Ribuan Orang Israel Demo, Minta Para Sandera di Gaza Dibebaskan

Dari 251 tawanan yang ditangkap selama serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober di Israel, 97 masih ditahan di Jalur Gaza termasuk 33 yang menurut militer Israel telah tewas.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 15 Sep 2024, 15:07 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2024, 15:07 WIB
Setelah Turunkan Bendera Israel, Warga Muslim dan Non Muslim Sheffield Kembali Lakukan Demo di Balai Kota
Setelah Turunkan Bendera Israel, Warga Muslim dan Non Muslim Sheffield Kembali Lakukan Demo di Balai Kota (doc: Dian Mayasari, Teaching Associate, Sheffield University Management School)

Liputan6.com, Tel Aviv - Ribuan orang kembali turun ke jalan di kota-kota utama Israel pada Sabtu (15/9/2024) dalam upaya untuk meningkatkan tekanan pada pemerintah agar membebaskan para sandera di Gaza.

Dari 251 tawanan yang ditangkap selama serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober di Israel, 97 masih ditahan di Jalur Gaza termasuk 33 yang menurut militer Israel telah tewas.

Unjuk rasa mingguan ini terus menekan pemerintah Israel yang dituduh oleh para kritikus mengulur-ulur kesepakatan untuk membebaskan para sandera yang tersisa, dikutip dari laman Japan Today, Minggu (15/9).

Penyelenggara protes mengatakan, jumlah massa telah bertambah bulan ini setelah pengumuman oleh otoritas Israel bahwa enam sandera yang jasadnya ditemukan oleh pasukan telah ditembak mati oleh militan di sebuah terowongan Gaza selatan.

Salah satu dari keenam orang tersebut adalah Alexander Lobanov, yang istrinya Michal.

"Mereka bisa diselamatkan, diselamatkan melalui kesepakatan," katanya, menurut kutipan pernyataannya yang diberikan oleh kelompok kampanye Forum Sandera dan Keluarga Hilang.

"Memang, ini tidak sehebat penyelamatan militer, tetapi ini adalah bentuk keberanian yang berbeda."

Ribuan orang bergabung dalam aksi unjuk rasa di Tel Aviv dan di Yerusalem, tempat parlemen Israel bernaung, kata koresponden AFP.

Pemerintah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menghadapi aksi protes yang meningkat dari para kritikus yang menuduhnya tidak berbuat cukup banyak untuk mengamankan kesepakatan gencatan senjata yang akan mempertukarkan sandera dengan tahanan Palestina yang ditahan di penjara Israel.

Sebagian besar sandera yang dibebaskan sejauh ini dibebaskan selama gencatan senjata selama satu minggu pada bulan November. Pasukan Israel hanya menyelamatkan delapan orang hidup-hidup.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Balasan Israel ke Gaza

Sekolah Al-Jawni di Gaza Luluh Lantak Dihantam Serangan Udara Israel
Serangan udara Israel menghantam Sekolah Persiapan Anak Laki-laki Al-Jawni milik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di kamp pengungsi Nuseirat, Gaza tengah pada Rabu (11/9/2024). (Eyad BABA/AFP)

Serangan pada tanggal 7 Oktober mengakibatkan kematian 1.205 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Kampanye militer balasan Israel untuk menghancurkan Hamas telah menewaskan sedikitnya 41.182 orang di Gaza, menurut kementerian kesehatan wilayah yang dikuasai Hamas itu.

Pembicaraan yang dimediasi oleh Amerika Serikat, Mesir, dan Qatar untuk mencapai kesepakatan antara Israel dan Hamas telah terhenti selama berbulan-bulan.

Penyelenggara demonstrasi Noa Ben Baruch, 48 tahun, mengatakan kepada AFP di Tel Aviv bahwa "urgensinya tak tertandingi. Bukan hanya para sandera, tetapi semuanya."

Karena perang berkecamuk selama lebih dari 11 bulan tanpa tanda-tanda berakhir, "tidak ada gunanya lagi", katanya.

"Perang ini harus berakhir kemarin. Sia-sia."

Sekelompok wanita mengenakan kaus oblong hitam dan celana jins berlumuran darah palsu, menirukan foto tentara Naama Levy yang beredar luas saat ia diculik pada 7 Oktober.

Infografis Militer Israel Perluas Serangan ke Gaza Selatan
Infografis Militer Israel Perluas Serangan ke Gaza Selatan (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya