Cerita Ratusan Warga Beirut Tidur di Jalanan Usai Serangan Israel ke Lebanon

Ratusan keluarga di Beirut terpaksa tidur di jalanan, bahkan ada yang di dekat bibir pantai lantaran takut serangan susulan dari Israel.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 29 Sep 2024, 13:04 WIB
Diterbitkan 29 Sep 2024, 13:04 WIB
Serangan Israel Hancurkan Sebuah Bangunan, Petugas Penyelamat Terus Upayakan Pencarian Korban
Pada Kamis (26/9/2024), Israel mengeluarkan pernyataan menolak desakan Amerika Serikat, Perancis, dan sekutu lainnya untuk melakukan gencatan senjata selama 21 hari di Lebanon. (Rabih DAHER/AFP)

Liputan6.com, Beirut - Asap masih mengepul dari pinggiran selatan Beirut Sabtu (28/9/2024) pagi, terlihat banyak keluarga yang telah meninggalkan rumah mereka di sana, malam sebelumnya untuk menghindari pemboman besar-besaran Israel. 

Itu adalah malam yang mengerikan. Pasalnya mereka keluar di tengah ledakan yang mengguncang bumi, mencari ruang dengan sia-sia di salah satu sekolah yang penuh sesak yang berubah menjadi tempat penampungan.

Pada pagi hari, ratusan keluarga tidur di alun-alun umum, di pantai atau di dalam mobil di sekitar Beirut.

Barisan orang berjalan dengan susah payah ke pegunungan di atas ibu kota Lebanon, menggendong bayi dan beberapa barang.

Sebelumnya, Israel melancarkan serangkaian serangan di berbagai bagian Dahiyeh, kumpulan pinggiran kota yang sebagian besar berpenduduk Syiah di tepi selatan Beirut tempat puluhan ribu penduduk tinggal. Ledakan terbesar yang melanda Beirut dalam hampir satu tahun konflik menewaskan pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah.

Dikutip dari laman Japan Today, Minggu (29/9) serangan itu merupakan bagian dari eskalasi cepat serangan Israel minggu lalu yang telah menewaskan lebih dari 700 orang di Lebanon.

Israel telah bersumpah untuk melumpuhkan Hizbullah dan mengakhiri 11 bulan serangannya ke wilayah Israel dalam apa yang Nasrallah gambarkan sebagai "front dukungan" bagi sekutunya Hamas di Gaza.

Orang-orang yang melarikan diri dari kekacauan pada Jumat kemarin malam bergabung dengan puluhan ribu orang yang telah melarikan diri ke Beirut dan daerah lain di Lebanon selatan minggu lalu untuk menghindari pemboman Israel.

Bagi banyak penduduk Dahiyeh, evakuasi paksa itu terasa sangat familiar.

Beberapa adalah warga Lebanon yang telah mengalami perang yang berlangsung selama sebulan antara Israel dan Hizbullah pada tahun 2006, ketika Israel menghancurkan sebagian besar pinggiran kota Beirut. Yang lainnya adalah warga Suriah yang telah berlindung dari perang saudara yang panjang di negara mereka sendiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cerita Pengungsi di Lebanon

Serangan Israel Hancurkan Sebuah Bangunan, Petugas Penyelamat Terus Upayakan Pencarian Korban
Serangkaian serangan udara dilaporkan terjadi di Lebanon selatan dan memengaruhi beberapa wilayah termasuk sekitar Kastil Shaqra, Doubay, Yater, wilayah Iqqlim al-Tuffah, Kounin, dan Ainata. (Rabih DAHER/AFP)

Fatima Chahine, seorang pengungsi Suriah, tidur di pantai umum Ramlet al-Bayda di Beirut bersama keluarganya dan ratusan orang asing. Malam sebelumnya, dia, suaminya, dan kedua anaknya naik sepeda motor dan bergegas keluar dari Dahiyeh, dengan "pengeboman di bawah kami dan serangan di atas kami."

"Alhamdulillah, tidak ada yang terluka," katanya.

Pemerintah telah membuka sekolah-sekolah di Beirut untuk menampung para pengungsi. Namun, warga Suriah melaporkan bahwa beberapa tempat menolak mereka untuk menyediakan sedikit tempat bagi warga Lebanon. Chahine mengatakan keluarganya datang langsung ke pantai.

"Kami hanya menginginkan tempat di mana anak-anak kami tidak akan takut," katanya.

"Kami melarikan diri dari perang di Suriah pada tahun 2011 karena anak-anak dan kami datang ke sini, dan sekarang hal yang sama terjadi lagi."

Sejak Senin, sekitar 22.331 warga Suriah di Lebanon telah menyeberang kembali ke Suriah, bersama dengan 22.117 warga Lebanon, menurut otoritas Lebanon.

Chahine mengatakan, kembali bukanlah pilihan bagi keluarganya; dia berasal dari daerah oposisi dan karenanya dapat menghadapi pembalasan dari pemerintah Suriah.


Tidur di Dekat Bibir Pantai

Serangan Israel Hancurkan Sebuah Bangunan, Petugas Penyelamat Terus Upayakan Pencarian Korban
Tim penyelamat memeriksa reruntuhan bangunan setelah serangan udara Israel di desa Shebaa, Lebanon Selatan, pada 27 September 2024. (Rabih DAHER/AFP)

Di pantai, para pengungsi tersebar di trotoar atau di mobil yang diparkir di pinggir jalan. Yang lainnya berkemah di pagoda pantai atau di atas selimut di pasir.

"Kami menghabiskan lebih dari tiga jam berkeliling di antara sekolah dan tempat penampungan dan kami tidak menemukan satu pun yang cukup," kata Talal Ahmad Jassaf, seorang pria Lebanon yang tidur di pantai bersama keluarganya.

Ia mengatakan bahwa ia mempertimbangkan untuk pergi ke tempat yang relatif aman di Suriah. Namun, ia khawatir tentang serangan udara di jalan antara Beirut dan Damaskus.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan, atau OCHA, mengatakan bahwa eskalasi minggu ini telah melipatgandakan jumlah orang yang mengungsi akibat konflik di Lebanon. Sekarang ada lebih dari 211.000 orang yang mengungsi, termasuk beberapa pekerja kemanusiaan yang seharusnya menanggapi krisis tersebut, katanya. Sekitar 85.000 dari mereka tidur di tempat penampungan, katanya.

“Kapasitas kemanusiaan untuk merespons telah sangat terbatas,” tambahnya.

Pengungsi yang tidur di luar di Beirut sebagian besar mengatakan kepada The Associated Press bahwa mereka belum menerima bantuan dari organisasi kemanusiaan mana pun.

Sebuah stadion di lingkungan tepi laut Manara yang dimiliki oleh klub sepak bola Nejmeh membuka pintunya bagi para pengungsi, yang menghabiskan malam dengan tidur di bangku penonton.

 


Rela Tinggalkan Rumah

Serangan Israel Hancurkan Sebuah Bangunan, Petugas Penyelamat Terus Upayakan Pencarian Korban
Masyarakat internasional telah memperingatkan Israel untuk tidak melakukan serangan ke Lebanon karena berpotensi meningkatkan kekhawatiran meluasnya konflik Gaza secara regional. (Rabih DAHER/AFP)

Di antara mereka adalah Mariam Darwish, suaminya, dan lima anaknya. Dia meninggalkan rumahnya di Dahiyeh awal minggu ini ketika serangan pertama Israel terjadi di sana.

Darwish mengatakan, mereka telah menerima air dari klub sepak bola tetapi tidak ada organisasi yang membawa makanan, selimut, atau perlengkapan lainnya.

“Orang-orang saling membantu, keluarga dan teman-teman saling membantu,” katanya.

Dia dan suaminya telah melarikan diri selama perang 2006, ketika putra tertua mereka masih bayi, dan kembali ke rumah mereka ketika perang berakhir. Mereka berharap rumah mereka masih berdiri untuk kembali ke masa ini, katanya.

“Kami khawatir tentang anak-anak kami dan sekolah, bahwa mereka akan kehilangan masa depan mereka,” katanya. “Apa yang bisa kami lakukan? Kami hanya bisa mengucapkan syukur kepada Tuhan.”

Ia menambahkan, “Semoga perlawanan menang.” Pada saat wawancara, Hizbullah belum mengonfirmasi kematian Nasrallah. Meskipun keadaan mereka sangat buruk, yang lain juga bersikap menantang.

Infografis PBB Sebut Ledakan Pager dan Walkie Talkie di Lebanon Kejahatan Perang. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis PBB Sebut Ledakan Pager dan Walkie Talkie di Lebanon Kejahatan Perang. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya