selatan

Sejumlah kapal Filipina dan China terlibat konfrontasi di Laut China Selatan. Ini merupakan gesekan terbaru antara kedua negara.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 28 Agu 2024, 16:06 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 16:06 WIB
AS dan Filipina Latihan Tembak Kapal Musuh di Laut China Selatan
Tembakan langsung dimulai dengan sistem roket presisi AS, HIMARS yang meluncurkan serangkaian putaran pada korvet Angkatan Laut Filipina yang dinonaktifkan yang berlabuh sekitar 22 kilometer (14 mil) di lepas pantai. (AFP/JAM STA ROSA)

Liputan6.com, Manila - Sejumlah kapal Tiongkok memblokir kapal patroli Filipina yang sedang melakukan misi di zona ekonomi eksklusif di Laut China Selatan pada Senin (26/8/2024).

Ini merupakan konfrontasi terbaru di perairan yang disengketakan tersebut, dikutip dari laman Bangkok Post, Rabu (28/8).

Reporter dari beberapa organisasi berita dalam dan luar negeri, termasuk Kyodo News, berada di atas kapal Penjaga Pantai Filipina yang mengawal misi tersebut.

Mereka menyaksikan kapal-kapal Tiongkok mendekat dan mengepung dua kapal patroli Filipina yang menuju ke Beting Sabina, salah satu titik utama di perairan yang disengketakan.

Penjaga pantai Tiongkok mengatakan, telah mengambil "tindakan pengendalian" terhadap dua kapal Filipina yang secara ilegal menyusup ke perairan di lepas beting tersebut.

Gangguan oleh kapal-kapal tersebut terjadi pada Senin, menurut Penjaga Pantai Filipina. Hal itu menyusul insiden hari sebelumnya di mana kapal-kapal Tiongkok menabrak kapal badan perikanan Filipina yang sedang menuju beting tersebut, menembakkan meriam air, dan merusak mesinnya.

Kedua belah pihak telah mengeluarkan pernyataan yang menyalahkan satu sama lain setelah insiden tersebut.

Sejak April, Filipina telah mengerahkan kapal penjaga pantai bernama Teresa Magbanua, yang diperoleh dari Jepang, di dekat beting yang terletak 110 mil laut dari pulau barat Palawan. China mengklaim kedaulatan atas beting tersebut dan menyebutnya Xianbin Jiao.

Misi pada Senin yang melibatkan kapal patroli Filipina sedang dilakukan untuk membawa makanan dan air segar bagi awak yang ditempatkan di Teresa Magbanua dan untuk merotasi personel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aktivitas Filipina di Wilayah Beting

(ilustrasi) Kapal perang di Laut China Selatan (Intelligence Specialist 1st Class John J Torres)
(ilustrasi) Kapal perang di Laut China Selatan (Intelligence Specialist 1st Class John J Torres)

Filipina juga secara teratur mengirimkan perbekalan ke pos terdepan angkatan laut di Beting Thomas Kedua, yang juga terletak di Laut China Selatan dan yang disebut Tiongkok sebagai Ren'ai Jiao. Sejak tahun lalu, Beijing telah mengganggu kapal-kapal Filipina yang berlayar ke beting tersebut lebih sering.

Tiongkok mengklaim kedaulatan atas hampir seluruh Laut China Selatan. Pengadilan Arbitrase Tetap di Den Haag membatalkan klaim Tiongkok pada tahun 2016, tetapi negara tersebut menolak keputusan tersebut dan terus membangun militer di wilayah tersebut.

Filipina dan Tiongkok mencapai kesepakatan sementara bulan lalu untuk meredakan ketegangan antara kedua negara terkait misi pasokan ulang Manila ke Second Thomas Shoal.

Awal bulan ini, Kementerian Luar Negeri Tiongkok memprotes pengerahan Teresa Magbanua di dekat Sabina Shoal dan menuntut agar Manila segera menarik kapal tersebut.

Infografis Klaim China Vs Indonesia Terkait Laut China Selatan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Klaim China Vs Indonesia Terkait Laut China Selatan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya