Iriana Jokowi Ajak Ibu Negara ASEAN Nonton Si Pitung sampai Main Angklung

Sejumlah aktivitas seru Iriana Jokowi bersama para Ibu Negara ASEAN.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 07 Sep 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2023, 17:00 WIB
Iriana Jokowi bersama Ibu Pendamping Negara ASEAN
Iriana Jokowi bersama Ibu Pendamping Negara ASEAN di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Archipelago, Jakarta, Rabu (6/9/2023) menikmati sajian ragam budaya Indonesia yang akan dipertunjukkan pada kegiatan program pendamping. (Dok Tim Media KTT ASEAN 2023)

Liputan6.com, Jakarta Iriana Jokowi menyambut baik kehadiran para pendamping pemimpin negara ASEAN dan mitra di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Archipelago, Jakarta, Rabu (6/9/2023). Ia berharap para pendamping dapat menikmati sajian ragam budaya Indonesia yang akan dipertunjukkan pada kegiatan program pendamping.

Sejumlah pertunjukkan budaya telah dipersiapkan untuk ditampilkan kepada para pendamping pemimpin negara ASEAN dan mitra. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Spouse Program KTT ASEAN 2023.

Pertunjukkan budaya dimulai dengan pertunjukan teatrikal “Si Pitung dan Aminah” yang diperankan oleh anak-anak Indonesia.

“Saya berharap nanti kegiatan yang ada di Jakarta ini semua menikmati apa yang akan saya sajikan,” ucap Iriana di TMII.

Bermain Angklung

Pada kesempatan tersebut, Ibu Iriana juga mengajak para pendamping pemimpin ASEAN dan mitra untuk bermain alat musik dari Jawa Barat, yaitu angklung.

Kemudian pertunjukan teatrikal kembali ditampilkan dengan latar belakang cerita perjalanan anak-anak berlayar menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Pulau Kalimantan.

Sesi pertunjukan budaya Indonesia dalam rangkaian Spouse Program KTT ASEAN 2023, ditutup dengan penampilan terjun payung yang dilakukan oleh para wanita dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harapan Keliling ke Seluruh Daerah Indonesia

Tidak hanya melalui seni pertunjukan, Iriana Joko Widodo juga memperkenalkan Indonesia dengan mengunjungi anjungan daerah di TMII Archipelago.

Ia pun berharap para pendamping pemimpin ASEAN dan mitra dapat berkeliling secara langsung ke seluruh daerah di Indonesia.

“Kita juga dapat menyaksikan versi mini dari Indonesia, mungkin bisa melihat yang ada di sini. Ini adalah peta Indonesia versi mini," pungkas Iriana dalam keterangan resmi Sekretariat Kabinet RI pada Rabu (6/9/2023). 

"Ibu-ibu harusnya tidak hanya melihat ini saja, nanti bisa keliling di seluruh Indonesia."


Sajian Kesenian, Kuliner, Adat dan Budaya

Iriana Jokowi bersama Ibu Pendamping Negara ASEAN
Iriana Jokowi bersama Ibu Pendamping Negara ASEAN di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Archipelago, Jakarta, Rabu (6/9/2023) menikmati sajian ragam budaya Indonesia yang akan dipertunjukkan pada kegiatan program pendamping. (Dok Biro Pers Sekretariat Presiden RI)

Kegiatan Spouse Program Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) berlangsung sukses dan meriah. Penyambutan para Ibu Negara ASEAN di kegiatan tersebut disajikan berbagai macam kesenian, kuliner, adat dan budaya khas Nusantara.

Acara dimulai sejak pukul 09.00 WIB saat Iriana Joko Widodo yang tampil anggun dalam balutan kebaya encim Betawi warna ungu bermotif bunga-bunga lengkap dengan selendang dengan warna senada menyambut para tamu.

“Acaranya meriah, lancar dan sukses sejak dimulai pukul 09.00 WIB hingga berakhir pukul 12.00 WIB,” kata Direktur Operasi TMII Arie Prasetyo saat dihubungi Tim Komunikasi dan Media KTT ASEAN 2023, Rabu(6/9/2023).

Lokasi pertama yang dikunjungi rombongan Ibu Negara adalah galeri lukisan. Sekitar 20 menit para tamu diajak menyaksikan anak-anak disabilitas yang membuat berbagai karya seni mulai dari melukis, memahat, membuat tembikar, dan membuat komik.

Tari Tradisional Khas Betawi dan Pencak Silat

Kemudian rombongan melanjutkan aktivitas dengan menyaksikan penampilan tari tradisional khas Betawi yang dibawakan secara apik dan gemulai oleh para penari putri. Setelah tarian khas Betawi, rombongan disuguhkan sajian menarik lainnya yakni pencak silat khas Betawi oleh belasan remaja putra dan putri.

“Dari penampilan itu, para Ibu Negara ASEAN sangat excited,” lanjut Arie.


Penampilan Terjun Payung dan Atraksi Pertunjukkan Alat Musik

Setelah itu, para Ibu Negara diajak menuju di Panggung Budaya yang letaknya persis di samping danau Archipelago. Mereka kembali dijamu berbagai hiburan dengan konsep outdoor, sehingga keindahan miniatur pulau Indonesia yang terletak di tengah danau nampak jelas.

Dari lokasi itu juga rombongan turut menikmati penampilan terjun payung, tarian, atraksi pertunjukkan alat musik dari para pelaku seni yang berusia antara 17-30 tahun. Sebanyak 1.500-2.000 penari tampil di depan para Ibu Negara ASEAN.

Selanjutnya, mereka menuju lokasi jamuan makan siang di Sasono Utomo. Fasilitas itu merupakan aula yang kerap kali digunakan oleh perusahaan maupun individu untuk menyelenggarakan jamuan makan siang. Aula ini memiliki arsitektur yang khas sehingga indah dipandang mata.

Perjalanan dari Panggung Budaya menuju Sasono Utomo rombongan menggunakan mobil dengan rute melewati anjungan Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Selatan (Kalsel), Aceh, Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Selatan (Sumsel), dan Bengkulu. Di setiap anjungan, mereka kembali disuguhi atraksi-atraksi yang menarik.

Infografis Macam-Macam Alat Musik Tradisional
Infografis Macam-Macam Alat Musik Tradisional. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya