Bangun Ikatan Emosi yang Kuat di Keluarga Lewat 2 Rutinitas Ini

Ikatan emosi yang kuat dalam keluarga membuat hubungan di dalamnya bakal lebih solid atau kompak.

oleh Liputan6.com diperbarui 09 Agu 2020, 06:00 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2020, 06:00 WIB
Karir
Ilustrasi Keluarga Bahagia Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Memiliki keluarga dengan ikatan emosi yang kuat bisa membuat hubungan jadi kuat. Kekuatan ini diperlukan mengingat keluarga bisa mengalami fase naik dan turun.

Apapun kondisinya dengan hal simpel berikut, bisa menjaga hubungan emosi tetap kuat dalam keluarga.

- Beri ruang untuk jeda pagi hari

Usahakan untuk berkumpul di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Bisa di kamar anak atau di kamar orangtua. Berpelukan sambil bermalas-malasan sekitar 5 menit sebelum mandi.

" Sangat sederhana, tapi berdampak sangat besar pada emosi orangtua dan anak-anak. Kita akan merasa 'penuh' energi cinta saat memulai hari," kata Sarah Aadland, seorang pakar pengasuhan anak, dikutip Motherly.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Ilustrasi Keluarga
Ilustrasi keluarga. (dok. Pexels.com/Lela Johnson)

- Mengucapkan kelebihan

Cara kita berbicara kepada anak-anak kita membentuk cara mereka memahami diri mereka sendiri dan pada akhirnya cara mereka hidup di dunia. Penelitian menunjukkan bahwa mengajar anak-anak untuk berbicara dan berpikir positif tentang dirinya sendiri akan membuat anak merasa percaya diri.

Mereka juga akan bersikap demikian pada orang sekelilingnya. Ingatlah untuk menggunakannya secara spesifik dan sejujur mungkin. Misalnya, kakak semangat sekali membantu ibu, adik sangat berani tidur sendiri, bisa makan sendiri.

"Hal ini membuat anak terbiasa melihat kelebihan orang lain, menghargai anggota keluarganya dengan kelebihan dan kekurangan," kata Sarah.

 

Penulis: Mutia Nugraheni/Dream.co.id

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya