Sambil Aerobik, Kenapa Mesti Kunyah Permen Karet?

Heran mengapa wanita suka mengunyah permen karet ketika beraerobik di pusat kebugaran?

oleh Gabriel Abdi Susanto diperbarui 22 Sep 2015, 09:00 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2015, 09:00 WIB
3-kantor-sehat-nyaman-131013b.jpg
Sebuah ruang yang penuh dengan fasilitas olahraga juga tersedia. Karyawan yang gemar senam aerobik tak perlu jauh-jauh keluar kantor. (Liputan6.com/Panji Diksana)

Liputan6.com, Jakarta Heran mengapa wanita suka mengunyah permen karet ketika beraerobik di pusat kebugaran? Mengapa pula mereka bisa bergerak lebih lincah dan lentur dibanding kita? Jawabnya adalah, karena mereka mencium aroma peppermint.

Disebutkan para ilmuwan bahwa aroma peppermint bisa meningkatkan performa Anda ketika berolahraga. Begitu kesimpulan para peneliti dari Wheeling Jesuit University di West Virginia seperti dikutip Men's Health.

Kata Bryan Raudenbush, Ph.D, kepala peneliti pada studi itu, aroma mint bisa memengaruhi persepsi Anda tentang seberapa keras Anda bekerja atau berolahraga.

"Aroma ini menyebabkan olahraga terasa tidak melelahkan, meringankan gerakan atau langkah, dan akhirnya, olahraga pun menjadi lebih mudah dilakukan," katanya.

Beberapa aroma mint lain juga bisa bermanfaat, termasuk aroma obat kumur mulut, aroma permen karet, atau minuman beraroma permen. Tertarik? 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya