5 Makanan Penghilang Stres dan Cemas Hadapi Tahun Baru 2023

Stres dan cemas dalam menghadapi tahun baru 2023 dapat diatasi dengan deretan makanan-makanan ini

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 05 Jan 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 05 Jan 2023, 06:00 WIB
wadah makanan
ilustrasi buah dan sayur/Photo by S'well on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Peralihan dari masa liburan tahun baru 2023 kembali ke masa kerja terkadang membawa stres tersendiri bagi sebagian orang.

Stres disebabkan oleh faktor-faktor eksternal seperti uang dan hubungan. Serta faktor internal seperti pikiran dan perasaan.

Serangan stres dapat bermanfaat, misalnya ketika stres membantu menghindari bahaya atau memotivasi kita bekerja dengan baik di bidang tertentu.

Namun, stres kronis dapat menyebabkan kesulitan tidur, kurang nafsu makan, dan mudah tersinggung oleh teman dan keluarga. Seiring waktu, tidak mampu mengelola stres secara efektif telah dikaitkan dengan efek negatif pada memori, kognisi, kesehatan kekebalan tubuh, kesehatan jantung, dan fungsi pencernaan.

Melansir Very Well Health, tidak ada cara untuk memastikan seseorang bisa menjalani kehidupan yang bebas stres.

Akan tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa memasukkan makanan tertentu ke dalam pola makan sehari-hari dapat membantu mengelola stres.

Mengadopsi kebiasaan gaya hidup sehat seperti berolahraga, bermeditasi, dan tidur yang cukup berkualitas adalah hal yang baik untuk menghilangkan stres.

Upaya ini akan menjadi lebih baik jika disertai konsumsi makanan-makanan sehat untuk menghilangkan stres secara alami.

Berikut adalah lima makanan penghilang stres dan cemas hadapi tahun baru, atau setidaknya menyehatkan tubuh tanpa membuat semakin stres. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kenari

Kacang Kenari
Kacang Kenari (Photo by Dessy Dimcheva on Unsplash)

Kenari memberikan kerenyahan yang memuaskan dan rasa yang lezat untuk banyak resep. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan kenari juga dapat menawarkan beberapa manfaat untuk manajemen stres.

Ketika peneliti membandingkan dua kelompok mahasiswa (satu yang tidak makan kacang dan satu yang makan dua ons kenari sehari selama 16 minggu) mereka menemukan bahwa pengalaman pemakan kacang menunjukkan:

- Perbaikan penanda status kesehatan mental yang dilaporkan sendiri

- Efek perlindungan terhadap beberapa dampak negatif stres akademik, termasuk perlindungan keragaman bakteri usus

- Peningkatan kualitas tidur yang dilaporkan sendiri dalam jangka panjang.

Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui bagaimana pola makan yang mencakup kenari dapat memengaruhi otak atau memengaruhi kesehatan mental.

"Faktanya, kenari adalah satu-satunya kacang yang merupakan sumber omega-3 ALA yang sangat baik yang mungkin menjadi salah satu alasan mengapa para peneliti melihat beberapa manfaat kesehatan mental dalam penelitian mereka," melansir Very Well Health, Selasa (3/1/2023).


Alpukat dan Salmon

alpukat
ilustrasi alpukat/Photo by twinsfisch on Unsplash

Alpukat

Alpukat juga bisa menjadi salah satu makanan terbaik untuk membantu menurunkan tingkat stres. Alpukat adalah sumber magnesium alami dan terdapat bukti bahwa kekurangan magnesium dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap stres.

Data penelitian berkualitas yang secara langsung menunjukkan bahwa makan alpukat akan menjadi tiket menuju hari bebas stres masih sulit ditemukan, tetapi makan makanan kaya magnesium seperti alpukat dapat mendukung tujuan itu.

"Jika Anda bukan penggemar alpukat, cokelat hitam, susu, dan kacang-kacangan juga dapat memberi bahan bakar pada tubuh Anda dengan mineral utama ini," katanya.

Salmon

Salmon adalah salah satu sumber makanan terbaik dari asam lemak omega-3 DHA. Kecukupan lemak sehat dalam pola makan harian berkaitan dengan ketahanan stres yang lebih baik dan efek kesehatan mental positif lainnya.

"Anda juga akan mendapatkan banyak nutrisi manajemen stres lainnya, termasuk vitamin B dan magnesium, dalam satu porsi salmon," ujarnya.


Teh Hijau, Buah dan Sayur

Teh hijau
Ilustrasi teh hijau yang bagus untuk hilangkan bekas jerawat. (unsplash.com/Rawpixel).

Teh Hijau

Teh hijau memiliki senyawa tumbuhan alami yang mendukung kesehatan dengan berbagai cara. Salah satu senyawa yang ditemukan dalam teh hijau adalah asam amino yang disebut L-theanine yang dikaitkan dengan perbaikan suasana hati, kognisi, dan pengurangan gejala seperti stres dan kecemasan.

Secangkir teh hijau juga merupakan minuman serbaguna. Rasanya enak dan memberi senyawa yang menenangkan, baik disajikan panas maupun dingin.

Buah dan Sayur

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), hanya 10 persen orang Amerika yang mengonsumsi buah dan sayur setiap hari.

Ada banyak manfaat kesehatan jika tubuh mendapatkan lebih banyak buah dan sayuran, salah satunya membantu mengatasi stres.

Sejauh penelitian berjalan, makan yang lebih banyak mengandung buah dan sayur tampaknya dikaitkan dengan stres yang lebih rendah bagi sebagian orang.

Misalnya, sebuah studi tahun 2021 mengamati laporan stres harian peserta dan asupan makanan mereka. Studi itu menemukan bahwa tingkat stres yang lebih tinggi terkait dengan sedikitnya buah dan sayuran yang dikonsumsi dalam sehari.

Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19
Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya