Mau Bunuh Kuman? Tak Cukup Pakai `Handsanitizer`!

Banyak orang menganggap, mencuci tangan cukup dengan hand sanitizer. Padahal ini saja tak cukup.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 07 Nov 2013, 12:00 WIB
Diterbitkan 07 Nov 2013, 12:00 WIB
pembersih-tangan-131105b.jpg
Banyak orang menganggap, mencuci tangan cukup dengan hand sanitizer. Padahal ini saja tak cukup.

Seperti disampaikan Ketua Departemen Mikrobiologi FKUI, Dr. Anis Karuniawati, PhD, SpMK (K) bahwa handsanitizer bukan untuk cuci tangan. Sifatnya yang hanya membersihkan, hanya digunakan setelah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

"Cuci tangan yang benar itu pakai sabun selama 40-60 detik. Kemudian baru menggunakan hands-scrub atau hand sanitizer selama 20-30 detik. Namun kebanyakan orang mencuci tangan hanya 10 detik jadi bakteri di tangan belum hilang," kata Anis saat acara Penandatanganan nota kesepahaman menurunkan angka infeksi terkait pelayanan kesehatan antara PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia dan PT Unilever Indonesia Tbk, Rabu (6/11/2013).

Anis menyampaikan, hand sanitizer digunakan kalau tangan sudah bersih atau tidak ada fasilitas untuk mencuci tangan. Tapi kalau ada kotoran atau bercak di tangan, maka sebaiknya Anda mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya