Siasat Agar Tidur Cukup Selama Puasa

Agar tidak merasa lemas selama bulan Ramadan, wajib bagi seseorang untuk tidur selama 6 jam per harinya.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 10 Jul 2013, 18:00 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2013, 18:00 WIB
wanita-tidur130404a.jpg

Agar tidak merasa lemas selama bulan Ramadan, wajib bagi seseorang untuk tidur selama 6 jam per harinya.

Apabila merasa kesulitan untuk mendapatkan tidur selama 6 jam, ada trik jitu yang dibagikan langsung oleh Konsultan Gastroenterologi Hepatologi dari Kolegium PB-PAPDI, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, K-GEH, FINASIM, MMB, FACP, dalam acara 'Peluncuran Pusat Konsultasi Ahlinya Lambung', di Bandung, Jawa Barat.

"Taruhlah orang akan tidur setelah tarawih dan santai sejenak dipukul 10.30 malam, dan sahur jam 3 pagi. Itu hitungannya baru 4 jam, sisanya siasati di pagi hari," jelas dr. Ari, yang ditulis Senin (8/7/2013).

Setelah sahur, usahakan jangan tidur dulu, biarkan selama 30 menit atau 1 jam setelah sahur. "Biasanya, habis sahur orang akan tidur selama 1 jam. Total sudah dapat 5 jam. Tinggal 1 jam lagi," tambahnya.

Sisanya, orang tersebut harus pintar mengakali tidur di sela-sela jam kerja, agar waktu 6 jam yang dibutuhkan tercapai.

"Habis Dzuhur, tidur saja 30 menit, lalu bangun. Habis Ashar seperti itu lagi, tidur lagi 30 menit. Total sudah 1 jam, ditambah yang 5 jam, jadinya 6 jam," jelas Ari.

(Adt/Abd)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya