7 Cara Bentuk Anak Jadi Pribadi Bertanggung Jawab

Dengan kesabaran dan pola asuh yang tepat, Si Kecil bisa berkembang jadi sosok penuh tanggung jawab.

oleh Liputan6.com diperbarui 08 Agu 2018, 07:00 WIB
Diterbitkan 08 Agu 2018, 07:00 WIB
Anak main di lantai (iStock)
Ilustrasi anak bertanggung jawab, mulai membereskan mainan di lantai (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Salah satu harapan orangtua adalah anak berkembang menjadi sosok yang penuh tanggung jawab. Dengan kesabaran dan pola asuh yang tepat, si kecil bisa berkembang jadi sosok penuh tanggung jawab.

Berikut beberapa tips yang dapat melatih anak bertanggung jawab sejak kecil seperti dilansir laman Liveabout, Senin (6/8/2018)

1. Beri tugas sesuai usia

Memberi tugas yang sesuai dengan usia, tidak akan terlalu memberatkan mereka. Beri meraka tugas seperti mencuci sepatu dan kaos kaki, mencuci piring setelah ia gunakan atau merapikan tempat tidur. Biarkan mereka mengerjakan hal-hal tersebut supaya mereka dapat bertanggung jawab dengan tugasnya.

2. Beri tanggung jawab pada masing-masing anggota keluarga

Dengan memberi tugas pada anggota keluarga yang lain, anak akan merasa diperlakukan sama dan merasa memiliki tanggung jawab masing-masing. Pastikan semua anggota keluarga mengetahui tanggung jawabnya.

3. Beri pujian

Tugas yang diselesainkan dengan baik, layak mendapatkan pujian. Pujian sangat penting karena mendorong anak-anak lebih bersemangat lagi menyelesaikan hal yang sudah jadi tangggung jawabnya. 

 


4. Hindari memberi hadiah secara konsisten

Hadiah
Ilustrasi pemberian hadiah.

 

Memberi hadian pada anak-anak memang tidak dilarang, tetapi memberinya secara terus menerus bukan tindakan tidak baik. Hal itu dapat membuat anak-anak malas dan meninggalkan tanggung jawab.

5. Beri tahu konsekuensi

Jika anak-anak mulai lupa dan malas mengerjakan tugasnya, bertahu konsekuensinya dengan baik.

6. Jangan egois

Jangan paksa anak atau bahkan marah-marah saat anak malas mengerjakan tugas. Cara tersebut justru membuat anak-anak semakin keras dan tidak akan mengerjakannya lagi. Anda tentu ingin mereka menikmati tanggung jawabnya bukan karena paksaan.

7. Sabar

Membutuhkan waktu bagi anak-anak untuk memahami arti tanggung jawab. Mereka masih anak-anak perlu waktu  sepenuhnya memahami pentingnya tanggung jawab bagi mereka. Buat mereka terdorong dan semangat untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. 

 

 

Penulis: Nita Utami

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya