Gandeng Bina Wilayah Jatim, Kemenkes Harap Tekan Kematian COVID-19 dalam 2 Minggu

Gandeng Bina Wilayah Jatim, Kemenkes berharap kematian COVID-19 ditekan dalam 2 minggu.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 05 Nov 2020, 20:00 WIB
Diterbitkan 05 Nov 2020, 20:00 WIB
Kemenkes
Tim Taskforce Kemenkes Wilayah Jawa Timur menggandeng Bina Wilayah Jawa Timur untuk menangani COVID-19 dalam pertemuan di Surabaya, Jawa Timur pada 3-5 November 2020. (Kementerian Kesehatan RI)

Liputan6.com, Surabaya Sebagai langkah percepatan penanganan COVID-19, Tim Taskforce Kementerian Kesehatan berkolaborasi dengan Bina Wilayah Provinsi Jawa Timur, yang dipimpin Pelaksana Tugas Kepala Badan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu.

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI H. M. Subuh yang memimpin Tim Taskforce Jawa Timur menjelaskan, angka kesembuhan di Jawa Timur sudah meningkat dan kasus penularan mulai terkendali.

"Angka kesembuhan COVID-19 di Jawa Timur kini sudah mencapai 88,7 persen (tepatnya 88,77 persen, data per 4 November 2020), berada di urutan ke-5 skala Nasional. Artinya, ada kemampuan masyarakat menjaga diri maupun fasilitas dan pelayanan kesehatan yang sudah bekerja dengan optimal," pungkas Subuh dalam pertemuan di Surabaya, Jawa Timur, ditulis Kamis (5/11/2020).

"Kasus terkonfirmasi juga menurun. Yang masih menjadi kendala kita saat ini adalah angka kematian, Jawa Timur masih menyumbang angka kematian sekitar 7,2 persen (tepatnya 7,17 persen). Ini yang masih menjadi pekerjaan rumah kita sekarang."

Subuh berharap, kerjasama Tim Taskforce dengan Bina Wilayah Jawa Timur dapat menurunkan angka kematian akibat COVID-19 dalam 2 minggu kedepan.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.</p

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Menarik Berikut Ini:


Apresiasi dari Sekjen Kemenkes

Kemenkes
Sekjen Kemenkes Oscar Primadi berharap kolaborasi Tim Taskforce Kemenkes Wilayah Jawa Timur dengan Bina Wilayah Jawa Timur dapat menekan kasus kematian COVID-19 saat pertemuan di Surabaya, Jawa Timur pada 3-5 November 2020. (Kementerian Kesehatan RI)

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Oscar Primadi mengucapkan terima kasih kepada Tim Taskforce Wilayah Jawa Timur yang telah berkolaborasi dengan Bina Wilayah Provinsi Jawa Timur.

Ia mengapresiasi kerja keras Tim Taskforce yang perlahan menunjukan keberhasilan dalam menekan COVID-19.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Tim Taskforce Wilayah Jawa Timur di bawah pimpinan Pak subuh, atas kerjasama Taskforce yang sudah mendampingi Provinsi Jawa Timur serta mengadakan kegiatan terintegrasi," ungkap Oscar yang turut menghadiri pertemuan dengan Subuh.

"Kerja keras kita selama ini, perlahan menunjukan keberhasilan, terbukti adanya peningkatan angka kesembuhan dan penurunan angka penularan, meskipun angka kematian masih terbilang tinggi.

Senada dengan Subuh, Oscar juga berharap kolaborasi dengan Bina Wilayah Jawa Timur dapat menekan angka kematian COVID-19.

"Saya berharap dengan kolaborasi ini dapat mempercepat penurunan angka kematian di Provinsi Jawa Timur," imbuh Oscar sebagaimana keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.


Infografis Skenario Tekan Covid-19 di Jawa Timur

Infografis Skenario Tekan Covid-19 di Jawa Timur
Infografis Skenario Tekan Covid-19 di Jawa Timur (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya