Maria Darmaningsih Penyintas COVID-19: Di Rumah Aja, Saatnya Mengulik Diri

Bagi Maria Darmaningsih, penyintas COVID-19, waktu di rumah aja merupakan saat yang tepat untuk mengulik diri

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 18 Mei 2020, 13:00 WIB
Diterbitkan 18 Mei 2020, 13:00 WIB
Penyintas COVID-19, Maria Darmaningsih mengungkapkan melukis dan mendengarkan lagu menjadi cara dirinya terlepas dari stres saat terkena virus corona (Tangkapan Layar Youtube BNPB)
Penyintas COVID-19, Maria Darmaningsih mengungkapkan melukis dan mendengarkan lagu menjadi cara dirinya terlepas dari stres saat terkena virus corona (Tangkapan Layar Youtube BNPB)

Liputan6.com, Jakarta Maria Darmaningsih, penyintas COVID-19 di Indonesia mengatakan bahwa masa di saat seseorang berada di rumah aja, adalah waktu yang tepat untuk menggali lebih dalam kemampuan pada diri kita.

Dalam pengalamannya, melakukan kuliah daring bersama mahasiswanya, Maria mengatakan bahwa ia sering bertanya pada mereka tentang apa saja yang sudah dilakukan saat di rumah aja.

"Perenungan itu menghasilkan satu kata 'ngulik diri,'" kata Maria yang juga seorang dosen di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini.

"Ketika kita di rumah itu saatnya kita mengulik diri, apa sih kemampuan kita," ujarnya dalam siaran pers dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta pada Minggu kemarin, ditulis Senin (18/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini


Ekspresikan Diri dengan Menggambar

Cara Menggambar Doodle
Menggambar Doodle / Sumber: iStockphoto

Maria mencontohkan, saat dirinya harus menjalani isolasi dan karantina karena terkena COVID-19, ia menemukan kegiatan yang sudah lama tak dilakukannya yaitu menggambar.

"Itu sesuatu yang sudah lama tidak saya lakukan. Tiba-tiba saya menemukan hal ini dan itu sangat membahagiakan dan sekarang saya rutin melakukannya. Itu kan kesempatan karena di rumah saja dan mengalami ini kemudian tumbuh sesuatu."

"Jadi mengulik diri itu menurut saya, kita semua berkesempatan untuk melakukan hal yang kita bisa lakukan yang selama ini kita abaikan," kata Maria.

Maria mengungkapkan, dirinya menjadikan menggambar sebagai bagian dari mengekspresikan apa yang dirasakannya ketika dirawat karena COVID-19 hingga sesudahnya.

Menurutnya, dengan seni membuatnya bisa mengeluarkan energi positif dan sesaat melupakan sakit yang dialaminya. "Menghibur banget dan merasa ada energi yang keluar dan itu sangat positif," ujarnya.

"Karena ketika kita bahagia imun kita pasti naik dan itu yang sangat penting," Kata Maria.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya