PeduliLindungi Berubah Jadi Satu Sehat Mobile, Kok Enggak Bisa Login?

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi mentransformasikan aplikasi PeduliLindungi menjadi aplikasi kesehatan masyarakat, SATUSEHAT Mobile per 1 Maret 2023. Namun, hingga saat ini banyak pengguna yang mengaku belum bisa log in.

oleh Tiara Laninda diperbarui 01 Mar 2023, 14:20 WIB
Diterbitkan 01 Mar 2023, 10:50 WIB
Satusehat
SATU SEHAT Mobile (Sumber: Sehat Negeriku)

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi PeduliLindungi bertransformasi menjadi SATUSEHAT Mobile atau Satu Sehat Mobile per 1 Maret 2023. Namun, ada banyak yang mengeluhkan belum bisa masuk ke dalam Satu Sehat Mobile. 

“Udah update aplikasinya tapi belum bisa login,” tutur Rasya, seorang mahasiswa di Tangerang.

Lalu, ada juga Fani yang mengatakan butuh membuka aplikasi tersebut untuk mengecek sertifikat vaksin karena mau booster kedua. 

"Aku mau vaksin booster kan, tapi ini malah enggak bisa login," tuturnya. 

Hal serupa juga disampaikan salah satu pengguna Twitter yang bakal melakukan vaksinasi. 

"Samaa aku jg nih. Nti siang mau vaksin pula 😵," kata @fictional*** 

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, mengatakan bersabar bisa masuk ke Satu Sehat Mobile. Hal ini lantaran sedang banyak orang menggunakan aplikasi tersebut. 

“Mohon bersabar karena migrasi besar kita sedang atasi kondisi tersebut. Ini kita lagi peak hour,” ungkapnya.

Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan RI, Setiaji, mengaku bahwa hal ini terjadi karena adanya peningkatan traffic. Sebagian masyarakat tidak bisa login karena telat mendapatkan kode OTP untuk log in nya.

“Saat ini masalah tersebut sedang dalam penanganan oleh tim teknis kami. Oleh karena itu, kami mengimbau untuk sementara waktu masyarakat dapat menggunakan tiket maupun sertifikat vaksin yang telah dimiliki secara fisik maupun tersimpan secara digital untuk kepentingan aktivitas tertentu,” ujar Setiaji.

 


Bila Ada Kendala

Setiaji mengatakan bila memang ada masalah dengan Satu Sehat bisa menyampaikan secara langsung dengan mengirimkan direct message ke media sosial SATUSEHAT Mobile (Twitter: @Plindungi / IG: pedulilindungi.id).

Bisa juga mengirim email helpdesk@kemkes.go.id atau Whatsaapp di nomor 0811 1050 0567

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya