PIC Adalah Person in Charge, Pahami Tugas dan Skill yang Dibutuhkannya

PIC adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam suatu tugas, berikut ini syarat, tugas dan skill yang dibutuhkan seorang PIC

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 20 Sep 2022, 13:05 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2022, 13:05 WIB
Jenjang Karir yang Jelas
Ilustrasi Rapat di Kantor Credit: unsplash.com/Campaign

Liputan6.com, Jakarta PIC adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam suatu tugas yang diberikan padanya. Merupakan singkatan dari Person In Charge, PIC adalah salah satu bagian penting dari suatu struktur organisasi perusahaan.

PIC adalah status yang melekat pada seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk mengatur jalannya suatu pekerjaan agar dapat berjalan dengan baik sesuai rencana. Umumnya PIC adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam leadership dan ditunjuk langsung oleh kepala divisi.

Tugas yang dipegang PIC bergantung pada kebutuhan dari tim, jabatan PIC juga bisa diemban dalam jangka waktu yang panjang maupun singkat. Seorang PIC adalah seseorang yang telah diakui kemampuannya oleh atasan dan memiliki kompetensi yang dibutuhkan.

Menjadi seorang PIC adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi pegawai. Namun sebelum menjadi seorang PIC, penting untuk mengetahui tugas dan skill yang dibutuhkan. Untuk itu, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/9/2022). Tentang pengertian PIC, tugas dan skill yang dibutuhkannya.


PIC Adalah Person In Charge

Mosi
Ilustrasi Rapat Credit: pexels.com/Ola

PIC Adalah Person In Charge

PIC adalah seseorang memegang peranan yang sangat penting dalam tim untuk menjalankan suatu kegiatan atau acara tertentu. PIC bertanggung jawab atas suatu acara, proyek atau tugas tertentu dalam kantor. Umumnya PIC dipilih oleh manajer atau kepala divisi dari anggotanya.

PIC adalah anggota yang dianggap telah memiliki kompetensi dan skill yang dibutuhkan untuk menangani tugas yang akan diberikan. Tugas yang diberikan pun bermacam-macam, tergantung kebutuhan dari masing-masing tim.

Tugas yang diberikan pada PIC bisa bersifat jangka panjang maupun jangka pendek sesuai dengan kebutuhan. Selama menjalani tugasnya, seorang PIC juga akan membuat laporan yang diberikan kepada manajer atau kepala divisi untuk di evaluasi.

PIC juga dapat berkoordinasi dengan manajer atau kepala divisi jika menemui hal-hal yang tidak dapat dia terjangkau dan mendapat bantuan untuk mengatasinya. PIC juga dapat membentuk tim untuk melaksanakan tugasnya.


Tugas dan Tanggung Jawab PIC

Ilustrasi bos di kantor (istimewa)
Ilustrasi bos di kantor (istimewa)

Tugas dan Tanggung Jawab PIC

Tugas dan tanggung jawab PIC yang utama adalah memastikan suatu tugas, acara atau proyek dapat berjalan dengan lancar. PIC harus memantau segala proses dan perkembangan dari tugas yang dipegangnya.

Kemudian PIC harus membuat laporan untuk kepala divisi atau manajer yang nantinya akan mengevaluasi tugas, proses, progress dan target yang telah dicapai. Pelaporan progress dilakukan sejak awal tugas diberikan hingga tugas tersebut selesai.

Selain itu terdapat beberapa tugas lain dari seorang PIC, yaitu:

- Memberikan edukasi tentang cara kerja dan mensosialisasikannya kepada tim

- Membuat dan mengatur kebijakan yang berlaku selama mengerjakan tugas

- Menganalisis serta melakukan perhitungan agar dapat menyelesaikan tugas dengan maksimal

- Melakukan evaluasi berkala untuk mengatasi situasi tidak terduga selama melakukan tugas

- Merancang rencana pelaksanaan dan target dari tugas yang diberikan

- Membuat dan memberikan laporan rutin kepada kepala divisi

- Memantau dengan detail dan memastikan proyek berjalan dengan lancar

- Memikirkan dan mengupayakan solusi jika masalah timbul


Syarat-Syarat Menjadi PIC

Kemampuan Beradaptasi
Ilustrasi Bekerja di Kantor Credit: pexels.com/Christina

Syarat-Syarat Menjadi PIC

Untuk dapat menjadi seorang PIC, seseorang harus memenuhi syarat yang berhubungan dengan tugas atau proyek yang akan dipegangnya. Hal ini untuk memastikan bahwa seseorang tersebut mampu untuk mengembang tanggung jawab dan tugas yang akan diberikan. Berikut ini adalah syarat seseorang yang layak menjadi PIC, antara lain:

- Harus mempunyai keahlian tertentu yang sesuai dengan tugas yang diberikan oleh perusahaan dan skill dasar yang dapat mendukung tugasnya.

- Mempunyai tanggung jawab extra, seorang PIC mempunyai tanggung jawab moral atas keahliannya.

- Mempunyai kekuatan mental yang kuat, karena orang yang mudah stres akibat tekanan kerja tidak di anjurkan menduduki posisi sebagai PIC.


Skill Yang Dibutuhkan PIC

Ilustrasi bekerja, bercanda bersama teman di kantor
Ilustrasi bekerja, bercanda bersama teman di kantor. (Photo by CoWomen on Unsplash)

Skill Yang Dibutuhkan PIC

PIC adalah seseorang yang mengembang tugas dan tanggung jawab yang berat, untuk dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal PIC harus memiliki beberapa keterampilan yang dapat mendukung dalam melakukan semua tugas dan tanggung jawabnya. Beberapa skill yang dibutuhkan oleh seorang PIC, diantaranya adalah:

1. Komunikasi

Skill yang penting untuk dimiliki seorang PIC adalah skill komunikasi. Hal ini karena PIC perlu mengkomunikasikan idenya, oleh karena itu seseorang dengan keterampilan komunikasi yang bagus dapat menyampaikan informasi dengan jelas dan baik kepada orang lain.

PIC akan terus berkomunikasi dengan orang lain, baik rekan kerja maupun orang luar kantor untuk dapat menyelesaikan tugasnya. Oleh karena itu, jika seorang PIC memiliki kemampuan komunikasinya buruk, otomatis tugas yang dilakukannya tidak dapat dijalankan dengan maksimal.

 

2. Pemecahan masalah

Selama menjalankan tugasnya, PIC pasti akan menghadapi berbagai macam masalah yang muncul. Oleh karena itu, penting untuk memiliki keterampilan pemecahan masalah yang tinggi agar dapat menangani masalah dengan baik dan tugas dapat tetap berjalan dengan lancar.

 

3. Interpersonal

PIC dalam menjalankan tugasnya harus berinteraksi dengan orang lain, sehingga dirinya harus memiliki hubungan yang baik dengan semua orang yang terlibat dalam proyeknya. Oleh karena itu kemampuan interpersonal adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang PIC. Skill ini akan memudahkannya dalam berinteraksi dengan mudah dan orang lain akan merasa nyaman.‍

 

4. Pengambil Keputusan

Skill terakhir yang diperlukan oleh seorang PIC adalah kemampuan untuk mengambil keputusan. Keberhasilan suatu kegiatan atau proyek didasari oleh keputusan yang tepat dari seorang PIC. Jika seorang PIC tidak mampu mengambil keputusan yang tepat, maka tugas dan proyek tidak bisa berjalan dengan baik.

 

Dapat disimpulkan bahwa PIC adalah bagian penting dalam berjalannya suatu proyek hingga berhasil. Demikian informasi tentang pengertian PIC, tugas serta tanggung jawab PIC, syarat untuk menjadi PIC dan skill yang dibutuhkannya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya