82 Serangan Mendarat di Fasilitas Layanan Kesehatan Ukraina, WHO: Kami Marah

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mencatat hingga 30 Maret 2022 sudah ada 82 serangan pada fasilitas layanan kesehatan Ukraina.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 31 Mar 2022, 16:00 WIB
Diterbitkan 31 Mar 2022, 16:00 WIB
Satu Bulan Invasi Rusia ke Ukraina, Tiga Juta Orang Mengungsi
Patung Lenin ditempatkan di teras Museum Nasional Andrey Sheptytsky di Lviv, 4 Maret 2022. Pintu museum telah ditutup sejak perang Rusia di Ukraina dimulai pada 24 Februari, dan situs-situs warisan di seluruh negeri menghadapi bahaya ketika pertempuran berlanjut. (AP Photo/Bernat Armangue)

Liputan6.com, Jakarta Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mencatat hingga 30 Maret 2022 sudah ada 82 serangan pada fasilitas layanan kesehatan Ukraina.

Terkait hal ini, Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus mengungkapkan kemarahannya lantaran serangan yang melanggar hukum masih saja dilakukan.

“Kami marah karena serangan terhadap fasilitas layanan kesehatan terus berlanjut,” kata Tedros dalam konferensi pers Rabu (30/3/2022).

Sejak awal invasi Federasi Rusia, telah terjadi 82 serangan terhadap fasilitas perawatan kesehatan. Akibatnya, sekitar 72 orang meninggal dan 43 cedera, termasuk pasien dan petugas kesehatan.

“Serangan terhadap fasilitas perawatan kesehatan merupakan pelanggaran hukum humaniter internasional, dan harus segera dihentikan.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Berikut Ini


Upaya WHO

Tedros menambahkan, sejauh ini WHO terus bekerja sama dengan mitra lokal dan internasional untuk mengirimkan pasokan medis ke daerah-daerah yang paling parah terkena dampak di seluruh Ukraina.

WHO kini telah mengirimkan sekitar 160 metrik ton pasokan. Dan terus mendesak jaminan perjalanan yang aman untuk mengirimkan pasokan ke Mariupol dan kota-kota lain yang terkepung.

“Kami juga telah mengeluarkan pedoman untuk donasi, termasuk daftar persediaan penting yang dukungannya sangat dibutuhkan.”


Kasus Kematian Akibat Perang

Sebelumnya pada periode 17-23 Maret 2022, WHO mencatat ada 1.035 warga Ukraina meninggal dunia akibat perang.

Data ini tercantum dalam Laporan Emergency in Ukraine External Situation Report #4 yang dipublikasikan pada 24 Maret dan dikoreksi pada 28 Maret 2022.

Data juga menunjukkan, secara umum situasi di seluruh Ukraina semakin memburuk. Hingga laporan diterbitkan, lebih dari 18 juta orang telah terpengaruh oleh perang.

Menurut data pemerintah terbaru yang dikumpulkan oleh United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), lebih dari tiga juta pengungsi kini telah meninggalkan Ukraina. Sebanyak 59 persen mengungsi ke Polandia dan 15 persen ke Rumania.


Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin

Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya