Penyanyi Coco Lee Meninggal Dunia di Usia 48, Keluarga Sebut Alami Perburukan Depresi Beberapa Bulan Terakhir

Coco Lee alami depresi. Ia menggambarkan bahwa tahun 2022 sebagai 'tahun yang sangat sulit'.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 06 Jul 2023, 08:15 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2023, 08:15 WIB
[Bintang] Coco Lee
Coco Lee meninggal dunia usai lakukan percobaan bunuh diri. Keluarga sebut sang adik alami depresi. (ALLEN BEREZOVSKY / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi kelahiran Hong Kong yang juga mengisi suara film Disney Mulan versi Mandarin, Coco Lee, meninggal dunia. Keluarga menyebutkan Coco Lee meninggal dunia pada Rabu, 5 Juli 2023.

Saudara perempuan Coco Lee, Carol dan Nancy Lee, menyebutkan bahwa sang adik meninggal setelah melakukan upaya bunuh diri pada hari Minggu kemarin. Saat ditemukan, perempuan 48 tahun itu segera dilarikan ke rumah sakit. Kondisinya koma selama beberapa hari. Lalu, Coco Lee meninggal pada Rabu kemarin.

Carol dan Nancy Lee juga menyampaikan bahwa sebelum meninggal dunia sang adik berjuang menghadapi depresi. Kondisi kesehatan mentalnya alami perburukan beberapa bulan terakhir.

"Meskipun Coco mencari bantuan profesional dan melakukan yang terbaik untuk melawan depresi, sayangnya iblis di dalam dirinya mengambil yang lebih baik darinya," bunyi pernyataan Carol dan Nancy yang diunggah ke Facebook seperti mengutip dari The Guardian.

Sebut Tahun 2022 Tahun yang Sulit

Coco Lee sempat menuliskan di akun Facebook mengenai kondisi kehidupannya. Pada malam Tahun Baru kemarin, Coco menyebutkan bahwa tengah menghadapi rintangan yang besar dalam hidup."Menghadapi rintangan besar yang mengubah hidup," tulisnya.

Lalu, ia menggambarkan bahwa tahun 2022 sebagai 'tahun yang sangat sulit'.

Pada 14 Februari tahun ini ia mengeluarkan single terbaru. Lalu, pada Maret ia menuliskan di Facebook bahwa dia telah menjalani operasi panggul dan paha. Hal ini dilakukan gegara cedera kaki yang telah lama berlangsung akibat latihan menari tahun 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Penyanyi OST Mulan Coco Lee Meninggal Bunuh Diri Usai Derita Depresi Bertahun-tahun
Coco Lee meninggal dunia. (dok. Instagram @cocolee/https://www.instagram.com/p/B4tzj9MlyUs/?hl=en/Dinny Mutiah)

Penyanyi yang Powerful

Coco Lee pada 2005. (AP/Kin Cheung, File)
Coco Lee pada 2005. (AP/Kin Cheung, File)

Nama Coco Lee dikenal luas setelah mengisi suara karakter film Disney Mulan. Selain itu, ia juga menyanyikan OST Mulan versi Mandarin.

Sosoknya dikenal luas lantaran kemampuan bernyanyinya yang powerful didukung oleh aksi panggungnya yang menarik.

Coco Lee terjun di kancah Mandapop pada 1994 kemudian menelurkan 2 album berbahasa Mandarin. Tahun selanjutnya, ia merilis album berbahasa Inggris.

Coco Lee juga mengisi OST film Holywood Runaway Bride pada 1999 yan dibintangi Julai Roberts dan Richard Gere.

Meski telah tiada, kedua saudara Coco Lee bangga bahwa saudarinya itu telah melakukan gebrakan dengan bisa masuk di kancah internasional.

"Dia tidak hanya memberi kita kegembiraan dengan lagu dan tariannya selama 29 tahun terakhir, dia juga bekerja keras untuk membuat terobosan baru bagi penyanyi China di kancah musik internasional dan telah melakukan yang terbaik untuk bersinar bagi orang China," tulis saudara Coco Lee.


Isu Perceraian

Coco Lee pada 2016. (AP Photo/Billy Dai, File)
Coco Lee pada 2016. (AP Photo/Billy Dai, File)

Pada tahun 2011, Lee menikah dengan Bruce Rockowitz, mantan kepala eksekutif raksasa rantai pasokan Li & Fung yang berbasis di Hong Kong. Mereka memiliki dua anak perempuan dari pernikahan Rockwitz sebelumnya.

Beberapa tahun terakhir muncul desas-desus pasangan tersebut berpisah. Namun, Coco Lee tidak pernah membicarakannya.

 


KONTAK BANTUAN

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya