Kenyang Pesta Tahun Baru, Intip Cara Mudah Detoksifikasi Tubuh

Cara detoksifikasi tubuh setelah perayaan pesta Tahun Baru.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 02 Jan 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 02 Jan 2024, 14:00 WIB
[Fimela] buah dan sayuran
Ilustrasi cara detoksifikasi tubuh setelah perayaan pesta Tahun Baru. | unsplash.com/@dosejuice

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda makan berlebihan selama pesta Tahun Baru 2024, sudah saatnya untuk fokus pada hidrasi yang tepat dan tidur yang cukup. Selama merayakan Tahun Baru, Anda mungkin waktu tidur kurang, sehingga tubuh pasti membutuhkan istirahat, peremajaan, dan detoksifikasi.

Detoksifikasi harus mencakup tidur, meditasi, dan menghabiskan waktu untuk menyendiri. Detoksifikasi dengan memprioritaskan hidrasi akan menjadi langkah yang ideal untuk memulai awal yang sehat.

"Minumlah banyak air putih, air infus buah atau air infus rempah-rempah dan sertakan teh herbal yang memiliki khasiat yang bermanfaat. Fokuslah pada pola makan yang kaya akan makanan padat nutrisi, seperti buah-buahan dan sayuran, untuk mengisi kembali vitamin dan mineral penting," kata Senior Dietician CARE Hospitals, HITEC City, Hyderabad, Sadia Sana, dikutip dari Hindustan Times, Selasa (2/1/2024).

"Olahraga ringan, seperti berjalan kaki atau yoga untuk menstimulasi sirkulasi dan mendukung proses detoksifikasi alami tubuh."

Hindari Alkohol dan Makanan Olahan

Selama fase detoksifikasi, Sana menilai sangat penting untuk menghindari alkohol dan makanan olahan.

"Ini karena dapat menghambat proses detoksifikasi. Pilihlah makanan segar yang utuh, tidak diproses, dan mudah bagi sistem pencernaan," ucapnya.

"Selain itu, pastikan Anda punya waktu tidur yang cukup. Istirahat yang cukup sangat penting untuk pemulihan dan detoksifikasi tubuh secara keseluruhan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Detoksifikasi dengan Infused Water

Jika Anda merencanakan detoksifikasi dengan infused water saja, maka ideal dilakukan selama satu atau dua hari dan dilanjutkan dengan rutinitas normal seperti biasa.

"Jika berencana untuk melakukan detoks dengan air putih, buah-buahan dan sayuran, maka idealnya dilakukan selama tiga hari hingga 1 minggu," saran Sadia Sana.

"Jika Anda ingin menjadikan detoks sebagai rutinitas harian, maka Anda bisa memulai hari dengan infused water rempah-rempah atau herbal. Setelah itu, tambahkan infused water buah dua jam setelah makan siang."

 


Pilihan Makanan Seimbang dan Tidur yang Cukup

Senior Dietitian Wockhardt Hospitals, Riya Desai memberikan tips mengatasi ketidaknyamanan setelah perayaan pesta Tahun Baru, antara lain:

1. Pilihlah makanan yang kaya akan vitamin dan mineral

Makanan yang tinggi vitamin B dan C dapat sangat membantu. Mengonsumsi semangkuk campuran buah-buahan segar, sayuran berdaun hijau, salmon, dan lain-lain dapat sangat membantu.

Vitamin-vitamin ini membantu dalam proses pemulihan dan mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan dengan mengurangi alkohol yang menyebabkan peradangan dalam tubuh.

2. Hindari makanan berminyak

Meskipun sarapan berminyak mungkin tampak menggoda, itu bukan pilihan terbaik. Yang Anda butuhkan adalah karbohidrat sehat untuk meningkatkan kadar gula darah Anda dan mendapatkan dorongan energi dengan banyak air untuk hidrasi.

3. Jahe untuk mengatasi mual

Jika Anda merasa mual, jahe dapat menenangkan. Teh jahe atau minuman jahe adalah pilihan yang paling ideal. 

4. Konsumsi makanan yang seimbang

Pilihlah makanan bergizi dengan campuran protein seperti telur, salmon atau ayam, kacang-kacangan, karbohidrat kompleks seperti gandum, roti bakar atau roti gandum, beras merah, dan lemak sehat dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

Anda juga bisa menambahkan satu sendok minyak zaitun atau minyak canola di atasnya. Jangan lupa untuk menambahkan semangkuk buah-buahan segar berwarna pelangi. Buah-buahan ini memberikan nutrisi penting dan membantu menstabilkan kadar gula darah.

5. Istirahat dan tidur

Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk pulih, cobalah untuk tidur lebih lama. Istirahat memungkinkan tubuh Anda untuk pulih.

Infografis Manfaat Detoks Kopi
Infografis Manfaat Detoks Kopi. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya