Aksi Tinju Tinja Enyahkan Kebiasaan Jorok

Bagi Anda yang peduli tentang kesehatan serta kebersihan tak ada ruginya lakukan aksi "Tinju Tinja"

oleh Benedikta Desideria diperbarui 19 Nov 2014, 18:52 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2014, 18:52 WIB
Toilet Guru Lebih diperhatikan daripada Toilet Murid
Dari 100 sekolah di Jakarta, ternyata lebih dari 90 persennya tidak bersih apalagi higienis

Liputan6.com, Jakarta Anda yang peduli dengan kesehatan serta kebersihan tak ada ruginya lakukan aksi "Tinju Tinja". Tenang, aksi ini bukan meninju tinja dalam konteks sebenarnya.

Cukup dengan mencari tahu informasi mengenai pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, fakta angka perilaku buang air besar sembarangan serta dampaknya. Kemudian menyebarkan informasi tersebut kepada orang-orang di sekitar lewat sosial media artinya sudah melakukan aksi Tinju Tinja.

"Tinju Tinja" merupakan sebuah gerakan kampanye yang digagas oleh UNICEF Indonesia dalam rangka World Toilet Day yang jatuh setiap tanggal 19 November. Tahun ini UNICEF Indonesia mengambil tema "Tinju Tinja" karena melihat tingginya angka Buang Air Besar sembarangan (BABS). Untuk memudahkan masyarakat terutama kaum muda memeroleh informasi tersedia di www.tinjutinja.com.

"Di dalamnya berisi gambar-gambar seru dan menyenangkan namun sarat informasi tentang dampak buruk BABS," terang Ketua Program WASH UNICEF Indonesia, dr. Aidan Cronin saat peluncuran kampanye Tinju Tinja di Jakarta pada Rabu (19/11/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya