Gusi Berdarah Tanda Anda Butuh Lebih Banyak Vitamin C

Orang kerap mengabaikan gusi yang sering berdarah ketika menggosok gigi. Padahal, gusi berdarah bisa jadi merupakan gejala utama kondisi medis, misalnya saja gingivitis.

oleh Melly Febrida diperbarui 12 Feb 2021, 07:00 WIB
Diterbitkan 12 Feb 2021, 07:00 WIB
Mengapa Sikat Gigi Minimal Harus 2 Menit?
Ilustrasi pasta gigi. (dok. Bruno/Germany/Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Orang kerap mengabaikan gusi yang sering berdarah ketika menggosok gigi. Padahal, gusi berdarah bisa jadi merupakan gejala utama kondisi medis, misalnya saja gingivitis.

American Dental Association juga menyarankan apabila Anda mengalami gusi berdarah, pastikan Anda menyikat dan membersihkan gigi dua kali sehari karena itu bisa jadi tanda radang gusi, tahap awal penyakit periodontal. Jika Anda khawatir, temui dokter gigi Anda.

Sebuah studi Universitas Washington yang juga menyarankan untuk memeriksakan asupan vitamin C. Studi yang dipublikasikan di Nutrition Reviews menyatakan bahwa bukti yang konsisten dari uji klinis terkontrol menunjukkan bahwa pengaturan kebutuhan vitamin C manusia berdasarkan pencegahan meningkatkan perdarahan gingiva.

"Ketika Anda melihat gusi Anda berdarah, hal pertama yang harus Anda pikirkan bukanlah, saya harus menyikat lebih banyak. Anda harus mencoba mencari tahu mengapa gusi Anda berdarah. Dan kekurangan vitamin C adalah salah satu kemungkinan penyebabnya," kata penulis utama studi tersebut, Philippe Hujoel, seorang dokter gigi yang berpraktik dan profesor ilmu kesehatan mulut di Fakultas Kedokteran Gigi UW dilansir dari Medical Dialogues.

Studi Hujoel, yang diterbitkan 1 Februari di Nutrition Reviews, menganalisis studi yang diterbitkan dari 15 uji klinis di enam negara, yang melibatkan 1.140 peserta yang sebagian besar sehat, dan data dari 8.210 penduduk AS yang disurvei di Pusat Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Pusat Pengendalian dan Pencegahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Juga Video Berikut Ini


Perhatikan Asupan Vitamin C

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perdarahan gusi pada probing yang lembut, atau kecenderungan perdarahan gingiva, dan juga perdarahan pada mata, atau perdarahan retinal, berhubungan dengan rendahnya kadar vitamin C dalam aliran darah. Dan, para peneliti menemukan bahwa meningkatkan asupan harian vitamin C pada orang-orang dengan kadar vitamin C plasma rendah membantu membalikkan masalah perdarahan ini.

Hujoel merekomendasikan orang-orang untuk mencoba memerhatikan asupan vitamin C mereka melalui penggabungan makanan non-olahan seperti kangkung, paprika atau kiwi ke dalam makanan Anda. Dan jika Anda tidak dapat menemukan makanan enak yang kaya vitamin, bisa mempertimbangkan mengonsumsi suplemen sekitar 100 hingga 200 miligram sehari.

Hujoel bilang, apabila seseorang melakukan diet khusus, seperti diet paleo, penting bagi mereka untuk melihat asupan vitamin C mereka.

"Buah-buahan kaya vitamin C seperti kiwi atau jeruk kaya akan gula dan dengan demikian biasanya dihilangkan dari diet rendah karbohidrat."

"Dulu, perdarahan gingiva secara umum dianggap sebagai penanda potensial kekurangan vitamin C. Namun seiring waktu, hal itu telah tenggelam atau terpinggirkan oleh perhatian yang berlebihan untuk mengobati gejala perdarahan dengan menyikat atau flossing, daripada mengobati penyebabnya," kata Hujoel.


Infografis

Infografis 4 Tips Hindari Penularan Covid-19 Saat Musim Hujan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 4 Tips Hindari Penularan Covid-19 Saat Musim Hujan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya