Menkes Nila: Masker Penutup Hidung Jangan Hanya Warna Hijau Saja

Kata Menkes Nila, masker penutup hidung jangan hanya warna hijau saja.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 15 Sep 2019, 08:00 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2019, 08:00 WIB
Udara Jakarta Buruk, Warga Beraktivitas Pakai Masker
Seorang pria berjalan mengenakan masker pelindung untuk menghindari polusi udara buruk di Jakarta, Rabu (17/7/2019). Dinkes DKI menyarankan masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas untuk mencegah dampak polusi udara pada tubuh. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Masker penutup hidung warna hijau biasa digunakan mengatasi polusi udara. Dalam kasus kebakaran hutan maupun polusi asap kendaraan, masyarakat pun terlihat menggunakan masker warna hijau.

Menyoal masker penutup hidung warna hijau, Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek memberikan ide terkait inovasi masker tersebut.

"Masker yang dipakai itu jangan hanya warna hijau saja. Saya melihat anak-anak muda berpakaian stylish dengan memakai masker. Saya pikir, kenapa tidak, masker yang dibuat disesuaikan dengan fashion," tutur Menkes Nila dalam acara "The 1st Technofarmalkes 2019:Indonesian Health Tech Innovation" di Hotel Sultan, Jakarta, ditulis Jumat (13/9/2019).

"Bisa saja maskernya warna-warna lain, seperti pink. Kemudian bisa juga bergambar (motif) bunga, Micky Mouse."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Menarik Berikut Ini:


Ajak Anak Mau Pakai Masker

Polusi Udara di Jakarta
Pengendara menggunakan masker saat meintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (12/3). Rata-rata harian kualitas udara di Jakarta dengan indikator PM 2.5 pada 2018 adalah 45,3 mikrogram per meter kubik udara. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Adanya ide inovasi soal masker yang punya variasi warna dan motif dinilai bisa menggugah hati anak-anak untuk memakai masker, terutama saat keluar rumah. Ketika didera flu pun anak jadi sadar memakai masker.

"Misalnya, kalau anak lagi batuk, dia mau memakai masker. Masker warna hijau identik dipakai dokter di kamar operasi. Nanti melihat masker hijau itu anak bisa dikiranya mau disuntik," Menkes Nila menambahkan.

"Kalau maskernya dibuat lucu dengan gambar binatang lucu, anak-anak juga senang memakainya."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya