Tak Cuma Seru, Permainan Tradisional Punya Dampak Positif bagi Anak

Permainan tradisional sendiri memberikan banyak dampak positif pada anak dibandingkan hanya bermain gadget saja

oleh Fitri Syarifah diperbarui 25 Jul 2022, 16:00 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2022, 16:00 WIB
20151120-Permainan Tradisional
Dispora Kota Surabaya menggelar lomba permainan Gobak Sodor dan Bakiak (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Permainan tradisional sejak dulu sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Disebut tradisional sebab pemainan ini hanya menggunakan peralatan dan bahan permainan yang sederhana dan mudah didapat.

Namun, seiring berkembangnya waktu, eksistensi dari permainan tradisional ini mulai kehilangan peminat dan semakin lama hilang dari pusaran penggunaanya. Untuk itu, kita sebagai generasi muda, harus bisa melestarikannya.

Permainan tradisional Indonesia saat ini sudah jarang dimainkan oleh anak-anak, pasalnya mereka lebih mengenal gawai/gadget daripada bersosialisasi bersama teman sebayanya.

Padahal, permainan tradisional asli Indonesia sangat beragam. Setiap daerah pasti punya minimal satu permainan tradisional yang lazim dimainkan anak-anak. Seperti misalnya petak umpet, cublak-cublak suweng hingga gobak sodor. Permainan tradisional ini di samping menarik dan seru saat memainkannya, juga memiliki nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari. Seperti melatih kekompakan, kebersamaan, gotong royong, hingga saling menghargai.

Seperti disampaikan Psikolog dari Tiga Generasi Saskhya Aulia Prima, M.Psi, permainan tradisional  memberikan banyak dampak positif pada anak dibandingkan hanya bermain gadget saja.

"Bermain sebenarnya bukanlah aktivitas mewah untuk anak, namun sebuah kebutuhan dan keharusan. Kegiatan ini melatih berbagai aspek perkembangan anak, seperti kecerdasan, motorik kasar dan halus, emosi, serta kemampuan bersosialisasi. Bermain juga membantu mengembangkan beberapa karakter positif yang berkembang lewat bermain, yaitu tekun, mandiri, disiplin, empati dan kreatif," kata Saskhya, dalam keterangan pers peringatan Hari Anak Nasional, Senin (25/7/2022).

Melalui permainan tradisional inilah, kata Saskhya, anak dapat berinteraksi langsung dengan teman, sehingga selain melatih keterampilan berpikir strategi dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi dan kerjasama anak akan lebih terasah,” ungkap Saskhya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peran Pemerintah Memperhatikan Hak Bermain bagi Anak

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia saat ini sedang mengampanyekan permainan khas Indonesia, karena memiliki banyak kearifan lokal yang bisa membantu tumbuh kembang anak.

Dikutip laman kemenpppa, bermain merupakan salah satu hak anak yang wajib dipenuhi untuk percepatan Kabupaten/Kota Layak Anak. Oleh sebab itu sarana dan prasarana di Ruang Bermain Anak harus ramah anak agar dapat memberikan tumbuh kembang yang optimal bagi anak. 

Undang- Undang Nomor 35 Tahun 2014 yang merupakan perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 mengamanatkan bahwa Negara, Pemerintah, dan Pemerintah Daerah berkewajiban dan bertanggung jawab memberikan dukungan sarana, prasarana, dan ketersediaan sumberdaya manusia dalam penyelenggaraan perlindungan Anak. Salah satunya melalui penyediaan sarana dan prasarana Ruang Bermain Ramah Anak. 

Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Indra Gunawan, mengatakan, hak-hak anak untuk bermain menjadi tanggung jawab kita bersama sehingga butuh kerjasama lintas sektor.

"Harapannya, sinergi kami bersama berbagai pihak, termasuk pelaku usaha, bisa mewujudkan dan memenuhi hak anak-anak kita, termasuk tumbuh, berkembang, sehat, dan terlindungi,” ungkap Indra.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Ruang bermain untuk anak

Kemen PPA juga berupaya untuk membuat setiap Kabupaten/Kota memiliki ruang bermain. Di ruang bermain, anak-anak bisa bermain dengan gembira, bukan justru mengalami cerita sedih, seperti mengalami kekerasan dan eksploitasi seksual.

Oleh karenanya, standardisasi dan sertifikasi Ruang Bermain Anak (RBA) menjadi penting dilakukan untuk menjamin proses pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak benar-benar terwujud di dalam ruang bermain. Sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh lapisan masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk mewujudkan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA).

“RBRA merupakan salah satu indikator Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) dan Provinsi Layak Anak (PROVILA). Namun, cerita-cerita sedih terkait kekerasan terhadap anak yang terjadi di ruang bermain juga masih menghiasi pemberitaan di media kita. Padahal, tujuan akhir dari ruang bermain adalah untuk membuat mereka bahagia dan mewujudkan terjadinya proses perlindungan anak saat mereka bermain, bukan justru membuat anak kita celaka atau mengalami kekerasan dan eksploitasi seksual. Oleh karenanya, semua ruang bermain anak harus terstandardisasi dan tersertifikasi. Janganlah lagi kita ciptakan cerita sedih bagi anak-anak kita ketika ingin bermain dengan bahagia,” tegas Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Lenny N Rosalin, dikutip laman Kemenppa.

Lenny menambahkan bahwa bermain memiliki banyak manfaat bagi anak, diantaranya membentuk tumbuh kembang anak secara optimal dan menyeluruh, baik fisik, spiritual, intelektual, dan sosial. Namun, ketika bermain anak harus selalu didampingi. 

 

 


Kampanye Anak Indonesia Gembira

Untuk mendukung kegembiraan anak tersebut, Devi Chrisnatalia, Brand Manager Ready to Drink (RTD) Wings Group Indonesia mengatakan, pihaknya meluncurkan kampanye “Anak Indonesia Anak Gembira” di momen Hari Anak Nasional 2022.

Pada kampanye ini, akan ada serangkaian kegiatan untuk anak Sekolah Dasar di beberapa daerah di Indonesia untuk memperkenalkan permainan khas Indonesia seperti Gobak Sodor dan Engklek pada anak-anak. Kegiatan ini akan dimulai pada Agustus hingga Desember 2022.

"Melalui kampanye ini, kami ingin mendukung anak Indonesia agar dapat tumbuh dan berkembang dengan gembira, salah satunya dengan menikmati banyak waktu untuk bermain," ujarnya.

Di tengah kemajuan teknologi, permainan masa kecil bukan jadi hal yang familiar untuk anak-anak saat ini. Padahal, bermain permainan lokal khas Indonesia ini memberi banyak manfaat, dimana mereka akan bergerak, bekerjasama, hingga belajar membangun strategi. Kami juga ingin mendukung orang tua agar dapat memperkenalkan permainan lokal khas Indonesia untuk anak mereka, supaya generasi penerus bangsa ini bisa bermain sekaligus menikmati pertumbuhannya dengan bahagia,” pungkas Devi.

[INFOGRAFIS] Mainan Boneka untuk Anak Lelaki, Salahkah?
Tak ada salahnya memberi mainan boneka pada anak lelaki.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya