Warga di 20 Kabupaten di Indonesia Masih Kekurangan Yodium

Menurut Kementerian Kesehatan saat ini masih ada 20 kabupaten yang kekurangan yodium.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 22 Jan 2014, 18:23 WIB
Diterbitkan 22 Jan 2014, 18:23 WIB
yodium-140122c.jpg
Meskipun sejumlah upaya perbaikan gizi sudah dilakukan, tapi menurut Kementerian Kesehatan saat ini masih ada 20 kabupaten yang kekurangan yodium.

Menurut Direktur Jenderal Bina Gizi dan KIA Kementerian Kesehatan RI, Dr. Anung Sugihantoro, M. Kes secara umum masalah kekurangan yodium ini sebenarnya sudah bisa dikendalikan. Ini karena lebih kecil dari batas masalah kesehatan masyarakat sebesar 20 persen. Sayangnya, di sejumlah daerah masih belum efektif.

"Masalahnya, gangguan akibat kekurangan iodium (GAKI) berpengaruh pada derajat kesehatan. Seperti di Jawa Tengah dan papua yang kurang yodium," kata Anung dalam diskusi bertajuk 'Masalah Nutrisi Pada Anak dan Penanganannya' di Jakarta, Rabu (22/1/2014).

Seperti diketahui, bila ibu hamil tidak cukup mengonsumsi iodium, maka janin akan mengalami gangguan perkembangan otak , gangguan perkembangan janin, kematian perinatal, hingga bayi berat lahir rendah (BBLR), hingga gangguan pertumbuhan tengkorak. Sedangkan bagi ibu hamil, akan terjadi ada gangguan aktivitas kelenjar tiroid atau gondok.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya