Menkes: 1,56 juta Vaksin Pfizer yang Datang Hari Ini Melalui Transaksi Bisnis

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, 1.560.780 dosis pfizer yang tiba hari ini merupakan hasil kerjasama bussiness to bussiness antara negara Amerika dan Indonesia.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 19 Agu 2021, 21:48 WIB
Diterbitkan 19 Agu 2021, 21:31 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin tentang pengadaan vaksin COVID-19. (Foto: jabarprov.go.id)
Menkes Budi Gunadi Sadikin tentang pengadaan vaksin COVID-19. (Foto: jabarprov.go.id)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan 1.560.780 dosis pfizer yang tiba hari ini merupakan hasil kerjasama bussiness to bussiness (B to B) antara negara Amerika dan Indonesia. 

"Vaksin yang diterima Indonesia terdiri dari beberapa perjanjian bussiness to bussiness, kerjasama multilateral dan hibah dari negara tetangga. Kedatangan vaksin Pfizer ini bussiness to bussiness--deal Indonesia dengan pihak Pfizer di Amerika," katanya dalam konferensi pers virtual yang ditayangkan di laman YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (19/8/2021).

Menurut Menkes, ada 4 jenis vaksin COVID-19 yang memiliki perjanjian bisnis dengan Indonesia yaitu Sinovac, AstraZeneca, Pfizer dan Novavax.

"Tiga dosis dari tiga vaksin tersebut sudah mengirimkan dosis pertama. Sedangkan 50 juta dosis vaksin Novavax masih menunggu persetujuan dari FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika) yang akan keluar dalam waktu dekat."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Vaksin Astrazeneca dari Belanda

Menkes melanjutkan, selain menerima Pfizer sebanyak 1,56 juta dosis, Indonesia juga hari ini menerima 450.000 dosis tahap pertama dari 3 juta vaksin Astrazeneca yang merupakan hibah dari Pemerintah Belanda. 

“Diharapkan sampai akhir tahun, kita bisa mendapatkan 50 juta dosis dari Pfizer secara business to business, sekitar 20-30 juta dosis vaksin Astrazeneca dari business to business untuk melengkapi 175 juta dosis vaksin Sinovac,” kata Menkes.

Sementara itu, Menteri luar negeri Retno Lestari Marsudi mengatakan, sebanyak 567.500 dosis vaksin AstraZeneca dan 5 juta dosis vaksin sinovac akan diterima besok.


Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya