Lupa Belum Mandi Wajib Jelang Ramadhan, Bagaimana Hukumnya?

Sebagian orang selalu menyempatkan diri untuk mandi wajib sebelum memasuki bulan Ramadhan. Kebiasaan ini dilakukan dari tahun ke tahun dan seolah ada yang kurang jika tidak dilakukan.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 23 Mar 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 23 Mar 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi mandi wajib jelang Ramadhan
Ilustrasi mandi wajib sebelum Ramadhan menjadi kebiasaan sebagian orang. Foto: Pixabay.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian orang selalu menyempatkan diri untuk mandi wajib sebelum memasuki bulan Ramadhan. Kebiasaan ini dilakukan dari tahun ke tahun dan seolah ada yang kurang jika tidak dilakukan.

Mandi wajib sebelum Ramadhan rawan disalahpahami oleh orang awam yang menganggapnya sebagai salah satu syarat atau rukun puasa. Sehingga, kalau tidak mandi wajib, maka puasa tidak sah.

“Perlu diketahui, mandi wajib bukan merupakan keharusan menjelang bulan Ramadhan. Sebab, mandi wajib hanya diharuskan bagi orang berhadats besar yang hendak melakukan ibadah yang memang disyaratkan demikian seperti shalat lima waktu dan tawaf, sedangkan puasa tidak termasuk,” mengutip NU Online, Kamis (23/3/2023).

Bahkan, orang yang malamnya memiliki hadats besar dan belum mandi wajib sebelum waktu imsak, puasanya di siang hari tetap sah. Selama syarat dan rukunnya terpenuhi. Hadats besar di malam hari bisa terjadi karena mimpi basah atau telah melakukan hubungan suami istri.

Dalam kitab al-Mausu’atul Fiqhiyyah (16/55) dijelaskan:

 يَصِحُّ مِنْ الْجُنُبِ أَدَاءُ الصَّوْمِ بِأَنْ يُصْبِحَ صَائِمًا قَبْل أَنْ يَغْتَسِل. فَإِنَّ عَائِشَةَ وَأُمَّ سَلَمَةَ قَالَتَا : نَشْهَدُ عَلَى رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أِنْ كَانَ لِيُصْبِحُ جُنُبًا مِنْ غَيْرِ احْتِلاَمٍ ثُمَّ يَغْتَسِل ثُمَّ يَصُومُ. 

Artinya:

“Orang yang memiliki hadats junub (hadats besar), sah melaksanakan puasa meski ia belum sempat mandi besar sampai pagi puasa. Siti ‘Aisyah dan Ummu Salamah pernah berkata, ‘Kami melihat Nabi Muhammad saw pagi-pagi masih memilki hadats junub yang bukan karena mimpi basah, lalu beliau mandi besar dan tetap melaksanakan puasa.”


Mandi Sunnah di Bulan Ramadhan

Saat bulan puasa memang ada anjuran mandi, tapi bukan mandi wajib, melainkan mandi sunnah yang dianjurkan pada setiap malam bulan puasa.

Dalam kitab Hasyiyah al-Bajuri (1/81) dijelaskan:

 و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة...ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذالك 

Artinya:

“Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah, dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam Al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjamaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.” 

Simpulannya, tidak ada keharusan untuk mandi wajib menjelang bulan Ramadhan karena bukan termasuk syarat atau rukun. Yang ada hanya mandi sunnah, itu pun berlaku pada setiap malam bulan Ramadhan.


Yang Tak Boleh Dilewatkan

Mandi besar jelang Ramadhan adalah sesuatu yang tidak diwajibkan, sebaliknya, ada hal yang tak boleh dilewatkan saat hendak berpuasa, yakni niat untuk berpuasa.

“Saat hendak menjalani ibadah puasa, niat puasa menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Hal ini mengingat niat merupakan syarat sahnya puasa dan termasuk rukun puasa.”

Niat puasa yang bisa dibacakan setiap malam sebelum berpuasa keesokan harinya adalah:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adā’i fardhi syahri Ramadhāna hādzihis sanati lillāhi ta‘ālā 

Artinya: “Aku berniat puasa esok hari demi menunaikan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala.”

Niat Puasa untuk Satu Bulan

Dalam Islam ada aturan terkait membaca niat puasa Ramadhan sebulan penuh. Terkait niat puasa Ramadhan langsung sebulan penuh ada beberapa perbedaan pendapat di kalangan para ulama. Karena ada yang membolehkannya, ada juga yang tidak.

Tiga mazhab selain Malikiyah, wajib mengulangi niat di setiap puasa. Sementara, pendapat Malikiyah membolehkan untuk mengumpulkan niat puasa sebulan di malam pertama bulan Ramadhan. Alias tidak perlu mengulangi niat di hari berikutnya.


Lafaz Niat Puasa Sebulan Penuh

Di Indonesia, pendapat Malikiyah ini banyak diadopsi, meskipun penduduknya mayoritas penganut mazhab Syafi’i. Hal ini, tentu di bawah bimbingan para kiai dan masyayikh.

Salah satunya dengan merujuk kalam Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri KH A Idris Marzuqi di dalam karyanya Sabil al-Huda yang berisikan himpunan wadhifah dan amaliah.

“Untuk berjaga-jaga agar puasa tetap sah ketika suatu saat lupa niat, sebaiknya pada hari pertama bulan Ramadhan berniat taqlid (mengikut) pada Imam Malik yang memperbolehkan niat puasa Ramadhan hanya pada permulaan saja. Dan adanya cara tersebut bukan berarti membuat kita tidak perlu lagi niat di setiap harinya, tetapi cukup hanya sebagai jalan keluar ketika benar-benar lupa,” demikian bunyi kalam KH A Idris Marzuqi dalam Kitab Sabil al-Huda, halaman 51.

Di dalam kitab tersebut, ulama kharismatik dari Kediri, Jawa Timur tersebut mencontohkan lafaz niatnya sebagai berikut:

‎نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيْعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ تَقْلِيْدًا لِلْإِمَامِ مَالِكٍ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى  

Artinya: “Aku niat berpuasa di sepanjang bulan Ramadhan tahun ini dengan mengikuti Imam Malik, fardhu karena Allah Taala” (terjemahan dari penulis).

infografis journal
infografis Ini Daftar Kalori Makanan Berbuka Puasa. (Liputan6.com/Tri Yasni).
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya